Pengertian Teks Eksposisi : Ciri, Tujuan, Struktur, Ciri Kebahasaan, Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Teks Eksposisi – Ada banyak teks dalam bahasa Indonesia, salah satunya adalah teks eksposisi. Apa itu teks eksposisi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian teks eksposisi, ciri, tujuan, struktur, ciri kebahasaan, jenis dan contoh teks eksposisi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Eksposisi

Kata eksposisi merupakan kata serapan bahasa Inggris yaitu eksposition yang berarti sebuah teks yang memberikan penjelasan. Lebih lengkapnya, pengertian eksposisi adalah jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.

Pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terdapat sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan mudah untuk dipahami. Teks eksposisi bersifat real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks non fiksi.

Teks eksposisi merujuk pada sebuah tulisan atau karangan dalam bentuk paragraf yang didalamnya terkandung ilmu pengetahuan atau terkait informasi untuk memberitahukan tentang sesuatu.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri ciri atau karakteristik teks eksposisi diantaranya yaitu:

  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal.
  • Gaya informasi yang bersifat mengajak.
  • Penyampaian menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas.
  • Bersifat netral atau tidak memihak.
  • Fakta digunakan sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan teks ekposisi diantaranya yaitu:

  • Untuk memaparkan atau menjelaskan sejelas-jelasnya sejumlah informasi tertentu pada pembaca sehingga pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.
  • Sebagai media untuk menginformasikan, memaparkan atau pun menjelaskan sesuatu yang telah bersifat informasi, ilmiah atau non fiksi dengan tujuan agar para pembaca memperoleh pengetahuan.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur atau susunan teks eksposisi diantaranya yaitu:

Baca Juga : Pengertian Teks Anekdot

Pembukaan

Pembukaan atau orientasi adalah bagian yang berisi pandangan awal penulis tentang sebuah permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.

Isi (Tesis)

Tesis merupakan isi teks eksposisi yang berisi kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih ahli terkait permasalahan dan pokok bahasan yang tengah dibahas. Untuk mengidentifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini sangat mudah, tesis dapat diidentifikasi dengan memperhatikan pemilihan katanya.

Argumentasi

Argumentasi merupakan bagian yang memuat bukti-bukti relevan yang mendukung tesis atau isi teks eksposisi. Umumnya argumentasi akan mengandung fakta-fakta relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka angka yang umumnya bersifat konkrit.

Penegasan Ulang

Penegasan ulang merupakan bagian yang berisi kesimpulan yang meliputi pembukaan, tesis hingga argumentasi yang disampaikan penulis yang tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikut ciri kebahasaan pada teks ekposisi, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan pronomina, yaitu jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Menggunakan konjungsi, konjungsi dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.
  • Menggunakan kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus), yaitu kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak.
  • Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Berikut beberapa jenis teks eksposisi, diantaranya yaitu:

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ini menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu yang mempunyai kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.

Baca Juga : Teks Prosedur

Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi ini memberikan informasi dari suatu kejadian, teks ini sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

Teks Eksposisi Perbandingan

Dalam teks eksposisi ini menerangkan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Dalam teks eksposisi ini berisi tentang panduan atau tata cara membuat sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi ini berisi tentang pengertian dari suatu obyek atau definisi suatu hal. Teks eksposisi definisi berisi penjelasan mengenai sesuatu dengan cara membatasi suatu objek yang akan menjadi bahasan dalam tulisan.

Teks Eksposisi Pertentangan

Dalam teks eksposisi ini berisi pertentangan antara suatu obyek dengan obyek yang lain. Biasanya jenis eksposisi ini menggunakan frasa penghubung seperti: meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya.

Teks Eksposisi Analisis

Dalam teks eksposisi analisis berisi proses yang memisahkan masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub bagian, lalu melakukan pengembangan secara berurutan.

Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klarifikasi adalah teks eksposisi yang isi di dalamnya tentang tulisan tentang paparan mengenai sesuatu yang sesuai dengan kelompok-kelompoknya. Tujuan pengelompokan tersebut yaitu untuk menjelaskan tiap kelompok hingga menjadi jelas serta dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi:

Manfaat Tanaman Obat Sambiloto

Tesis
Tanaman obat sambiloto suduh populer sejak zaman nenek moyang terdahulu. Tanaman obat sambiloto ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka serta dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga.

Baca Juga : Teks Cerita Fiksi

Argumentasi
Dengan banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman ini maka banyak sekali produk komersial yang dapat dihasilkan. Namun tidak banyak pula orang yang mengetahuinya. Menurut beberapa peneliti banyak sekali khasiat yang terkandung dalam tanaman obat sambiloto ini. Manfaat tanaman sambiloto ini meliputi :

Tanaman obat sambiloto terdapat bagian yang dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan luka. Hal tersebut dibuktikan dengan cepatnya penyebuhan luka akibat terbakar maupun cedera.

Tanaman obat sambiloto juga dapat menyembuhkan penyakit panas karena mengandung antiperetika bahkan dapat pula mengobati tekanan darah tinggi.

Jenis tanaman ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker seperti jenis penyakit trofoblas maupun tumor paru.

Tanaman obat sambiloto juga dapat mengbati beberapa penyakit seperti diare, malaria, gatal gatal, sakit perut, disentri basiler, tifoid dan sebagainya.

Penegasan Ulang
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tanaman obat sambiloto tidak hanya menyembuhkan luka tetapi dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan akibat tanaman ini karena bersifat alami. Tanpa anda ketahui bahwa alam menyediakan kebutuhan obat yang diperlukan oleh tubuh.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Tesis
D iera seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya seperti membuang di sungai, di selokan dan tempat lainnya yang seharusnya bukan tempat sampah seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi banyak orang orang di kota yang buang sampah sembarangan. Hal ini bisa kita lihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat bisa mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi
Beberapa pengamat menyimpulkan setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan kegiatan membuang sampah di sungai semakin bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan terjadinya banjir yang seringkali menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana tersebut banyak juga menelan korban jiwa. Tak hanya korban luka tapi juga korban meninggal, namun hal ini tidak membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang
Seharusnya, setelah mengetahui bencana yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Agar saluran air sungai lancar serta tidak menimbulkan bencana banjir.

Baca Juga : Teks Berita

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis
Sirih merah merupakan jenis tanaman yang biasa dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini dapat dibudidayakan untuk persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini memiliki banyak sekali fungsi dalam dunia kesehatan.

Argumentasi
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tanaman ini sering menjadi obat diabetes, kanker, bahkan obat ketombe. Selain itu, bisa menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya, lalu diolah lewat dengan direbus. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena memiliki senyawa aktif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lain-lain.

Penegasan Ulang
Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa siri merah bisa digunkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit dengan cara tradisional.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Tesis
Hakikatnya organisasi tidak terlepas dari sebuah pertikaian. Tentu sudah banyak yang pernah mengikuti organisasi dan pasti pernah mengalami pertikaian baik itu permasalahan kecil mauoun besar. Hal ini seperti bumbu layaknya di dunia perpolitikan.

Argumentasi
Yang pernah berorganisasi dan memberikan pendapat bahwa karena ada yang tidak suka dengan salah satu anggota semua tentu akan terpengaruh, hal tersebut tergantung dari kedewasaan masing masing. Jadi bisa memilih mana yang baik dan yang tidak baik.

Penegasan Ulang
Kenapa bisa ada pertikaian? Karena terjadi kesalahpahaman karena adu mulut dan lidah yang tak memiliki tulang mengatakan yang tidak seharusnya, hal inilah yang menjadi penyebab pertikaian, sebenarnya bila didiskusikan dengan rinci, akan baik baik saja, karena memang semua membutuhkan komunikasi. Sehingga sekecil apa pertikaian itu dapat diselesaikan bersama, karena dari hal kecil dapat menjadi besar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Tesis
Pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh untuk mengubah perekonomian dunia, karena pendidikan menjadi sarana yang digunakan untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat. Selain untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, pendidikan juga bisa menuntaskan kemiskinan.

Baca Juga : Teks Debat

Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang terbilang cukup baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana yang sangat banyak untuk membangun gedung sekolah dan memberi sekolah gratis. Para pelajar atau siswa hanya harus memiliki keinginan belajar dan berprestasi. Jadi semangat akan terbentuk dan dapat memberi yang terbaik untuk negara karena pendidikan yang mudah telah diberikan pemerintah.

