Pengertian Bank dan Bentuk-Bentuk Sumber Dana Bank Lengkap

Posted on

Pengertian Bank dan Bentuk-Bentuk Sumber Dana Bank Lengkap – Secara etimologi, kata bank berasal dari bahasa Italia banque atau Italia banca yang berarti bangku. Para bankir Florence pada masa Renaissans melakukan transaksi mereka dengan duduk di belakang meja penukaran uang, berbeda dengan pekerjaan kebanyakan orang yang tidak memungkinkan mereka untuk duduk sambil bekerja.

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

Sedangkan menurut undang-undang perbankan, pengertian bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sebagai lembaga keuangan, bank memiliki usaha pokok berupa menghimpun dana yang sementara tak dipergunakan untuk kemudian menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat untuk jangka waktu tertentu. Fungsi untuk mencari dan selanjutnya menghimpun dana dalam bentuk simpanan turut mempengaruhi pertumbuhan suatu bank, sebab volume dana yang berhasil dihimpun atau disimpan tentunya akan menentukan pula volume dana yang dikembangkan oleh bank tersebut dalam bentuk penanaman dana yang menghasilkan.

Pengertian Bank Menurut Undang-Undang dan Para Ahli

Menurut Undang-Undang Pokok Perbankan No.7/1992 pasal 1 ayat 3 (1992:6), Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak.

Menurut Undang-Undang Pokok Perbankan No. 10/1998 Pasal 1 ayat 2 (1998:6), Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dana menyalurkannnya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Menurut O.P Simorangkir (1985:92), Bank adalah salah satu badan usaha lembaga keuangan yang bertujuan memberikan kredit dan jasa-jasa. Adapun pemberian kredit itu dilakukan dengan jalan memperedarkan alat-alat pembayaran bank berupa uang giral.

Sumber Dana Bank

Ada tiga sumber dana bagi bank, diantaranya yaitu:

  • Dana dari modal sendiri (dana pihak I), yakni dana dari modal bank itu sendiri yang berasal dari pemegang saham.
  • Dana dari pihak luar (dana dari pihak II), yakni dana pinjaman dari lembaga keuangan baik berbentuk bank maupun non bank.
  • Dana dari masyarakat (dana pihak III). Dana dari masyarakat yang disimpan dalam bank merupakan sumber dana terbesar yang diandalkan bank, ada tiga jenis dana dari masyarakat diantaranya yaitu :

Giro (demand deposits), yaitu simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan mempergunakan cek, surat perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan (bilyet giro).

Deposito (time deposits), yaitu simpanan berjangka pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu tertentu menurut perjanjian antara pihak ketiga pada bank yang bersangkutan. Jangka waktu tertentu misalnya 1, 3, 6, 12 bulan. Biasanya untuk simpanan uang bentuk deposito, bank membayar bunga yang umumnya lebih tinggi dibandingkan jenis simpanan lain kepada pemilik uang karena bank merasa dapat menggunakan uang tersebut dalam usahanya tanpa khawatir setiap saat akan diambil pemiliknya. Dengan adanya jangka waktu tertentu sehingga dana itu mengendap di bank, maka bank mempunyai waktu yang cukup lama untuk menggunakan dana deposito guna pemberian kredit atau investasi lain jangka pendek yang menghasilkan. Kepastian dana tersebut dapat dipergunakan oleh bank adalah karena ada jangka waktu tertentu yang menyakinkan bahwa dana itu tidak akan ditarik kecuali jatuh tempo.

Tabungan (saving), yaitu simpanan pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Bank dan Bentuk-Bentuk Sumber Dana Bank Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa