16 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

16 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap – Tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu hal yang telah dilakukan sejak lama dan terus menerus menjadi bagian dari kehidupan kelompok masyarakat hingga sekarang. Tradisi ini sering dilakukan oleh suatu negara, kebudayaan, waktu dan agama yang sama.

Pengertian tradisi yang lain yaitu, tradisi adalah segala sesuatu yang diwariskan atau disalurkan dari masa lalu ke masa sekarang. Dalam arti sempit, tradisi berarti suatu warisan sosial khusus yang memenuhi syarat yang tetap bertahan di masa kini dan masih tetap kuat ikatannya dengan kehidupan masa kini.

Selain pengertian diatas, adapula pengertian tradisi menurut para ahli. Berikut beberapa pengertian tradisi menurut para ahli:

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

WJS Poerwadaminto (1976)

Menurut WJS Poerwadaminto, Tradisi adalah segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara terus menerus, seperti adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan.

Soerjono Soekamto (1990)

Menurut Soerjono Soekamto, Tradisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang).

Bastomi (1984:14)

Menurut Bastomi, Tradisi adalah oh dari sebuah kebudayaan, dengan tradisi sistem kebudayaan akan menjadi kokoh. Jika tradisi dihilangkan maka ada harapan suatu kebudayaan akan berakhir saat itu juga.

Van Reusen (1992:115)

Menurut Van Reusen, Tradisi adalah warisan atau norma adat istiadat, kaidah-kaidah, harta-harta. Namun tradisi bukan suatu yang tidak bisa dirubah. Tradisi justru perpaduan dengan beragam perbuatan manusia dan diangkat dalam keseluruhannya.

Shils (1981:12)

Menurut Shils, Tradisi adalah segala sesuatu yang disalurkan atau diwariskan dari masa lalu ke masa kini. Kriteria tradisi bisa lebih dibatasi dengan mempersempit cakupannya

Piotr Sztompka (2011:69-70)

Menurut Piotr Sztompka, Tradisi adalah keseluruhan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun benar-benar masih ada kini, belum dihancurkan, dirusak atau dilupakan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, Tradisi adalah adat kebiasan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan oleh masyarakat; penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

Coomans, M (1987:73)

Menurut Coomans, M, Tradisi adalah suatu gambaran sikap dan perilaku manusia yang sudah berproses dalam watktu lama dan dilakukan secara turun temurun dimulai dari nenek moyang.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Tradisi adalah tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu atau agama yang sama.

Funk dan Wagnalls

Menurut Funk dan Wagnalls dalam Muhaimin, Tradisi adalah pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktek dan lain-lain yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diwariskan secara turun-temurun termasuk cara penyampai doktrin dan praktek tersebut.

Hasan Hanafi

Menurut Hasan Hanafi, Tradisi adalah segala warisan masa lampau yang masuk pada kita dan masuk kedalam kebudayaan yang sekarang berlaku.

Mardimin

Menurut Mardimin, Tradisi adalah kebiasaan yang turun temurun dalam suatu masyarakat dan merupakan kebiasaan kolektif dan kesadaran kolektif sebuah masyarakat.

Khazanah Bahasa Indonesia

Menurut Khazanah Bahasa Indonesia, Tradisi adalah segala sesuatu seperti adat, kebiasaan, ajaran, dan sebagainya, yang turun temurun dari nenek moyang.

Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia, Tradisi adalah adat “kebiasaan” atau tradisi masyarakat yang sudah dilakukan berulang kali secara turun temurun.

Cannadine

Menurut Cannadine, Tradisi adalah lembaga baru didandani dengan daya pikat kekunoan yang menentang zaman tetapi menjadi ciptaan mengagumkan.

Harapandi Dahri

Menurut Harapandi Dahri, Tradisi adalah suatu kebiasaan yang teraplikasikan secara terus menerus dengan berbagai simbol dan aturan yang berlaku pada sebuah kominitas.

Demikian penjelasan tentang 16 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap , semoga bermanfaat.