Penegasan Ulang
Ketika fasilitas dan peran aktif para pelajar telah bergabung untuk ikut andil dalam sektor pendidikan dan ekonomi, maka kemungkinan besar derajat Indonesia lebih diakui di mata dunia. Kemungkinan besar akan banyak investor asing berdatangan yang bisa membantu meningkatkan perekonomian di dalam negara ini. Guru yang berkualitas dan kompetensi juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis
Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara kita (Indonesia) melakukan perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Baca Juga : Pengertian Teks Negosiasi

Argumentasi
Kementrian pendidikan dan budaya telah menjelaskan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang memiliki standard internasional

Terdapat syarat-syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya yakni harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya memaparkan bahwa kurikulum 2013 lebih fokus ke pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, serta keterampilan atas dasar kepada pendekatan ilmiah.

Selain itu, kurikulum 2013 juga fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, serta penciptaan sebuah karya.

Tidak hanya itu, wakil kementerian pendidikan dan budaya, Musliar kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 akan fokus pada praktik dari pada hafalan, karena selama ini para siswa hanya dibebani oleh hafalan-hafalan saja tetapi seperti kurang efektif dalam meningkatkan kreativitas.

Anggota dan pertimbangan presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk generasi yang berkualitas, cinta kepada bangsa dan Negara.

Kurikulum 2013 menuntut siswa agar aktif saat berlangsungnya proses pembelajaran, jadi yang diharapkan agar bisa membentuk generasi berkualitas. Masih banyak dari masyarakat yang menolak atau tidak setuju diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum terlalu mendadak dan memaksakan.

Ada juga yang beranggapan bahwa kurikulum 2013 kurang fokus karena menggabungkan 2 mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Penegasan Ulang
Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi lebih sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahuan para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, melainkan di pisah yang bisa saja membuat para siswa menjadi bingung.

Contoh Teks Eksposisi Laporan

Tesis
Jika Pemerintah tidak dengan cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan di Sumatra juga akan diikuti oleh musnahnya hutan di Kalimantan. Pengelolaan hutan tidak hanya menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebaliknya, kecenderungannya justru akan semakin memburuk. Kebakaran hutan akan terus terjadi dan penebangan liar juga semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan adanya rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut sudah jelas akan menambah suram nasib hutan.

Baca Juga : Pengertian Teks Eksplanasi

Argumentasi
Kondisi hutan Indonesia sungguh sudah sangat memprihatinkan. Dalam kurun waktu kurang lebih lima puluh tahun, hutan alam Indonesia akan mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah Sulawesi juga telah memusnahkan keanekaragaman hayati.

Berjuta-juta spesies baik flora dan fauna telah musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan justru akan menambah masalah kerusakan hutan. Munculnya El Nino memperburuk kondisi hutan.

Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran yang terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang sebanyak 13%, hutan dataran rendah sebanyak 10%, permukiman/pertanian masyarakat sebanyak 10%, perkebunan sebanyak 8%, dan sisanya rawa (non gambut). Kebakaran hutan memberikan kerugian yang tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya mencapai sebesar $3-$4,4 miliar atau yaitu sekitar Rp 2-4 triliun.

Penegasan Ulang
Rupanya kedua masalah tersebut belum cukup. Pemerintah juga menambah masalah lagi dengan rencana pembukaan kawasan hutan lindung yang digunakan untuk areal pertambangan. Kebijakan tersebut jelas akan semakin menyempurnakan derita hutan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Pernyataan Pendapat (Tesis)
Semua warga di indonesia akan tidak makan jika tak ada kesibukan dalam bidang pertanian. Namun, ironisnya, beberapa besar petani, terutama juga beberapa buruh tani, kesusahan untuk memenuhi keperluan ekonomi.

Hal semacam ini seharusnya tidak dapat berlangsung, namun sebenarnya beda ; malah beberapa tengkulak serta pedagang justru yang memperoleh banyak keuntungan dari semua kesibukan para petani di pertanian.

Argumentasi
Salah satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi yaitu beberapa buruh tani yaitu hadirnya para tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga dari hasil tani. Hal semacam ini adalah semacam fenomena yang telah berlangsung mulai sejak jaman dahulu serta akan masih tetap berlanjut hingga saat ini, dimana seakan-akan nasib beberapa petani berhenti di satu titik.

Penyebabnya ke-2 dari keterpurukan ekonomi para buruh tani yaitu minimnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani. Andaikata pemerintah lebih intens lagi dalam memerhatikan kesejahteraan para petani, mungkin saja semangat serta skala hidup para petani juga akan makin bertambah hingga hal semacam ini akan menyebabkan perkembangan.

Beda perihal dengan pertanian di negara-negara maju yang mana menjadi seorang petani adalah hal yang sangat mengagumkan serta tidak sembarang orang bisa mengerjakannya.

Meski sebenarnya, walau perkembangan masyarakat makin cepat, ruang ataupun lahan pertanian di indonesia masih begitu luas serta ditambah lebih luas lagi bila dibanding dengan ruang pertanian di negara beda.

Baca Juga : Pengertian Teks Cerita Sejarah

Akan tetapi, produksi pertanian di indonesia masih tetap kalah dengan beberapa negara dengan lokasi lebih sempit misalnya seperti Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan mungkin juga negara-negara maju seperti di Amerika serta Australia.

Mengapa hal tersebut dapat berlangsung? Sudah pasti salah satu diantara penyebabnya yaitu keterpurukan hidup para petani hingga inovasi kreatif untuk meningkatkan produksi pertanian terhalang. Yang ada para petani belum juga meningkatkan seluruh bentuk kesempatan pertanian yang ada karena sedang lebih repot untuk mengatasi cara bertahan hidup.

Penegasan Ulang
Jika Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian menjadi basis ekonomi negara, jadi telah harusnya nasib beberapa petani juga akan menjadi lebih baik. Namun, sayangnya pemerintah lebih memprioritaskan industri dan juga bidang usaha beda yang malah bukanlah menjadi akar dari kekayaan tanah air Indonesia sampai negara ini senantiasa terdapat di tempat yang terombang-ambing karena tidak berdasar pada basis ekonomi yang seharusnya, yaitu pertanian.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Tesis
Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari tentang objek empiris di alam semesta. Mempelajari berbagai gejala dan peristiwa sesuai dengan objek telaahnya dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. Karena objek telaahnya, sehingga ilmu alam bisa disebut sebagai pengetahuan empiris. Memiliki asumsi terkait objek telaahnya.

Menganggap objek-objek tertentu mempunyai kemiripan satu dengan lainnya, objek yang dipelajari tak pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif tempat dan waktu. Menganggap setiap gejala bukan bagian dari gejala kejadian yang mempunyai sifat kebetulan.

Argumentasi
Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan segala aspek kehidupannya, yaitu tingkah laku, ciri khasnya, dan hubungan dengan yang lain. Terjadi dalam lingkup perseorangan maupun secara bersama-sama baik jumlah kecil maupun jumlah besar.

Objek ilmu sosial dengan objek ilmu alam tidaklah sama. Material objek dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dengan tindakan yang khas manusia, bebas, dan tidak deterministik.

Beberapa karakter penelaahan objek ilmu sosial yaitu objek penelaahan yang kompleks, kesulitan dalam pengamatan karena sifat objek yang berubah-ubah, objek penelaahan ilmu sosial tidak terulang, hubungan antara peneliti dengan objek peneliti sosial sering kali sulit untuk diprediksi. Dalam menjelaskan ilmu sosial dibutuhkan penjelasan yang lebih rinci untuk mampu menerangkan suatu gejala.

Baca Juga : Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Penegasan Ulang
Perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial berada di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik, sehingga tidak mengalami perubahan jangka waktu tertentu.

Sedangkan ilmu sosial adalah proses hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu adalah tingkah laku khas manusia. Namun dari keduanya mempunyai manfaat yang sama penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Tesis
Pisang adalah tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah. Pisang biasa diambil buahnya hanya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C) mineral ( kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan besi) serta karbohidrat.

