Pengertian Kontribusi : Jenis dan Contoh Bentuk Kontribusi

Posted on

Contoh Bentuk Kontribusi – Apa yang dimaksud dengan kontribusi? Sebutkan jenis-jenis kontribusi! Sebutkan contoh bentuk kontribusi!

Baca Juga : Pengertian Efektivitas Kerja

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kontribusi, jenis dan contoh kontribusi secara lengkap.

Pengertian Kontribusi

Secara umum, pengertian kontribusi adalah sumbangsih, peran ataupun keikutsertaan seseorang dalam suatu kegiatan tertentu.

Definisi kontribusi adalah keterlibatan atau keikutsertaan seseorang untuk memberikan bantuan pada orang lain baik secara langsung berupa tindakan atau secara tak langsung melalui sumbangan (uang).

Kontribusi merupakan suatu hal yang dilakukan untuk memberikan bantuan agar bisa mencapai atau menghasilkan sesuatu bersama atau menyukseskan suatu kegiatan tertentu yang dilakukan bersama.

Kontribusi juga diartikan sebagai bentuk usaha yang dilakukan individu atau kelompok yang terlibat dalam membantu atau mengerjakan suatu hal untuk mencapai tujuan tertentu.

Singkatnya, kontribusi iyalah bentuk kerjasama yang dilakukan pihak-pihak yang memiliki kesamaan tujuan dan pemikiran. Kata lain dari kontribusi adalah sumbangan, amal, derma, donasi, fitrah.

Dalam bermasyarakat, kontribusi berperan sebagai alat untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang hamonis juga menciptakan hubungan sosial masyarakat yang mempunyai rasa empati dan simpati yang tinggi. Selain itu, kontribusi juga dipakai dalam pengukuran diri dan juga menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan kompetensi diri.

Arti kontribusi positif yakni kontribusi yang menciptakan kemajuan dan menyukseskan sebuah tujuan.

Baca Juga : Pengertian Solidaritas Sosial

Dalam bidang olahraga, kontribusi diartikan sebagai seberapa besar usaha yang dilakukan setiap atlet dalam memenangkan atau menyukseskan pertandingan. Sedangkan dalam bidang pendidikan, kontribusi digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan sains.

Jenis-Jenis Kontribusi

Berikut ini beberapa bentuk kontribusi, diantaranya yaitu:

Kontribusi Uang

Dengan menyisihkan dan memberikan sebagian uang yang dimiliki kepada orang lain yang membutuhkan adalah salah satu bentuk kontribusi nyata untuk membantu perekonomian orang lain.

Selain dengan memberinya secara langsung, bentuk kontribusi uang bisa dilakukan dengan memberikan pekerjaan kepada orang lalu memberi mereka upah atas pekerjaan mereka.

Kontribusi Tenaga

Memberikan bantuan dalam bentuk tenaga kepada orang yang membutuhkan itu juga merupakan bentuk kontribusi, sekecil apapun tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain akan memberikan dampak yang besar pada orang lain. Contoh nyatanya yaitu gotong royong.

Kontribusi Waktu

Kontribusi waktu berkaitan dengan kontribusi tenaga yang diberikan seseorang untuk membantu orang lain, meski keduanya berbeda.

Kontribusi Pikiran

Kontribusi pikiran atau ide berhubungan dengan konsep. Dimana perwujudan dan pelaksanaan konsep dilakukan sesuai dengan hasil keputusan bersama, terarah dan sejalan.

Kontribusi Barang

Seseorang dapat berkontribusi dalam membantu orang lain misalnya saja memberikan pakaian, bahan pangan dan lain sebagainya kepada korban bencana alam.

Baca Juga : Pengertian Gotong Royong

Contoh Wujud Kontribusi

Berikut ini beberapa contoh kontribusi dalam lingkungan masyarakat, sekolah dan umum diantaranya:

  • Ikutserta dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, seperti ronda malam.
  • Memberikan sumbangan pakaian, bahan pangan, atau yang lainnya kepada para korban bencana alam atau orang yang mengalami musibah.
  • Ikutserta dalam gotong royong memberihkan lingkungan sekitar.
  • Memberikan bantuan tenaga pada tetangga yang sedang membangun rumah atau sebagainya.
  • Memberikan ide dalam merancang konsep acara pensi di sekolah.
    memberikan kritik dan saran yang membangun kepada orang lain agar mereka menjadi lebih baik lagi.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kontribusi, jenis dan contoh kontribusi secara lengkap. Semoga bermanfaat