Pengertian Komunitas : Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh Komunitas

Posted on

Pengertian Komunitas – Apa yanga dimaksud dengan komunitas? Apa tujuan dari komunitas? Sebutkan contoh bentuk komunitas!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian komunitas menurut para ahli, tujuan, manfaat, jenis dan contoh komunitas secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Ekosistem

Pengertian Komunitas

Secara bahasa, komunitas berasal dari bahasa Latin “Communitas” yang berarti kesamaan, kemudian diturunkan dari kata communis yang artinya sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak.

Komunitas adalah suatu kelompok sosial dari sejumlah organisme yang berbagi lingkungan, biasanya mempunyai kesamaan ketertarikan dan habitat.

Komunitas merupakan kelompok sosial dalam masyarakat yang tersusun dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan mempunyai kesamaan ketertarikan dan habitat.

Komunitas juga dapat diartikan sebagai kelompok dalam masyarakat dengan ciri khas anggota yang memiliki kesamaan kriteria sosial. Terbentuknya suatu komunitas akibat adanya keinginan anggota untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah disepakati bersama. Tujuan komunitas adalah untuk saling memberikan bantuan antar anggota sehingga bisa berkembang bersama.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Spradley (1985)

Komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting hidupnya.

Koentjaraningrat (1990)

Komunitas diartikan sebagai suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan berinteraksi menurut sistem adat istiadat serta terikat rasa identitas dalam komunitas.

Sounders (1991)

Komunitas yaitu tempat/kumpulan orang atau sistem sosial.

Wahit (2005)

Komunitas merupakan sekelompok individu yang tinggal diwilayah tertentu, mempunyai nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.

Kertajaya Hermawan

Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

Hendro Puspito

Komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Komunitas adalah suatu kelompok sosial atau sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

Baca Juga : Pengertian Bioma

Soenarno

Komunitas adalah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

Christensson dan Robinson

Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya.

Etienne Wenger

Komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya.

Tujuan dan Manfaat Komunitas

Tujuan dibentuknya komunitas adalah untuk dapat saling membantu satu sama lain dalam menghasilkan sesuatu. Sedangkan manfaat komunitas bagi para anggotanya diantaranya yaitu :

  • Sebagai sarana informasi, dimana penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Misalnya komunitas pecinta bunga hias, maka segala informasi yang berkaitan dengan bunga hias akan sangat cepat menyebar dalam komunitas tersebut.
  • Sebagai sarana untuk menjalin hubungan. Dengan adanya komunitas maka antar sesama anggota bisa menjalin relasi yang lebih baik satu sama lain.
  • Sebagai sarana saling mendukung, karena adanya kesamaan minat pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga bisa membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Jenis-Jenis Komunitas

Secara umum, terdapat tiga macam komunitas, diantaranya:

Komunitas Berdasarkan Minat

Komunitas berdasarkan minat adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan para anggotanya. Biasanya komunitas yang terbentuk berdasarkan minat jumlah anggotanya akan besar karena komunitas tersebut bisa mendukung minat atau hobi mereka.

Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas berdasarkan lokasi adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Pada umumnya komunitas berdasarkan lokasi ini terbentuk karena adanya keinginan untuk saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi yang dapat membantu perkembangan lingkungannya.

Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas berdasarkan komuni adalah suatu komunitas yang terbentuk karena adanya keinginan dan kepentingan bersama. Dengan kata lain, komunitas ini terbentuk atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat

Selain itu, ada dua macam komunitas yang lain, diantaranya:

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial

Komunitas Akuatik

Ini merupakan komunitas yang ada di perairan seperti laut, danau, sungai, kolam, ataupun parit.

Komunitas Terestrial

Merupakan komunitas yang terdiri dari kelompok organisme yang ada di daratan seperti pekarangan, gurun atau yang lain sebagainya.

Contoh Komunitas

Berikut beberapa contoh komunitas diantaranya:

Komunitas Seni

Komunitas seni terbentuk karena adanya ketertarikan di bidang seni seperti seni musik, tari, lukis, dan lainnya. Komunitas ini dapat digunakan sebagai media menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang seni.

Komunitas Blogger

Komunitas ini muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia blogging. Biasanya, anggotanya terdiri dari orang-orang yang aktif di dunia maya dan saling mendukun baik dalam hal teknis maupun non teknis di bidang blogging.

Komunitas Sosial

Komunitas ini terbentuk karena adanya keinginan yang sama antar anggota yang ingin memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.

Komunitas Ekosistem

Komunitas ini bertujuan menata lingkungan sehingga terbentuk ekosistem yang baik. Contohnya seperti komunitas pecinta alam.

Komunitas Hewan

Komunitas ini muncul karena adanya kesamaan hobi terhadap hewan, contohnya seperti komunitas pecinta kucing.

Baca Juga : Pengertian Realitas Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang tentang pengertian komunitas menurut para ahli, tujuan, manfaat dan contoh komunitas secara lengkap. Semoga bermanfaat