Pengertian Kolusi, Ciri, Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mencegah Kolusi Lengkap

Posted on

Pengertian Kolusi, Ciri, Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mencegah Kolusi Lengkap – Kolusi adalah sikap dan perbuatan tidak jujur dengan membuat kesepakatan secara tersembunyi dan melakukan kesepakatan perjanjian yang diwarnai dengan pemberian uang atau fasilitas tertentu (gratifikasi) sebagai pelicin agar segala urusannya menjadi lancar.

Secara bahasa, kolusi berasal dari bahasa latin yaitu collusio yang berarti persekongkolan untuk melakukan perbuatan tidak baik.

Pengertian kolusi adalah pemufakatan secara bersama untuk melawan hukum antar penyelenggara negara atau antara penyelenggara dengan pihak lain yang merugikan orang lain, masyarakat dan negara.

Pengertian kolusi (collusion) secara umum adalah suatu bentuk tindakan persekongkolan atau permufakatan secara rahasia yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dimana tujuannya adalah untuk melakukan perbuatan tidak baik demi mendapatkan keuntungan.

Selain itu, definisi kolusi adalah suatu bentuk kerja sama ilegal atau konspirasi rahasia, yang bertujuan untuk menipu atau memperdaya orang lain.

Lebih lengkapnya, kolusi adalah sikap dan tindakan tidak jujur dan melanggar hukum dengan membuat kesepakatan rahasia disertai dengan pemberian uang atau fasilitas tertentu sebagai pelicin untuk kepentingan seseorang atau kelompok.

Pada umumnya tindakan kolusi disertai dengan penyalahgunaan wewenang oleh pejabat pemerintah atau pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Perilaku kolusi paling sering terjadi dalam satu bentuk pasar oligopoli, dimana keputusan beberapa perusahaan untuk bekerja sama, dapat secara signifikan mempengaruhi pasar secara keseluruhan.

Pengertian Kolusi Menurut Para Ahli

Merriam-Webster’s Dictionary (1984)

Menurut Merriam-Webster’s Dictionary, Kolusi adalah suatu perjanjian atau kerja sama ilegal dimana tujuannya untuk menipu atau memperdaya pihak lain.

UU RI No. 28 Tahun 1999 Pasal 1

Menurut UU RI No. 28 Tahun 1999 Pasal 1, Kolusi adalah suatu permufakatan atau kerja sama secara rahasia dan melawan hukum antara penyelenggaraan negara dan pihak lain, masyarakat, dan atau negara.

Oxford Dictionary

Menurut Oxford Dictionary, Kolusi adalah suatu persekongkolan atau kerja sama rahasia yang ilegal untuk menipu orang lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Kolusi adalah kerja sama rahasia dengan maksud tidak terpuji, persekongkolan yang terjadi antara pengusaha dan pejabat pemerintah.

Ciri-Ciri Kolusi

Adapun ciri-ciri atau karakteristik kolusi diantaranya yaitu:

  • Adanya kerja sama rahasia atau pemufakatan ilegal antara dua orang atau lebih yang tujuannya melawan hukum yang berlaku.
  • Pemufakatan atau kerja sama ilegal dilakukan oleh penyelenggara negara atau pihak-pihak yang memiliki posisi penting.
  • Terjadi pemberian uang pelicin atau fasilitas (gratifikasi) tertentu kepada pejabat pemerintah agar kepentingan pihak-pihak tertentu tercapai.

Di Indonesia, kolusi paling sering terjadi dalam proyek pengadaan barang dan jasa tertentu yang umumnya dilakukan pemerintah. Ciri-ciri jenis kolusi penggandaan barang dan jasa diantaranya yaitu:

  • Pemberian uang pelicin dari perusahaan tertentu kepada oknum pejabat atau pegawai pemerintahan agar perusahaan dapat memenangkan tender pengadaan barang dan jasa tertentu. Biasanya, imbalannya adalah perusahaan tersebut kembali ditunjuk untuk proyek berikutnya.
  • Penggunaan broker (perantara) dalam pengadaan barang dan jasa tertentu. Padahal, seharusnya dapat dilaksanakan melalui mekanisme G 2 G (pemerintah ke pemerintah) atau G 2 P (pemerintah ke produsen), atau dengan kata lain secara langsung. Biasanya broker disini merupakan orang yang memiliki jabatan atau kerabatnya.

Penyebab Kolusi

Ada beberapa bentuk kolusi yang terjadi dalam pemerintahan, pendidikan dan juga masyarakat. Kolusi tersebut disebabkan karena beberapa hal, berikut selengkapnya:

Kolusi Dalam Pemerintahan. Kolusi dalam pemerintah bisa disebabkan karena adanya monopoli kekuasaan dengan wewenang pejabat yang absolut tanpa mekanisme pertanggungjawaban, pejabat pemerintah yang memiliki budaya korupsi, sistem kontrol yang tidak berfungsi, hubungan pemimpin dan bawahan tidak berdasarkan asas persamaan.

Kolusi Dalam Pendidikan. Kolusi dalam pendidikan bisa disebabkan karena beberapa hal diantaranya sistem pendidikan yang kurang baik, tradisi memberi uang kepada tenaga pendidik, kurikulum tidak kontekstual, pemberian gaji/apresiasi kepada tenaga pendidik masih rendah.

Kolusi di Masyarakat. Kolusi dalam masyarakat sebagian besar disebabkan karena masalah ekonomi, latar belakang pendidikan seseorang, budaya atau kultur kerja dan lingkungan tempat tinggal seseorang.

Dampak Kolusi

Perilaku kolusi secara terus menerus dapat menimbulkan dampak buruk bagi banyak pihak, diantaranya yaitu:

  • Terjadi kesenjangan sosial di masyarakat dan ketidakadilan di berbagai bidang kehidupan.
  • Proses pertumbuhan ekonomi dan investasi menjadi terhambat sehingga pengentasan kemiskinan menjadi terhambat.
  • Terjadi pemborosan terhadap sumber daya, baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya ekonomi.
  • Proses demokrasi menjadi terganggu karena adanya pelanggaran hak-hak warga negara.
  • Timbulnya ketidakpercayaan masyarakat terhadap aparat negara.
  • Terjadi ketidakselarasan antara fungsi, tujuan, dan mekanisme proses (sesuai prosedur dan hukum) dengan praktiknya.

Contoh dan Cara Mencegah Kolusi

Berikut ini beberapa contoh perilaku kolusi diantaranya yaitu:

  • Menyuap instansi pemerintah agar seseorang diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  • Menyuap tenaga pengajar agar nilai rapor sekolah murid menjadi lebih baik.
  • Menyuap petugas pajak agar nilai pajak yang dibayarkan wajib pajak menjadi lebih kecil dari yang seharusnya.
  • Menyuap hakim atau jaksa agar meringankan hukuman bagi seorang pelaku kejahatan.
  • Menyuap instansi pendidikan agar seseorang diterima di sekolah atau perguruan tinggi negeri favorit.

Untuk mencegah terjadinya perilaku kolusi maka perusahaan atau negara membuat perjanjian kerjasama yang sehat dengan perusahaan atau negara lain yang dianggap tidak merugikan orang banyak.

Demikian penjelasan tentang “Pengertian Kolusi, Ciri, Penyebab, Dampak, Contoh dan Cara Mencegah Kolusi Lengkap“, semoga bermanfaat.