Selain buah, seluruh bagian dari tanaman pisang dari daun, bonggol, jantung, hati, bahkan hingga kulit pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Argumentasi
Daun pisang dapat digunakan masyarakat sebagai alat membungkus makanan atau bahkan tempe. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, selain juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pisang mempunyai zat polifenol yang dapat digunakan sebagai antioksidan.

Antioksidan dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Membungkus makanan menggunakan daun pisang juga akan membuat makanan tersebut terserap kandungan daun pisangnya.

Masyarakat di pedesaan juga memanfaatkan jantung pisang yang sudah waktunya dipotong dari pohonnya untuk dimasak. Kebiasaan ini sudah turun menurun. Jantung pohon pisang mengandung flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas dan pemicu kanker.

Jantung pisang mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan c serta protein. Hal ini juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mencegah diabetes, stroke, gondok,anemia, dan dapat menurunkan kolesterol.

Penegasan Ulang
Pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Baik dengan mengkonsumsi secara langsung, maupun dengan proses pengolahan terlebih dahulu.

Seharusnya ketika memanen buah pisang, bagian pisang lainnya juga dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi. Dengan mengetahui beragam manfaat dan cara pengolahan buah ini, masyarakat bisa memanfaatkannya baik untuk pribadi atau menjadikan sebagai lahan usaha.

Baca Juga : Teks Cerita Ulang

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Tesis
Ekonomi rakyat adalah bagian “kegiatan ekonomi rakyat banyak”. Jika harus dihubungkan dengan kegiatan pertanian, maka kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau nelayan kecil atau peternak, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan lain sebagainya; dan bukan perkebunan maupun peternak besar atau pertanian, dan banyak hal lagi.

Argumentasi
Perspektif lain dari nama ekonomi rakyat ini dapat dilihat juga dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi untuk rakyat dari rakyat, dan oleh rakyat”, seperti bunyi demokrasi

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi berhubungan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas atas rakyat untuk sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung seluruh kegiatan produktif dan konsumtif.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi serta konsumsi yang dikerjakan dan dilakukan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak untuk pengelolaan proses produktif dan juga konsumtif itu. Berhubungan dengan sumber daya (produktif dan konsumtif)

Rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan memutuskan sistem pemanfaatan mana yang dipilih misalnya berapa banyak jumlah yang dimanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, siapa yang memanfaatkan, bagaimana menjaga kelestarian untuk proses pemanfaatan dan seluruh hal terkaitnya dilakukan oleh rakyat.

Penegasan Ulang
Dalam hal ini perlu dikemukakan bahwa ekonomi rakyat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak adanya pembatasan mengenai terkait besaran, sifat usaha, jenis produk, permodalan, dan lain sebagainya.

Ekonomi rakyat tidak eksklusif namun cukup inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri atas pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan juga kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya memfasilitasi ekonomi rakyat untuk terus survive dan berkembang sejalan melalui perkembangan sosial ekonomi masyarakat.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Tesis
Pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.

Argumentasi
Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.

Baca Juga : Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.

Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia.

Penegasan Ulang
Maka dari itu tugas kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita

Contoh Teks Eksposisi Proses

Tesis
Hujan adalah salah satu bentukan proses presipitasi. Hujan juga merupakan salah satu bentukan dari proses siklus hidrologi.

Argumentasi
Proses terjadinya hujan mulai dari sinar matahari yang membawa energi panas sehingga terjadi proses evaporasi. Dalam proses evaporasi, air di bumi (laut, danau, sungai serta badan air lainnya) menguap karena peningkatan suhu dari matahari. Kemudian menghasilkan uap air. Uap-uap air akan terangkat ke udara melalui proses kondensasi.

Setelah proses kondensasi, uap air berubah menjadi embun akibat oleh suhu di sekitar uap air lebih rendah dari titik embun air. Suhu udara semakin tinggi membuat titik dari embun semakin banyak lalu membentuk menjadi awan.

Penegasan Ulang
Begitulah proses pembentukan hujan dari awal hingga selanjutnya awan akan kembali menurunkan airnya ke bumi. Setelah tiba musim kemarau, air kembali menguap dan kembali menjadi awan.

Baca Juga : Teks Prosedur Kompleks

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian teks eksposisi, ciri, tujuan, struktur kebahasaan, jenis dan contoh teks eksposisi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.