Pengertian Pertumbuhan Ekonomi : Ciri, Teori, Faktor Yang Mempengaruhi dan Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Posted on

Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara – Apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi? Apa saja teori pertumbuhan ekonomi? Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi? Bagaimana cara mengukur pertumbuhan ekonomi?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi pertumbuhan ekonomomi mulai dari pengertian pertumbuhan ekonomi menurut para ahli, ciri, teori, indikator, faktor yang mempengaruhi dan cara mengukur pertumbuhan ekonomi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Status Sosial Ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian pertumbuhan ekonomi (economic growth) adalah suatu proses perubahan perekonomian suatu negara yang berkelanjutan selama periode tertentu agar kondisi perekonomian negara lebih baik.

Definisi pertumbuhan ekonomi yaitu proses peningkatan kapasitas perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk peningkatan pendapatan nasional.

Pertumbuhan ekonomi juga diartikan sebagai peningkatan kemampuan suatu negara dalam menyediakan berbagai barang kebutuhan penduduk dalam jangka panjang.

Pertumbuhan ekonomi merupakan jumlah peningkatan pendapatan nasional agregatif atau pertambahan output dalam suatu periode tertentu, umumnya dalam kurun waktu satu tahun.

Suatu pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu indikator untuk melihat keberhasilan suatu pembangunan suatu negara selama periode.

Jika pemerintah mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi, maka pemerintah bisa langsung merencanakan pembangunan dan juga penerimaan negara.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Budiono (1994)

Pengertian pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses pertumbuhan output per kapita dalam jangka panjang yang terjadi jika terdapat terdapat kecenderungan output perkapita untuk naik yang bersumber dari proses intern perekonomian tersebut yakni kekuatan yang ada dalam perekonomian tersebut, bukan berasal dari luar dan bersifat sementara atau dengan kata lain bersifat self-generating, artinya proses pertumbuhantersebut menciptakan kekuatan atau momentum bagi kesinambungan pertumbuhan pada periode berikutnya.

Sadono Sukirno

Definisi pertumbuhan ekonomi yaitu perubahan tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ke tahun. Sehingga agar mengetahuinya maka perlu dilakukan perbandingan pendapatan nasional dari tahun ke tahun, atau sering diartikan sebagai laju pertumbuhan ekonomi.

MP Todaro

Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai sebuah proses yang stabil dimana kapasitas produksi dalam perekonuam mengalami peningkatan sepanjang waktu agar pendapatan nasional yang didapatkan meningkat.

Baca Juga : Pengertian Elastisitas Ekonomi

Prof. Simon Kuznet

Arti pertumbuhan ekonomi ialah kenaikan kemampuan suatu negara dalam menyediakan berbagai barang ekonomi bagi penduduk dalam jangka panjang. Pertumbuhan kemampuan tersebut sesuai denga kemajuan teknologi juga keperluan penyesuaian kelembagaan dan ideologis.

Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Adapun karakteristik atau ciri-ciri pertumbuhan ekonomi suatu negara, diantaranya yaitu:

  • Pesatnya pertumbuhan penduduk dan produk perkapita.
  • Pesatnya perubahan struktural.
  • Peningkatan produktivitas.
  • Terjadi urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota.
  • Adanya pengembangan negara maju.

Teori Pertumbuhan Ekonomi

Ada beberapa teori yang membahas tentang pertumbuhan ekonomi, berikut selengkapnya:

Teori Pertumbuhan Ekonomi Klasik

Ada beberapa tokoh dalam teori ekonomi klasik, diantaranya Adam Smith, David Ricardo dan Thomas Robert Malthus.

Berdasarkan pendapat Adam Smith, perekonomian akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan apabila jumlah penduduk mengalami peningkatan sehingga akan terjadi spesialisasi serta jangkauan pasar akan meluas.

Sedangkan menurut David Ricardo, apabila jumlah pertumbuhan penduduk terlampau besar, maka akan banyak tenaga kerja namun jumlah upah akan menurun, akibatnya perekonomian menjadi stagnan.

Berbeda lagi, Thomas Robert Malthus menyatakan bahwa besarnya pertumbuhan penduduk berakibat kurangnya ketersediaan pangan sehingga penduduk akan hidup hanya sekedar cukup.

Baca Juga : Pengertian Orientasi Pasar

Para ahli ekonomi klasik berpendapat bahwa terdapat empat faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi, diantaranya:

  • Jumlah penduduk.
  • Jumlah barang modal.
  • Jumlah kekayaan alam dan luas tanah.
  • Teknologi yang dipakai.

Teori Pertumbuhan Ekonomi Neo Klasik

Teori ini berpendapat jika pertumbuhan ekonomi bergantung pada perkembangan faktor produksi. Tokoh dalam teori pertumbuhan ekonomi neo klasik, diantaranya Harrod Domar, Schumpeter dan Robert Solow.

