Pengertian Pidato, Cara Membuat Teks Pidato Dan Contoh Pidato Lengkap

Posted on

Pengertian Pidato, Cara Membuat Teks Pidato Dan Contoh Pidato Lengkap Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara didepan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran suatu hal. Orang yang menyampaikan pidato disebut juru pidato atau Orator.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan didepan orang banyak.

Terdapat berbagai contoh pidato seperti pidato perpisahan, pidato kenegaraan, pidato kepemimpinan dan masih banyak lagi. Adapun fungsi dari pidato dan metode penyampaian pidato dengan tujuan pidato yang berbeda. Membuat pidato yang baik perlulah sistematika atau susunan pidato yang benar dan memenuhi memenuhi syarat yang ada dan juga saat menyampaikan pidato perlu tata cara dan etika saat berpidato. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Fungsi Pidato

  • Untuk mempermudah kmunikasi
  • Untuk mempermudah komunikasi antara atasan dan bawahan
  • Untuk mempermudah komunikasi antara anggota organisai yang satu dengan yang lain
  • Untuk menciptakan keadaan yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan pidato atau orasi.

Metode Pidato

Impromptu yaitu metode berpidato yang serta merta tanpa ada persiapan.
Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghafalkan naskah pidato terlebih dahalu.
Naskah yaitu metode berpidato dengan membaca naskah atau teks pidato.
Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan cara terlebih dahulu mempersiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.

Tujuan Pidato

  • Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan sukarela.
  • Memberi suatu pemahaman atau sebuah informasi pada orang lain.
  • Menghibur dan Membuat orang lain senang dengan pidato yang disampaikan.

Cara Membuat Teks Pidato Yang Baik Dan Benar

Untuk membuat sebuah teks atau naskah pidato yang baik dan benar anda perlu memperhatikan stuktur atau sistematikanya secara benar. Berikut adalah cara membuat pidato dengan sistematika atau susunan yang benar:

Pembukaan

a. Salam pembuka
Contohnya : Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

b. Ucapan Penghormatan
Dalam mengucapkan penghormatan, biasanya dimulai dari orang yang dianggap paling penting.
Contohnya:
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang terhormat Bapak/Ibu guru
Yang terhormat para tamu undangan
dan teman-teman yang saya cintai

c. Ucapan Syukur dan Terima Kasih
Contohnya : Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat bertemu dalam acara ini dalam keadaan sehat. Terima kasih atas kesempatan yang telah anda berikan kepada saya untuk menyampaikan pidato tentang”…”.

Isi Pidato

Bagian isi ini merupakan bagian inti dari pidato yang akan disampaikan. Agar lebih mudah dimengerti oleh pendengar maka diperlukan penanda seperti “pertama….”, “kedua…” dan seterusnya.

Penutup Pidato

Dalam penutup pidato berisi tentang simpulan pendek dari uraian yang telah disampaikan, permintaan maaf jika ada kesalahan yang tidak atau disengaja, dan salam penutup.
Contohnya:
Hadirin yang saya hormati,
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada ata-kata yang salah baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian anda. Saya akhiri, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ciri-Ciri Pidato Yang Baik

  • Memiliki tujuan yang jelas
  • Isinya mengandung kebenaran
  • Menciptakan suasana efektif dengan pendengar
  • Cara penyampaian jelas, menarik dan sesuai dengan pendengar
  • Menggunakan intonasi, artikulasi, volume yang jelas.

Kriteria Berpidato Yang Baik

  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan tema kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isi Pidato bersifat menggugah dan bermanfaat, benar, objektif dan jelas serta tidak menimbulkan pertentangan
  • Bahasa yang digunakan santun, rendah hati, bersahabat, jelas dan mudah dipahami oleh pendengar.

Persiapan Pidato

  • Mengetahui tentang latar belakang pendidikan dan wawasan pendengar secara umum
  • Mengetahui tema acara
  • Mengetahui durasi lama waktu pidato
  • Menyusun kata-kata agar lebih mudah dipahami pendengar.

Contoh Pidato

Contoh Pidato Perpisahan Kelas XII

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Kepala SMA Negeri 2
Yang terhormat Bapak/Ibu guru
Yang terhormat para tamu undangan
Dan teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan kelas XII.
Terima kasih atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato perpisahan di depan anda sekalian.

Dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Terima kasih kami ucapkan untuk bapak/ibu guru yang telah sabar mendidik kami selama ini, meski kami terkadang membangkang perintah bapak/ibu guru, mungkin diantara kami pernah tidak mengerjakan pekerjaan rumah, membolos ataupun bertindak semau kami. Kami menyesal telah melakukan hal tersebut, tolong maafkan segala kekhilafan kami, jasa kalian akan selalu kami kenang hingga senja umur kami.

Untuk teman-teman tercinta, mungkin banyak dari kita baru bertemu dan akrab saat bersekolah disini. Namun, betapa senangnya apabila pertemanan yeng telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat tetap bertahan hingga tua nanti, tidak berhenti disini. Perlu diingat kawan, perjalanan kita baru dimulai. Perjalanan kita masih panjang dan kita akan menemukan banyak hal baru diluar sana baik itu saat kita menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau saat kita bekerja nanti.

Mungkin perpisahan ini sudah ditunggu-tunggu oleh kita, kita akan melepas seragam putih abu-abu kita namun dengan perpisahan ini kita akan mengenang masa kita disini, persahabatan kita, kekonyolan kita, semua hal yang kita lewati bersama baik itu suka maupun duka. Masa putih abu-abu ini mungkin tidak bisa kita ulang kembali, kalian yang menyia-nyiakan masa ini untuk hal yang tidak penting mungkin akan menyesal. Ini adalah acara kita, ungkapkan segala kata yang ingin kalian ucapkan baik itu pada guru atau temanmu. It is now or Never, friends! Come on! As time goes by, memory remains. Seiring berjalannya waktu, hanya kenanganlah yang tersisa.

Selamat berpisah! Jangan lupakan semua masa indah yang kita lalui bersama selama ini dan kenanglah dalam hati kalian. Memang setiap pertemuan tidak ada yang abadi, namun saya percaya seperti pertemuan perpisahan juga tidak ada yang abadi.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, saya minta maaf. Saya akhiri Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarakatuh.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang”Pengertian Pidato, Cara Membuat Teks Pidato Dan Contoh Pidato Lengkap“, semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca . Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.