Pengertian Sendi : Fungsi, Komponen, Macam, Letak, Pergerakan dan Penyakit Sendi Pada Manusia

Posted on

Fungsi Sendi – Apa yang dimaksud dengan sendi dan sebutkan 3 macam sendi? Bagaimana cara kerja sendi peluru? Mengapa sendi peluru bisa digerakkan ke semua arah? Apakah nama sendi pada tulang rahang?

Baca Juga : Fungsi Tulang Manusia

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian sendi, fungsi, komponen, jenis, letak, contoh, jenis pergerakan, gangguan dan penyakit sendi pada manusia secara lengkap.

Pengertian Sendi

Sendi merupakan penghubung antara tulang, dengan adanya sendi ini maka tulang bisa digerakkan. Hubungan antar tulang disebut persendian (artikulasi). Sendi dapat ditemukan pada manusia dan hewan. Jumlah sendi dalam tubuh manusia secara keseluruhan ada sekitar 360 sendi.

Fungsi Sendi

Fungsi sendi pada manusia adahah memberi fleksibilitas atau kelenturan juga pergerakan pada tempatnya. Selain itu, sendi juga berperan sebagai poros pergerakan.

Terdapat sejumlah jenis sendi dalam tubuh manusia yang hanya memberi sedikit pergerakan tapi sangat berperan dalam memberikan kestabilan pada tubuh.

Komponen Pembentuk Sendi

Berikut ini komponen pembentu atau komponen penunjang sendi diantaranya yaitu:

Baca Juga : Fungsi Otot

Ligamen

Ligamen merupakan jaringan dengan bentuk seperti pita yang tersusun oleh serabut liat yang mengikat antar tulang pada sendi dan menjaga sendi atau tulang tetap berada ditepatnya atau tidak berubah lokasi ketika bergerak.

Kapsula Sendi

Kapsula sendi adalah lapisan dengan serabut yang melapisi sendi. Struktur kapsula sendi bagian dalam memiliki rongga. Fungsi kapsul sendi adalah sebagai sebagai penghubung dua tulang pada sendi.

Cairan Sinovial

Cairan sinovial adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Tulang Rawan Hialin

Tulang rawan hialin (kartilago hialin) adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Fungsi tulang rawan hialin adalah menjaga dari benturan.

Macam-Macam Sendi dan Gambarnya

Berikut ini jenis-jenis sendi manusia, diantaranya yaitu:

Jenis Sendi Berdasarkan Sifat Pergerakannya

Ada 3 jenis sifat pergerakannya, tipe persendi dibedakan menjadi:

Sendi Mati (Sinartosis)

Sendi mati adalah tipe persendian yang tidak bisa digerakkan, biasanya tulang pada persendian ini dihubungkan oleh serabut jaringan ikat atau tulang rawan hialin. Contoh sendi mati dapat ditemukan pada sendi antar tulang tengkorak.

Baca Juga : Sistem Gerak Pada Manusia

Sendi Kaku (Amfiartrosis)

Sendi kaku adalah tipe persendian yang hanya memungkinkan terjadinya sedikit pergerakan. Contoh sendi kaku dapat ditemukan pada sendi antar tulang rusuk.

Sendi Gerak (Diartosis)

Sendi gerak adalah tipe persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah, dua arah maupun segala arah. Contoh sendi gerak antara lain sendi pada lutut (satu arah), ruas telapak tangan (dua arah) dan sendi bahu (ke segala arah).

Jenis Sendi Berdasarkan Arah Pergerakannya

Jenis sendi berdasarkan arah pergerakannya, terbagi menjadi:

Sendi Engsel

Sendi engsel adalah jenis sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan saja, umumnya hanya dapat ditekuk atau diluruskan. Contoh letak sendi engsel dapat ditemukan pada tulang lutut dan siku.

Sendi Pelana

Sendi pelana adalah jenis sendi yang memungkinkan terjadinya dua arah gerakan. Contoh sendi pelana dapat ditemukan pada ruas telapak tangan.

