Pengertian Diksi : Syarat, Ciri, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Posted on

Diksi atau Pilihan Kata – Apa yang dimaksud dengan diksi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian diksi, syarat, ciri, fungsi, manfaat, jenis dan contoh diksi secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Idiom

Pengertian Diksi

Pengertian diksi adalah sebuah pilihan kata yang tepat atau selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan gagasan sehingga didapatkan efek tertentu seperti apa yang diharapkan.

Definisi diksi adalah pilihan kara pembicara atau penulis dalam menggambarkan cerita yang dibuatnya. Diksi juga diartikan sebagai suatu pernyataan yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah gagasan ataupun mengungkapkan suatu cerita meliputi persoalan seperti gaya bahasa, ungkapan gagasan dan lain sebagainya. Dengan diksi maka setiap kata dapat dibaca dan dipahami pembaca maupun pendengar.

Pengertian Diksi Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian diksi menurut KBBI adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti apa yang diharapkan).

Enre (1988:102)

Pengertian diksi menurut Enre adalah pilihan kata dan penggunaan kata secara tepat untuk mewakili pikiran dan perasaan yang ingin dinyatakan dalam pola suatu kalimat.

Achmadi (1990:136)

Pengertian diksi menurut Achmadi adalah seleksi kata-kata untuk mengekspresikan ide atau gagasan dan perasaan.

Widyamartaya (1990:45)

Pengertian diksi atau pilihan kata adalah kemampuan seseorang membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikannya dan kemampuan tersebut hendaknya disesuaikan dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat dan pendengar atau pembaca.

Baca Juga : Pengertian Semantik

Mustakim (1994: 41)

Menurut Mustakim, membedakan antara istilah pemilihan kata dan pilihan kata. Pemilihan kata adalah proses atau tindakan memilih kata yang dapat mengungkap gagasan secara tepat, sedangkan pilihan kata adalah hasil proses atau tindakan tersebut.

Keraf (2008:22-23)

Pengertian diksi menurut Keraf adalah pilihan kata atau diksi lebih luas dari apa yang dipantulkan oleh hubungan kata-kata itu. Istilah ini bukan saja dipergunakan untuk menyatakan kata-kata mana yang dipakai untuk mengungkapkan suatu ide atau gagasan tetapi juga meliputi fraseologi, gaya bahasa dan ungkapan.

Syarat-Syarat Diksi

Untuk menghasilkan cerita yang menarik dengan pilihan kata, maka diksi yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut ini diantaranya:

  • Ketepatan dalam pemilihan kata dalam menyampaikan sebuah gagasan.
  • Pengarang harus memiliki kemampuan membedakan secara tepat nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan kemampuan menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa bagi pembaca.
  • Menguasai berbagai kosakata dan mampu memanfaatkan kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang jelas, efektif dan mudah dimengerti.

Ciri-Ciri Diksi

Ciri ciri atau karakteristik diksi diantaranya yaitu:

  • Tepat dalam pemilihan kata untuk mengungkapkan gagasan atau hal yang diamanatkan.
  • Dapat digunakan untuk membedakan secara tepat nuansa makna dan bentuk yang sesuai dengan gagasan dan situasi serta nilai rasa pembaca.
  • Menggunakan pembendaharaan kata yang dimiliki masyarakat bahasanya dan dapat menggerakkan dan memberdayakan kekayaan tersebut menjadi jaring kata yang jelas.

Baca Juga : Pengertian Frasa

Fungsi Diksi

Dengan diksi maka suatu kata akan lebih jelas, kata tersebut akan terasa tepat dan sesuai dengan penggunaannya. Ketepatan pemilihan kata (diksi) tersebut bertujuan untuk tidak menimbulkan interpretasi atau tafsiran yang berbeda antara penulis dengan pembaca. Selain itu, bertujuan untuk memperindah kalimat, pengarang atau penulis bisa membuat cerita menjadi lebih urut. Berikut beberapa fungsi diksi yang lainnya diantaranya yaitu:

  • Membuat pembaca memahami apa yang disampaikan penulis atau pengarang
  • Membuat komunikasi lebih efektif dan juga lebih efisien
  • Menggambarkan ekspresi yang ada pada gagasan
  • Membentuk gagasan yang tepat.

Manfaat Diksi

Manfaat diksi adalah agar pembaca atau pendengar bisa membedakan secara baik terhadap kata-kata denotatif, konotatif, sinonim, antonim, dan juga kata yang hampir memiliki ejaan yang mirip. Sedangkan bagi penulis, diksi bermanfaat agar penulis bisa membedakan kata-kata yang di tulisnya sendiri dan kata-kata yang dikutipnya dari orang lain.

Jenis-Jenis Diksi

Berikut ini jenis-jenis diksi, diantaranya:

Jenis Diksi Berdasarkan Maknanya

Makna Denotatif

Denotatif berarti makna asli, makna asal, atau makna yang sebenarnya dari suatu kalimat atau kata. Berikut beberapa contohnya:

  • Helen sangat “gemar membaca”, maka tidak heran jika dia pintar dan berpengetahuan luas.
  • Arman terlihat senang, mungkin dia sedang mendapat “keuntungan yang melimpah”.
  • Badan Nina sangat kurus (Kata kurus, bermakna denotatif keadaan tubuhnya yang lebih kecil dari ukuran badannya normal)

Baca Juga : Pengertian Konjungsi

Makna Konotatif

Konotatif, yaitu menyatakan makna yang mempunyai arti bukan yang sebenarnya dari suatu kalimat atau kata. Berikut :

  • Adnan “banting tulang”, bekerja pagi sampai sore untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. (kata “banting tulang” diartikan bahwa Adnan bekerja keras).
  • Dini adalah murid yang “kutu buku” jadi tidak heran jika dia pintar dan berpengetahuan luas. (kata “kutu buku” diartikan bahwa Dini gemar membaca buku).
  • Tama sangat bahagia, mungkin dia sedang mendapat “durian runtuh”. (kata “durian runtuh” diartikan bahwa Tama mendapat keuntungan melimpah).

Jenis Diksi Berdasarkan Leksikal

Sinonim

Sinonim adalah kata yang memiliki makna sama. Dengan kata lain, sinonim adalah persamaan kata. Berikut beberapa contoh sinonim:

Bahagia = Senang
Matahari = Mentari
Cantik = Elok
Lezat = Enak
Pintar = Pandai

Antonim

Antonim adalah kata yang memiliki makna yang berlawanan. Dengan kata lain, antonim adalah perbedaan kata. Berikut beberapa contoh antonim:

Naik >< Turun
Besar >< Kecil
Banyak >< Sedikit
Tinggi >< Pendek
Gelap >< Terang
Cepat >< Lambat
Ganteng >< Cantik
Mahal >< Murah

Homonim

Homonim adalah kata yang memiliki makna berbeda, namun lafal atau ejaannya sama. Berikut contoh homonim:

  • Pada awal Bulan, ayah selalu menerima upah kerja.
  • Bulan purnama terlihat sangat jelas karena langit tidak berawan.

Kata “Bulan”, pada kalimat pertama dan kedua kata tersebut memiliki lafal dan ejaan yang sama namun maknanya berbeda. Jika pada kalimat pertama menunjukan tanggal, sedangkan kalimat kedua menunjukan bulan di langit.

Baca Juga : Pengertian Majas

Homofon

Homofon adalah kata yang memiliki makna dan ejaan berbeda, namun memiliki lafal yang sama. Berikut beberapa contoh homofon:

  • Dina rajin menabung di Bank.
  • Bang Dimas merupakan kakak Lala.

Kata “Bank” dan “Bang”, memiliki lafal yang sama namun memiliki ejaan dan makna berbeda. Pada kalimat pertama menunjukan tempat, sedangkan kalimat kedua menunjukan arti saudara.

Homograf

Homograf adalah kata yang memiliki makna dan lafal yang berbeda, tapi memiliki ejaan yang sama. Berikut contohnya:

  • Dila sedang makan Tahu goreng di warung.
  • Dila tidak Tahu bahwa hari ini hari Selasa

Kata “Tahu” pada kedua kalimat diatas memiliki ejaannya sama. Pada kalimat pertama menunjukan makanan dan kalimat kedua menunjukan lupa akan hari.

  • Wildan memiliki mental yang kuat saat menghadapi permasalahan hidup.
  • Handphone Wildan terjatuh dan langsung mental ke lantai.

Kata “mental” pada kedua kalimat diatas memiliki ejaannya sama, namun kalimat pertama menunjukan watak dan kalimat kedua menunjukan memantul ke lantai.

Polisemi

Polisemi adalah kata yang memiliki banyak arti atau pengertian.Berikut beberapa contoh polisemi:

  • Menabung di bank, maka akan mendapatkan Bunga.
  • Dina adalah bunga desa di kampung ini.
  • Bunga mawar merah itu sangat indah dan harum.

Pada kalimat pertama kata “bunga” menunjukan bahwa keuntungan menabung di bank, pada kalimat kedua menunjukan perempuan paling cantik, dan kalimat ketiga menunjukan bunga pada tanaman.

Baca Juga : Pengertian Klausa

Hipernim dan Hiponim.

Hipernim adalah kata yang mewakili banyak kata lain. Jadi sebuah kata hipernim bisa menjadi kata umum dari penyebutan kata lainnya. Sedangkan Hiponim adalah kata yang terwakili artinya oleh sebuah kata hipernim. Berikut contoh kalimat yang mengandung kata hipernim dan hiponim:

  • Di hutan banyak berbagai macam binatang liar, contohnya seperti harimau, srigala, macan tutul, rusa, kera, dan lain sebagainya

Kata hipernim: Binatang liar. Sedangkan kata hiponim: harimau, srigala, macan tutul, rusa, kera, dan lain sebagainya

  • Chandra ke supermarket membeli buah-buahan, seperti buah apel, jeruk, semangka dan anggur.

Kata hipernim: buah-buahan. Sedangkan kata hiponim: apel, jeruk, semangka dan anggur.

Demikian pembahasan tentang pengertian diksi, syarat, ciri, fungsi, manfaat, jenis dan contoh diksi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.