Kormophyta Berbiji (Spermatophyta) Serta Mengenal Ciri-ciri Dan Klasifikasi Gymnospermae

Posted on

Dunia tumbuh-tumbuhan dikenal sebagai kingdom Plantae. Anggota kingdom Plantae meliputi Kormophyta, yaitu kelompok tumbuhan yang sudah dapat dibedakan dengan jelas akar, batang, dan daunnya. Kormophyta dibedakan menjadi dua berdasarkan cara perkembangbiakannya, yaitu Kormophyta berspora dan Kormophyta berbiji. Lumut (Bryophyta) dan paku-pakuan (Pteridophyta) termasuk Kormophyta berspora. Adapun kelompok Kormophyta berbiji disebut juga Spermatophyta. Setelah kita bahas tuntas mengenai Kormophyta berspora kali ini kita bahas Kormophyta berbiji yang disebut juga Spermatophyta.

kormophyta berbiji

Dunia tumbuhan dapat dipelajari jika Anda telah memahami ciri-ciri tumbuhan dan klasifikasi makhluk hidup.

Kormophyta Berbiji (Spermatophyta)

Pernahkah Anda mengamati tumbuhan yang ada di sekitar Anda? Coba perhatikan bentuk tumbuhan tersebut! Kemudian, perhatikan bentuk daun, bunga, dan batangnya!

Semua tumbuhan yang terdapat di sekitar kita sebagian besar merupakan kelompok Spermatophyta. Ciri utamanya ialah memiliki akar, batang, dan daun yang sesungguhnya. Biji merupakan alat perkembangbiakan yang utama pada kelompok tumbuhan ini. Oleh karena itu, tumbuhan dengan ciri-ciri seperti itu dikelompokkan dalam kormophyta berbiji (Spermatophyta).

Spermatophyta meliputi Angiospermae yang merupakan tumbuhan berbiji tertutup dan Gymnospermae yang merupakan tumbuhan berbiji terbuka. Agar lebih jelas, kali ini kita bahas tentang Gymnospermae.

Gymnospermae

Pernahkah Anda makan emping belinjo? Benarkah tanaman belinjo memiliki bunga? Belinjo adalah tanaman yang termasuk dalam kelompok Gymnospermae.

Ciri-Ciri Gymnospermae

Gymnospermae merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki biji terbuka, artinya biji tidak diliputi oleh daging buah (endosperma). Batangnya tegak lurus dengan tipe percabangan monopodia). Tipe percabangan monopodial adalah tipe percabangan dengan batang pokok tampak jelas karena lebih besar dan lebih panjang daripada ukuran cabang-cabangnya. Batang Gymnospermae berkambium dan selalu mengadakan pertumbuhan sekunder (menebal). Berkas pengangkutmtt kolateral terbuka. Akar Gymnospermae berkambium dam berupa akar tunggang. Sistem pertulangan daun pada kelompok tumbuhan Gymnospermae tidak banyak ragamnya. Bungi sesungguhnya belum ada.

Bakal biji terdapat dalam badan-badan serupa makrosporo- tumbuhan paku heterosfor yang disebut daun buah. Serbuk sari terdapat pada badan-badan lain serupa mikrosporofil tumbuhan paku heterosfor. Daun buah dan daun penghasil serbuk berada pada bagian terpisah. Masing-masing daun buah tersebut terkumpul dalam badan-badan yang berbentuk kerucut,disebut strobilus. Strobilus yang mengandung bakal biji disebut Strobilus betina. Adapun strobilus penghasil serbuk sari disebut strobilus jantan. Secara morfologi, strobilus jantan berbeda dari strobilus betina. Ukuran strobilus betina lebih besar daripada strobilus jantan.

Klasifikasi Gymnospermae

Tumbuhan yang termasuk Gymnospermae diklasifikasikan sebagai berikut.

loading...
Kelas 1. Pteridospermae (Paku Biji)
Ordo Caytoniales : telah punah, hidup pada zaman Mesozoikum (Trias dan Kapur)
Kelas 2. Cycadinae : : muncul pada akhir zaman Palaeo- zoikum, tumbuhan serupa palern, berkayu, sedikit yang bercabang, penebalan sekunder

familia: Cycadaceae

Genus: Cycas

spesies: Cycas rumphii: dapat bersimbiosis dengan Anabaena dan mampu mengikat nitrogen dari udara

kelas 3. Bennettitinae: sudah punah

familia : Bennettitaceae: tumbuhan berkayu, batang pendek seperti umbi, hidup pada zaman Palaeozoikum teru- tama tersier dalam Trias atas dan pertengahan zaman Kapur

Kelas 4. Cirdaitinae :hidup dalam zaman Karbon dan Perm, telah punah, umumnya be¬rupa pohon yang tinggi dan berca- bang-cabang

familia :Cordaitaceae

spesies :Cordaianthus pseudofluitans

kelas 5.Ginkgoinae: hidup pada zaman Mesozoikum dan Tersier
Ordo Ginkgoales

familia :Ginkgoaceae

spesies: Ginkgo biloba

Kelas 6. Coniferae = Coniferinae :berupa pohon dengan tajuk berbentuk kerucut, daun kebanyakan berbentuk jarum atau disebut juga pohon jarum
Ordo Pinales

familia : Pinaceae

spesies : Pinus silvestris, P. merkusii: meng-hasilkan zat terpenting

Kelas 7. Gnetinae
ordo : Gnetales

familia : gnetaceae

spesies : gnetum gnemon (belinjo)

 

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Kormophyta Berbiji (Spermatophyta) Serta Mengenal Ciri-ciri Dan Klasifikasi Gymnospermae. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Pengertian, Ciri-Ciri, Perkembangbiakan, Klasifikasi dan Manfaat Lumut (Bryophyta)

Manfaat Dan Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen, Jenis dan Ekosistem Terlengkap

Pengertian, Tipe Mikoriza Dan Linchens (Lumut Kerak)

Struktur Dan Bentuk Jamur Berdasarkan Reproduksi Seksualnya

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Bentuk Reproduksi Jamur