Sendi Peluru

Sendi peluru adalah jenis sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah, contoh letak sendi peluru bisa ditemukan sendi pada tulang paha dan bahu.

Sendi Putar

Sendi putar adalah jenis sendi yang memungkinkan terjadinya satu tulang bergerak berputar terhadap tulang lain. Contoh sendi putar dapat ditemukan pada tulang atlas.

Sendi Geser

Sendi Geser adalah jenis sendi yang memungkinkan satu tulang menggeser ke tulang lain. Contoh sendi geser dapat ditemukan pada persendian antartulang karpal.

Sendi Luncur

Sendi luncur atau sendi arthrodial adalah jenis sendi dimana tulang yang terlibat memiliki permukaan datar atau hanya sedikit melengkung. Sendi luncur menggabungkan permukaan datar tulang tersebut. Contoh sendi luncur dapat ditemukan dibagian pergelangan tangan.

Sendi Gulung

Sendi gulung adalah jenis sendi yang hanya memungkinkan terjadi sedikit gerakan namun mampu mengitari poros. Contoh sendi gulung bisa ditemukan diantara tulang pengumpil dengan tulang hasta.

Baca Juga : Fungsi Tulang Rawan

Sendi Kondiloid

Sendi Kondiloid adalah jenis sendi yang bisa digerakkan ke samping dan maju mundur, namun tidak mengitari poros. Contoh sendi kondiloid bisa ditemukan dibagian telapak tangan.

Jenis Sendi Berdasarkan Strukturnya

Dilihat dari struktur yang dimilikinya, jenis sendi dibedakan menjadi:

Sendi Fibrosa

Sendi fibrosa adalah jenis sendi yang tidak memiliki kartilago, antara tulang yang satu dengan yang lain terhubung oleh jaringan ikat fibrosa. Sehingga kebanyakan tidak dapat digerakkan. Contoh sendi fibrosa terletak pada sutura tulang tengkorak.

Sendi Kartilaginosa

Sendi kartilaginosa adalah jenis sendi dengan ujung tulang dihubungkan oleh tulang rawan dan didukung oleh ligamen. Ada 2 jenis sendi kartilago diantaranya:

  • Sinkondrosis, yakni jenis sendi yang semua bagian persendiannya diselumbungi tulang rawan. Contohnya Sendi Kostokondral.
  • Simfisis, yakni jenis sendi yang mempunyai tulang yang terhubung dengan fibrokartilago dan selapis hialin kartilago yang melapisi permukaan sendi. Contohnya terletak pada bagian simfisis pubis.

Sendi Sinovial

Sendi sinovial adalah jenis sendi yang mempunyai ruang antar sendi sehingga memungkinkan terjadinya banyak gerakan. Bagian ujung tulangnya dilapisi kartilago hialin yang tipis untuk melindunginya dari benturan dan gesekan antartulang. Contoh sendi sinovial terletak pada lutut.

Gangguan dan Penyakit Sendi

Berikut ini kelainan dan penyakit yanf dapat terjadi pada sendi atau persendian, diantaranya:

Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah kondisi dimana sendi terasa sakit dan tidak nyaman. Nyeri sendi ini dapat menjadi gejala dari kondisi medis seperti peradangan pada bantalan sendi atau bursa (bursitis) dan radang sendi (artritis).

Radang Sendi (Artritis)

Radang sendi atau artritis adalah peradangan yang terjadi pada sendi sehingga sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Salah satu penyebab radang sendi adalah kristal asam urat (gout arthritis).

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan kondisi autoimun yang memengaruhi lapisan sendi.

Baca Juga : Fungsi Tulang Keras

Osteoartritis

Osteoartritis adalah kondisi dimana ujung tulang rawan pada persendian mengalami keausan akibat pertambahan usia.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian sendi, fungsi, komponen, jenis, letak, contoh, jenis pergerakan, gangguan dan penyakit sendi pada manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat