Pengertian Apresiasi, Tujuan, Fungsi, Proses dan Tingkatan Apresiasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Apresiasi, Tujuan, Fungsi, Proses dan Tingkatan Apresiasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Secara etimologi, apresiasi berasal dari bahasa latin yaitu Apreciatio yang berarti menghargai. Dalam bahasa Inggris “appreciate” yang berarti menyadari, memahami, menghargai, dan menilai. Sedangkan secara terminologi, Apresiasi adalah proses penilaian atau penghargaan positif yang diberikan seseorang terhadap sesuatu.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas, adapula definisi apresiasi menurut para ahli diantaranya:

Hornby

Menurut Hornby dalam Sayuti, Apresiasi adalah pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

Effendi

Menurut Effendi, Apresisasi adalah arah penjelasan apresiasi tersebut menyatakan bahwa pengertian apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

Prayogi

Menurut Prayogi, Apresiasi adalah setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi juga dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum ataupun kekaguman yang keluar dari diri penguasa ataupun penikmat dari karya seni ataupun karya sastra tertentu.

Aminuddin

Menurut Aminuddin, Apresiasi adalah pengenalan melalui perasaan ataupun kekepaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

Elliyati

Menurut Elliyati, Apresiasi adalah setiap kegiatan yang mengakrabi karya sastra secara sungguh-sungguh yang berkaitan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai dan menghati, sehingga dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

Albert R. Candler

Menurut Albert R. Candler, Apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya. Dalam aktivitas mengapresiasi, seseorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasaan kontemplatif dan intuitif).

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Apresiasi adalah setiap penilaian baik, penghargaan misalnya terhadap karya-karya sastra ataupun juga karya seni.

Tujuan Apresiasi

Tujuan apresiasi yaitu agar publik mengetahui maksud dan tujuan dari pembuatan karya seni, sehingga masyarakat bisa menilai, menanggapi dan menikmati suatu karya seni yang telah ada. Selain itu, tujuan apresiasi yaitu:

  • Mengevaluasi dan mengembangkan nilai keindahan karya seni
  • Mengembangkan daya kreasi dan imajinasi
  • Menyempurnakan karya seni

Fungsi Apresiasi

Adapun fungsi apresiasi yaitu:

  • Sebagai sarana meningkatkan rasa cinta terhadap karya anak bangsa Indonesia, sekaligus peduli terhadap sesama.
  • Sarana untuk penilaian, penikmatan, empati, hiburan dan edukasi.
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Proses Mengapresiasi

Secara singkat, cara dan proses mengapresiasi yaitu:

  • Mengamati
  • Menghayati
  • Memahami
  • Menanggapi
  • Menilai
  • Implementasi atau penerapan

Tingkatan Apresiasi

Adapun tingkat jenis apresiasi seni terdiri atas:

Tingkat Empatik

Tingkat empatik  melibatkan pikiran dan perasaan. Tingkat apresiasi tersebut berupa tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera. Contoh apresiasi simpatik diantaranya saat kita mendengar karya seni musik, maka diri kita akan merasa nyaman dan betah mendengar karya tersebut, lalu timbul penilaian bahwa karya tersebut bagus.

Tingkat Estetis

Estetis diartikan sebagai penilaian terhadap keindahan. Tingkat apresiasi ini merupakan pengamatan dan penghayatan. Dalam tingkat ini bagi penikmat seni dalam memberikan suatu paresiasi yang lebih pada pengataman terhadap bentuk karya seni. Contoh tingkat apresiasi estetis diantaranya disaat kita menyaksikan pagelaran seni teater atau yang lain, membutuhkan pengamatan yang baik agar sesuatu dengan penyampaian apresiasi estetis tersebut kepada siapa.

Tingkat Apresiasi Kritik

Tingkat apresiasi kritik merupakan bentuk apresiasi yang menyampaikan sebuah klarifikasi, deksripsi, menjelaskan, menganalisis, evaluasi sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan. Contoh tingkat apresiasi kritik diantaranya ajang pencarian bakat yang membutuhkan ilmu mendalam dimana setiap menampilkan bakat tersebut terjadi bentuk penyampaian apresiasi yang lebih mendalam.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Apresiasi, Tujuan, Fungsi, Proses dan Tingkatan Apresiasi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.