Pengertian Orientasi Pasar : Fungsi, Manfaat, Komponen dan Tingkatan Orientasi Pasar

Posted on

Pengertian Orientasi Pasar – Apa yang dimaksud dengan orientasi pasar? Mengapa perusahaan memilih orientasi pasar?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian orientasi pasar, fungsi, komponen, pengukuran dan ruang lingkup orientasi pasar secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Orientasi Pasar

Pengertian orientasi pasar (market orientation) adalah filosofi bisnis yang berfokus pada pengidentifikasian pemenuhan kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pada saat sebuah perusahaan mempunyai pendekatan orientasi pasar yang memiliki fokus pada perancangan dan penjualan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan pelanggan untuk menjadi menguntungkan.

Definisi orientasi pasar yaitu perspektif perusahaan dalam aktivitas dan proses menghasilkan produk/jasa yang bernilai tinggi sebagai upaya pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen serta berfokus pada kepuasan mereka akan produk yang dihasilkan perusahaan.

Orientasi pasar dijadikan sebagai pengukuran kegiatan pengaplikasian konsep pemasaran. Perusahaan yang berorientasi pada pasar akan dapat memahami kebutuhan konsumen sehingga mereka bisa mengembangkan produk serta strategi pemasaran yang tepat.

Dengan orientasi pasar pula, perusahaan bisa menghasilkan produk yang lebih unggul dibanding pesaingnya serta menciptakan citra yang baik bagi perusahaan dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan sehingga mereka merasa puas.

Dengan adanya orientasi pasar, perusahaan dapat diarahkan perusahaan pada keunggulan kompetitif yang bisa dipertahankan dengan aktivitas baik internal maupun eksternal yakni:

  • Aktivitas Internal, contohnya seperti mengadaptasi orientasi pasar, ambiguitas kasual dan investasi ulang.
  • Aktivitas Eksternal, contohnya seperti pengetahuan prosedural, peningkatan efektivitas seiring waktu, efisiensi massal, kompleksitas sosial, kecepatan mobilitas, hal yang tak bisa dipahami, ambiguitas eksternal dan adaptasi dengan perubahan.

Pengertian Orientasi Pasar Menurut Para Ahli

Kohli dan Jaworski (1990)

Pengertian orientasi pasar adalah perspektif operasional pada inti pemasaran, yakni berfokus pada konsumen dan pemasaran yang terorganisasi.

Uncles (2000)

Definisi orientasi pasar yaitu proses dan aktivitas yang berkaitan dengan penciptaan dan pemuasan konsumen dengan cara terus menilai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Baca Juga  : Pengertian Pangsa Pasar

Tjiptono dkk (2008)

Arti orientasi pasar ialah budaya bisnis yang efektif dan efisien menciptakan perilaku karyawan sedemikianrupa sehingga membantu terciptanya nilai terbaik bagi konsumen.

Octavia (2012)

Orientasi pasar juga diartikan sebagai budaya untuk menghimpun nilai konsumen dan proses secara berkelanjutan untuk menciptakan nilai tertinggi bagi konsumen.

Craven dan Piecry (2013)

Pengartian orientasi pasar yakni perspektif yang memposisikan pelanggan sebagai fokus perhatian dalam aktivitas perusahaan.

Fungsi Orientasi Pasar

Fungsi orientasi pasar diantaranya: (Hasan,2008)

  • Memfokuskan perusahaan pada efisiensi dan pembedaan produk dengan pesaing.
  • Memfokuskan manajer menekan orientasi produk sebagai respon terhadap pasar.
  • Memfokuskan sistem organisasi, seperti penentuan sentralisasi dan formalisasi perusahaan.

Manfaat Orientasi Pasar

Adapun manfaat orientasi pasar, diantaranya yaitu:

  • Memberikan bantuan pada perusahaan dalam menghasilkan barang/jasa seperti apa yang diharapkan para konsumen.
  • Mengefisiensi produksi barang/jasa dibanding perusahaan pesaing.
  • Menjabarkan perbedaan pencapain kinerja perusahaan.

Komponen Orientasi Pasar

Komponen orientasi pasar berdasarkan pendapat Narver dan Slater (1990), diantaranya yaitu:

Orientasi Pelanggan

Pengertian orientasi pelanggan adalah pemahaman perusahaan pada sasaran pembeli sehingga bisa menghasilkan nilai superior bagi mereka secara berkelanjutan. Dengan adanya orientasi pelanggan, maka orientasi dan persepsi pelanggan terhadap nilai yag dirasakan dan dibangun terbentuk, maka nantinya kepuasan pelanggan juga terbentuk.

