Pengertian Otak Kiri : Fungsi, Struktur, Cara Kerja dan Cara Melatih Otak Kiri

Posted on

Pengertian Otak Kiri – Apa itu Otak Kiri? Apa fungsi otak kiri? Apa perbedaan fungsi otak kanan dan kiri? Bagaimana cara mengaktifkan otak kiri? Apa keunggulan otak kiri? Apa arti Otak Kiri? Bagaimana Cara Kerja Otak Kiri? Apa itu otak kiri dan kanan?

Baca Juga : Pengertian Otak Kanan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi otak kiri mulai pengertian otak kiri, fungsi, struktur, cara kerja, keunggulan serta perbedaan otak kiri dan otak kanan secara lengkap.

Pengertian Otak Kiri

Otak kiri merupakan salah satu bagian dari otak besar (cerebrum) yang terletak dibagian kiri. Otak kiri berperan penting dalam mengatur seluruh pusat sistem saraf dan struktur sel saraf.

Fungsi otak kiri adalah meregulasi sebagian aktivitas yang dilakukan tubuh dan mengatur fungsi berbagai organ tubuh.

Fungsi Otak Kiri

Berikut beberapa fungsi otak kiri, antara lain:

Sebagai Pusat Inteligent Quotient (IQ)
Otak kiri merupakan pusat kecerdasan yang meliputi sifat pikiran yang berhubungan dengan kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berfikir abstrak dan memahami bahasa atau Inteligent Quotient (IQ). Hal tersebut berhubungan dengan kemampuan kognitif setiap individu.

Sebagai Pengontrolan
Otak kiri berperan mengontrol tubuh bagian kiri termasuk berbagai organ, apabila otak kiri mengalami kerusakan otak kiri maka akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti mati saraf atau lumpuh pada tubuh bagian kiri.

Keterampilan Angka-Angka
Otak kiri berfungsi dalam berbagai materi pembelajaran mengenai perhitungan seperti sains, kimia, fisika dan matematika. Otak kiri dapat menganalisis atau menghitung materi perhitungan dengan sangat matang. Orang yang menguasai ilmu perhitungan beberti dominan otak kiri.

Sebagai Pengambil Tindakan Dengan Logika dan Rasio
Otak kiri berperan dalam mempertimbangkan sesuatu, memberikan tekat dan kekuatan dalam kedisiplinan juga berpikir secara teknis dan penuh aturan. Otak kiri mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia untuk berbuat dan melakukan sesuatu secara sistematis dengan mengandalkan logika dan rasio.

Objektifitas
Orang dengan kemampuan otak kiri lebih dominan biasanya memilih alasan untuk berbagai hal dengan memakai logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah kemudian berpikir cara untuk menyelesaikannya. Jadi, orang dengan dominan otak kiri adalah orang yang detail oriented.

Baca Juga : Fungsi Otak Manusia

Mempengaruhi Kemamampuan Menulis dan Membaca
Otak kiri mengontrol kemampuan menulis dan membaca, dimana aktivitas tersebut membutuhkan pemikiran dan konsentrasi dalah pemahaman dan penyusunan kata yang nantinya terekan daam ingatan dan menjadi bahan untuk berpikir logis sesuai ilmu atau pandangan yang didapatkan sebelumnya.

Struktur Otak Kiri

Otak kiri memiliki struktur yang sangat kompleks. Dalam otak kiri terdapat jutaan sel sistem saraf dan neuron yang saling bekerja sama. Bentuk otak kiri yakni separuh dari otak besar yang saling berkaitan pada saraf dan jaringan otak kanan. Jika otak kiri sehat, tubuh akan sehat dan fungsi berpikir akan lebih maksimal.

Diantara satu neuron dan neuron lainnya saling terikat, sehingga nampak seperti rantai yang tak terputus. Setiap neuron membawa informasi dan membawa bahan kimia yang disebut neurotransmitter. Jutaan neuron dalam struktur otak kiri berperan dalam menghantarkan berbagai bentuk informasi ke otak.

Cara Kerja Otak Kiri

Cara kerja otak kiri menggunakan daya ingat yang bersifat jangka pendek (short term memory) sehingga berpengaruh pada fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika.

Jutaan sel dalam otak kiri mampu memproses informasi yang bersifat logis, lineal dan juga rasional. Otak kiri akan bekerja dengan memproses dunia berdasarkan realitas yang menghasilkan penafsiran abstrak dan simbolis sehingga mengacu pada kemampuan untuk melakukan tugas secara teratur dengan detail dan fakta.

Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Perbedaan antara kedua otak ini diantaranya yaitu:

Seringkali, otak kiri diidentikkan kemampuan yang lebih dominan dalam bidang matematika atau hitungan atau matematika. Sedangkan, otak kanan lebih diidentikkan dengan kreativitas.

Cara Melatih Otak Kiri

Berikut ini latihan yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan otak kiri diantaranya yaitu:

  • Membacakan anak cerita yang berkualitas dengan bahasa dan kosakata yang baik dan benar serta anak dilatih memakai struktur yang benar pula.
  • Melatih daya ingat dan logika berpikir. Caranya dengan meminta anak membaca berulang lalu berikan sesi tanya jawab.
  • Memainkan permainan tebak-tebakan bentuk maupun warna sembari menonton tv atau makan sehingga pembelajaran berlangsug menyenangkan.
  • Mengajak anak bermain, belajar (mengamati) dan berbagi hal yang sederhana hingga rumit.
  • Membiasakan anak selalu rapi dan juga disiplin pada berbagai hal.

Baca Juga : Pengertian Otak Besar

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian otak kiri, fungsi, struktur, cara kerja, keunggulan serta perbedaan otak kiri dan otak kanan secara lengkap. Semoga bermanfaat