Berdasarkan pendapat Horrad Domar, Agar tercapai pertumbuhan ekonomi yang mantap maka syarat yang harus dipenuhi yaitu adanya pembentukan modal.

Menurut Schumpeter, kemampuan kewirausahaan menjadi penentu suatu pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan menurut Robert Solow, pertumbuhan ekonomi dan tingkat output dipengaruhi oleh modal/tabungan, tenaga kerja/populasi dan teknologi. Apabila ketiga faktor tersebut semakin tinggi maka semakin tinggi pula hasilnya.

Teori Pertumbuhan Ekonomi Historis

Teori pertumbuhan ekonomi ini menyatakan pertumbuhan ekonomi terjadi secara bertahap. Pertama kali teori ini berkembang di Jerman. Adapun tokoh dalam teori pertumbuhan ekonomi, diantaranya Frederich List, Werner Sombart, Walt Whitman Rostow dan Karl Bucher.

Menurut Frederich List, munculnya pertumbuhan ekonomi sebagai akibat proses produksi oleh manusia.

Sedangkan berdasarkan pendapat Werner Sombart, adanya ideologi dan susunan dalam masyarakat menyebabkan munculnya tahapan pertumbuhan ekonomi.

Kemudian Walt Whitman Rostow menyatakan bahwa ada lima tahap dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Berdasarkan pendapat Karl Bucher,ia menyatakan apabila pertumbuhan ekonomi suatu negara didasarkan atas hubungan antara produsen dan konsumen.

Baca Juga : Pengertian Value Of Money

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Berikut ini beberapa indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara, antara lain:

Pendapatan Nasional Riil

Pendapatan nasional rill dipakai untuk mengevaluasi pertumbuhan ekonomi dari suatu negara dalam jangka waktu yang panjang. Jika pendapatan riil suatu negara mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya maka dikatakan negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi.

Pendapatan Riil Perkapita

Jika penduduk mengalami kenaikan pendapatan dari waktu ke waktu maka suatu negara dapat dibilang telah mengalami pertumbuhan ekonomi.

Kesejahteraan Penduduk

Kesejahteraan material yang dialami oleh penduduk secara berkesinambungan dalam jangka panjang mengalami peningkatan mulai dari distribusi barang dan jasa (pendapatan perkapita) ke semua penjuru negara memperlihatkan jika terjadi peningkatan kesejahteraan yang menyeluruh di semua wilayah dinegara tersebut.

Jumlah Tenaga Kerja dan Pengangguran

Apabila di suatu negara telah menggunakan tenaga kerja dengan maksimal atau dikatakan kesempatan kerja di negara tersebut telah penuh jika persentase jumlah penggangguran tak lebih dari 4% maka bisa dikatakan jika suatu negara tersebut adalah negara berkembang.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu pertumbuhan ekonomi diantaranya yaitu:

Tanah dan Kekayaan Alam

Tingginya nilai ekonomi dan melimpahnya sumber daya aka lebih memudahkan suatu negara untuk mengembangkan perekonomian mereka dibanding negara dengan kekayaan alam yang kurang memadai.

Mutu Penduduk dan Tenaga Kerja

Adanya peningkatan mutu tenaga kerja dan penduduk akan menciptakan dorongan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan produksi nasional suatu negara.

Barang Modal dan Teknologi

Apabila jumlah barang modal semakin meningkat maka jumlah produksi yang dihasilkan juga akan semakin meningkat.

Apabila teknologi yang digunakan dalam produksi semakin canggih maka produksi akan lebih efisiensi, barang modal baru akan tercipta dan barang berkualitas dengan nilai ekonomi tinggi akan tercipta pula.

Baca Juga : Pengertian Ketimpangan Pendapatan

Sikap Masyarakat dan Sistem Sosial

Sikap hemat dan menabung uang untuk investasi yang dilakukan masyarakat akan mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa diukur dengan cara membandingkan, seperti ukuran nasional, Gross National Product (GNP), tahun sekarang dengan tahun sebelumnya.

Tolak ukur dalam praktik pertumbuhan ekonomi yakni Gross National Product (GNP) dan Gross Domestic Product (GDP) atau Product Domestic Bruto (PDB).

  • Fungsi Gross National Product (GNP) yaitu sebagi alat untuk mengukur jumlah output produksi ekonomi nasional milik warga dalam negeri ataupun warga negara yang berada di luar negeri.
  • Fungsi Gross Domestic Product (GDP) yaitu sebagai alat untuk mengukur jumlah output produksi yang ada dalam negeri baik produksi warga negara sendiri maupun warga negara asing.

Berikut ini rumus menghitung pertumbuhan ekonomi:

Keterangan:
Tahun t = tahun dihitung pertumbuhan ekonomi
GDP t = pertumbuhan ekonomi tahun saat ini
GDP t-1 = GDP sebelum berubah

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi menurut para ahli, ciri, teori, indikator, faktor yang mempengaruhi dan cara mengukur pertumbuhan ekonomi secara lengkap. Semoga bermanfaat