Orientasi pelanggang meliputi segala kegiatan yang berkaitan dalam pemahaman perusahaan pada keinginan dan kebutuhan barang/jasa konsumen target dan kemampuan perusahaan untuk memenuhinya. Indikator pengukuran orientasi pelanggan diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Target Pasar

  • Manajer puncak membahas keinginan dan kebutuhan konsumen.
  • Berpegang pada penyediaan servis bagi konsumen walaupun transaksi penjualan sudah selesai.
  • Perusahaan mempunyai database pelanggan secara merinci.
  • Melakukan kajian terhadap dampak perubahan lingkungan bisnis pada pelanggan secara rutin.
  • Terkadang perusahaan membiarkan terjadinya perubahan kebutuhan produk/jasa konsumen.

Orientasi Pesaing

Pengertian orientasi pesaing yaitu pemahaman terhadap kemampuan dan kelemahan pesaing dalam jangka pendek, strategi jangka panjang dan kapabilitas dari kompetitor yang ada saat ini.

Ada 2 tujuan penerapan orientasi pesaing yakni dalam jangka pendek perusahaan mencoba memahami baik kekuatan dan kelemahan kompetitor; sedangkan dalam jangka panjang, perusahaan berusaha memahami strateggi dan juga kapabilitas yang digunakan para kompetitor.

Berikut ini indikator pengukuran orientasi pesaing diantaranya yaitu:

  • Menanggapi tindakan pesaing berkaitan dengan strategi penetapan harga dengan cepat.
  • Manajemen puncak membicarakan strategi dan tindakan kompetitor.
  • Melakukan pemantauan terhadap segala aktivitas kompetitor.

Koordinasi Antar Fungsi

Koordinasi antar fungsi mencerminkan penggunaan sumber daya dalam perusahaan secara terkoordinasi guna menciptakan nilai superior pelanggan bagi konsumen target.

Baca Juga : Pengertian Minat Beli

Koordinasi antar fungsi dalam perusahaan dibutuhkan agar segala sumber daya perusahaan bisa dimanfaatkan secara optimal untuk kepuasan pelanggan dan menghambat kompetitor yang ingin menyaingi perusahaan.

Hal ini merujuk pada koordinasi antar departemen perusahaan. Indikator pengukuran koordinasi antar fungsi perusahaan diantaranya:

  • Koordinasi yang baik dari berbagai aktivitas departermen yang ada di perusahaan.
  • Karyawan pemasaran menyempatkan waktu untuk membahas tentang kebutuhan konsumen di masa mendatang dengan departemen lain.
  • Secara teratur dilakukan penyebaran data kepuasan konsumen ke dapertemen lain.
  • Minimal setiap tiga bulan sekali diadakan diskusi perkembangan dan kecenderungan pasar.

Pengukuran Orientasi Pasar

Ada dua perspektif pengukuran orientasi pasar, diantaranya yaitu (Tjiptono dkk, 2008)

Perspektif Behavioral

Pengertian perspektif behavioral adalah suatu aktivitas perusahaan yang terdiri dari penghimpunan inteligensi pasar yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen secara sistematis, pemberitahuan intelegensi pasar pada semua departemen yang ada dalam perusahaan serta mengatur dan menerapkan tanggapan perusahaan pada intelegensi pasar yang terkoordinasi dan inklusif. Fungsi inteligensi pasar yaitu untuk memahami kebutuhan pasar yang meliputi analisa penanganan kebutuhan dengan faktornya.

Perspektif Budaya

Fokus dari perspektif budaya terdapat pada nilai dan norma perusahaan yang mendorong perilaku konsisten terhadap orientasi pasar.

Tingkatan Orientasi Pasar

Ruang lingkup orientasi pasar menurut pendapat Hasan (2008), diantaranya seperti profitabilita, kinerja keuangan dan juga peningkatan penjualan.

Ada 3 kemampuan dasar yang mendorong tingkatan bisnis dengan orientasi pasar, diantaranya:

Employee Satisfaction
Apabila dalam bekerja, para pekerja tak bahagia dan mereka tak diberitahu mengenai dampak mereka terhadap[ konsumen maka orientasi pasar bisnis mereka tak akan tercapai.

Market Leadership
Suatu orientasi pasar suatu perusahaan berawal dari atas, apabila manajer senior dan marketing tak kuat orientasi pasarnya maka dalam menciptakan marketing yang sempurna akan sulit.

Marketing Knowladge
Dalam tingkatan ini, manajer dan pekerja sudah terdidik dan terlatih dalam gal pemasaran yang berdampak pada orientasi bisnis secara langsung.

Baca Juga : Pengertian Keputusan Pembelian

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian orientasi pasar, fungsi, komponen, pengukuran dan ruang lingkup orientasi pasar secara lengkap. Semoga bermanfaat