Pengertian Peradaban : Sejarah, Ciri, Wujud, Contoh, Perbedaan Peradaban dan Kebudayaan

Posted on

Pengertian Peradaban Adalah – Apa yang dimaksud dengan peradaban? Apa itu peradaban dan contohnya? Mengapa manusia memiliki peradaban? Apa perbedaan antara kebudayaan dan peradaban? Apa contoh dari peradaban?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian peradaban menurut para ahli, ciri, wujud, sejarah, contoh, perbedaan kebudayaan dan peradaban secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Kebudayaan

Pengertian Peradaban

Secara bahasa, peradaban (civilation) adalah penduduk yang mempunyai kemajuan dan lebih baik. Masyarakat dengan kebudayaan sudah pasti mempunyai peradaban yang tinggi.

Secara harfiah, peradaban berasal dari kata adab yang berarti akhlak, yakni kesopanan budi pekerti.

Peradaban memiliki arti luas yang berkaitan dengan perkembangan manusia, namun istilah tersebut seringkali digunakan untuk merujuk pada masyarakat yang kompleks dicirkan dengan praktik pertanian,hasil karya dan pemukiman.

Secara umum, pengertian peradaban adalah bagian dari kebudayaan yang tinggi, halus, indah, dan maju.

Peradaban adalah kumpulan suatu identitas terluas dari seluruh hasil budidaya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia baik fisik seperti bangunan, jalan, maupun non fisik seperti nilai-nilai, tatanan, seni budaya ataupun iptek, yang teridentifikasi melalui unsur obyektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diri yang subjektif.

Istilah peradaban sering digunakan untuk bisa menunjukan pendapat dan penilaian pada perkembangan kebudayaan yang mana pada saat perkembangan kebudayaan tersebut mencapai titik tertinggi yang berwujud unsur budaya yang halus, tinggi, indah, sopan, luhur dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban yang tinggi.

Peradaban merupakan suatu identitas terluas dari budaya yang teridentifikasi melalui unsur objektif umum, seperti bahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, ataupun melalui identifikasi diri yang subjektif.

Peradaban global adalah perkembangan budaya yang menjadi ciri khas dan milik suatu masyarakat secara menyeluruh. Ini merupakan perubahan dari masyarakat industri ke masyarakat informasi.

Peradaban islam adalah suatu disiplin ilmu yang membahas tentang perkembangan kehidupan politik, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesenian umat Islam diberbagai kawasan konsentrasi umat Islam dalam rentangan waktu sejak masa Nabi Muhammad saw hingga masa sekarang ini.

Peradaban mesopotamia adalah peradaban tertua di dunia yang terletak di dua sungai besar yakni Sungai Euphrat dan Tigris (sekarang Irak). Perradaban ini ditandai dengan kehidupan bertani (agraris).

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Peradaban adalah kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir batin atau hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa.

Albion Small

Peradaban adalah kemampuan manusia didalam mengendalikan dorongan dasar kemanusiaannya untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Sementara itu, kebudayaan mengacu pada kemampuan manusia dalam mengendalikan alam dengan melalui ilmu pengetahuan serta teknologi. Menurutnya, peradaban berhubungan dengan adanya perbaikan yang bersifat kualitatif serta menyangkut kondisi batin manusia, sedangkan kebudayaan mengacu pada sesuatu yang bersifat material, faktual, relefan, serta konkret.

Bierens De Hann

Peradaban adalah keseluruhan kehidupan sosial,ekonomi,politik dan juga teknik. Jadi, peradaban tersebut memiliki kegunaan praktis dalam hubungan kemasyarakatan.

Arnold Toynbee

Peradaban adalah suatu kebudayaan yang sudah mencapai taraf perkembangan teknologi yang lebih tinggi. Selkain itu, di juga menyatakan bahwa peradaban adalah kumpulan seluruh hasil budidaya manusia, yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik fisik seperti bangunan, jalan) ataupun non-fisik (seperti nilai, tatanan, seni budaya ataupun iptek).

Huntington

Peradaban adalah suatu identitas terluas dari budaya, yang teridentifikasi dengan melalui dalam unsur-unsur obyektif umum seperti bahasa, agama,sejarah, institusi,kebiasaan ataupun melalui identifikasi diri yang subyektif.

Baca Juga : Masyarakat Multikultural

Oswald Spengler

Peradaban adalah tingkat kebudayaan pada saat sudah mencapai taraf tinggi serta kompleks. Selain itu, ia mengemukakan pendapat lain bahwa peradapan adalah tingkat kebudayaan saat tidak lagi memiliki aspek produktif, beku dan mengkristal.

Alfred Weber

Peradaban mengacu pada pengetahuan praktik serta intelektual juga sekumpulan cara yang bersifat teknis yang difungsikan untuk mengendalikan alam.

Kebudayaan tersebut terdiri atas serangkaian nilai, prinsip, normatif, dan juga ide yang bersifat unik. Aspek peradaban tersebut lebih bersifat kumulatif dan lebih siap untuk disebar, lebih rentan terhadap suatu penilaian, serta lebih berkembang dibandingkan dengan aspek kebudayaan. Peradaban bersifat impersonal dan juga objektif, sedangkan kebudayaan tersebut bersifat personal, subjektif dan unik.

Prof Dr. Koentjaraningrat

Peradaban adalah bagian yang halus juga indah layaknya seni. Masyarakat dengan kebudayaan yang maju berarti memiliki peradaban yang tinggi.

Anne Ahira

Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami kemajuan yang tinggi.

Sejarah Peradaban

Peradaban awal muncul pertama kali di Mesopotamia Hulu (3500 SM), diikuti dengan peradaban Mesir di sepanjang sungai Nil (3300 SM) dan peradaban Harappa di lembah sungai Indus (kini wilayah Pakistan; 3300 SM). Masyarakat tersebut mengembangkan sejumlah karakteristik yang sama, seperti pemerintahan pusat, struktur sosial dan perekonomian yang kompleks, sistem tulisan dan bahasa yang canggih, agama dan budaya yang khas. Aksara menjadi perkembangan penting lainnya dalam perkembangan sejarah manusia, karena mendukung administrasi kota dan membuat pengungkapan gagasan menjadi lebih mudah.

Pada saat itu, untuk mendeskripsikan sejarah peradaban kuno yang efektif di dunia dikenal sistem tiga zaman yaitu Zaman Batu, Zaman Perunggu, Zaman Besi. Selama masa tersebut, di kawasan tersubur berdiri negara kota dan dan peradaban awal mulai berkembang di beberapa bagian dunia. Peradaban-peradaban tersebut terpusat pada lembah sungai yang subur seperti sungai Tigris dan Efrat di Mesopotamia, sungai Nil di Mesir, sungai Indus di Asia Selatan, dan Yangtze serta sungai Kuning di Tiongkok. Pada masa itu, peradaban yang berada di kawasan sungai merupakan peradaban kuat karena air dibutuhkan untuk membangun suatu masyarakat agraris. Selain itu juga, transportasi difasilitasi oleh jalur air baik melalui sungai atau laut.

Menurut Alvin Toffler dalam bukunya yang berjudul “The Third Wave (1981)”, sampai saat ini ada tiga gelombang peradaban umat manusia, diantaranya yaitu:

  • Gelombang I, peradaban teknologi pertanian (800 SM-1500 M)
  • Gelombang II, peradaban teknologi industri (1500 M-1970 M)
  • Gelombang III, peradaban informasi (1970 M-sekarang)

Ciri-Ciri Peradaban

Ciri atau karakteristik dari peradaban diantaranya yaitu:

  • Pembangunan kota-kota baru dengan tata ruang yang lebih baik, indah, serta modern
  • Sistem pemerintahan yang baik disebabkan karena adanya hukum dan peraturan.
  • Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang lebih maju seperti astronomi, bentuk tulisan, arsitektur, ilmu ukur dan lain sebagainya.
  • Masyarakat dalam berbagai jenis pekerjaan, keahlian, serta juga strata sosial yang lebih kompleks.

Wujud Peradaban

Menurut Koentjaraningrat, wujud peradaban diantaranya yaitu:

  • Moral adalah nilai yang berhubungan dengan kesusilaan dalam masyarakat.
  • Norma adalah aturan, ukuran, atau pedoman untuk menentukan benar, salah, baik, dan buruk sesuatu.
  • Etika adalah nilai norma moral atau sopan santun dalam mengatur tingkah laku manusia.
  • Estetik adalah keindahan yang mencakup kesatuan, keselarasan dan kebaikan dalam segala sesuatu.

Perbedaan Peradaban dan Kebudayaan

Kebudayaan adalah sesuatu yang sedang menjadi (it becomes), sedangkan peradaban adalah sesuatu yang sudah selesai (it has been). Contoh peradaban adalah bangunan-bangunan monumental seperti Borobudur, Piramida, Tembok Besar Cina, san berbagai hal monumental lain. Sedangkan, contoh kebudayaan antara lain makanan dan minuman, pakaian, dan berbagai hal yang masih memiliki kecenderungan untuk terus berkembang.

Peradaban (hadharah, civilization) berakar pada ide tentang kota. Kemajuan material (ilmu dan teknologi), aspek kehalusan, penataan sosial dan aspek kemajuan. Sedangkan, kebudayaan (culture, tsaqafah) berakar pada ide mengenai nilai, tujuan, pemikiran yang ditransmisikan melalui ilmu, seni dan agama.

Baca Juga : Masyarakat Majemuk

Contoh Peradaban

Berikut ini beberapa contoh peradaban yang terjadi di dunia, diantaranya:

Peradaban Yunani

Peradaban kuno dimulai pada periode Yunani Arkais di abad 8-6 SM, kemudian berakhor di zaman kuno dan dimulainya abad pertengahan awal hingga pada periode Yunani Klasik mencapai puncaknya.

Peradaban Yunani mempengaruhi bangunan di Indonesia, seperti museum dan gedung pemerintahan. Selain itu, Indonesia juga menganut paham demokrasi yang dipengaruhi oleh negara polis, seperti Athena.

Tradisi tukar cincin dalam pernikahan di Indonesia juga merupakan pengaruh dari peradaban Yunani.

Peradaban Romawi Kuno

Romawi Kuno merupakan peradaban yang tumbuh dari negara kota Roma yang didirikan di Semenanjung Italia sekitar abad ke-8 (753) SM. Beberapa pengaruh peradaban Romawi terhadap peradaban Indonesia adalah perayaan tahun baru dimana di Romawi merupakan upacara penyembahan terhadap Dewa Janus. Selain itu, penetapan hari minggu sebagai hari libur ternyata merupakan hari persembahan dewa matahari dalam masyarakat romawi.

Peradaban Mesir Kuno

Peradaban ini merupakan peradaban yang terjadi dibagian timur laut afrika dengan pusat di sepanjang hilir sungai nil.

Pengaruh peradaban mesir diantaranya tulisan latin; ajaran Islam dari Mesir yang diketahui dari tulisan Ibnu Batuttah yang menceritakan bahwa raja Samudra Pasai bermazhab Syafii di Mekah, dan memperoleh gelar Al-Malik; dan pembangunan Candi Borobudur yang terinspirasi dari pembangunan piramida di Mesir.

Peradaban Sungai Mekhong

Pengaruh peradaban sungai mekhong pada peradaban masyarakat Indonesia yaitu pada zaman Mesolithikum adalah adanya kapak Sumatra pada ras Papua Melanosoid; zaman Neolithikum dengan adanya persebaran kapak persegi oleh ras Melayu Austronesia; dan persebaran kapak lonjong oleh ras Papua Melanesoid.

Baca Juga : Integrasi Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian peradaban menurut para ahli, ciri, unsur, sejarah, contoh, perbedaan kebudayaan dan peradaban secara lengkap. Semoga bermanfaat