300 Lebih Nama Nama Suku Bangsa di 34 Provinsi di Indonesia

Posted on

Mengenal 300 Lebih Nama Nama Suku Bangsa di 34 Provinsi di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan berbagai macam suku dan budayanya. Bhineka Tunggal Ika , merupakan julukan untuk negara kita tercinta Indonesia yang bermakna berbeda-beda tapi satu jua. Perbedaan itulah yang menjadi faktor pemersatu Negeri ini. Indonesia adalah negara dengan kepulauan luas terbentang antara Sabang dan Merauke. Tidak hanya itu Indonesia juga dikenal dengan keanekaragaman hayati yang dimilikinya, dari kekayaan sumberdaya alamnya serta kekayaan adat dan budayanya.

Terdapat lebih dari 300 suku bangsa di Negara Indonesia. Atau lebih tepatnya terdapat sekitar 1.340 suku banga Indonesia menurut sensus BPS pada tahun 2010. Dari keseluruhan jumlah populasi yang ada, 41% populasinya merupakan keturunan dari suku Jawa. Kebanyakan suku jawa tinggal dan berkumpul di pulau Jawa, akan tetapi jutaan jiwa telah bertransmigrasi dan tersebar ke berbagai pulau di Nusantara seperti di Sumatera dan Kalimantan bahkan ada pula yang bermigrasi keluar negeri seperti di Malaysia dan Suriname. Seku terbesar kedua yaitu Suku Sunda, suku Melayu, dan suku Madura adalah kelompok terbesar berikutnya di negara ini. Dan masih terdapat pula suku-suku di pulau terpencil lainnya seperti di Kalimantan dan Papua.

suku-bangsa

Berikut ini merupakan tabel nama-nama suku di 34 Provinsi yang ada di Indonesia

[table “29” not found /]

Berbagai kawasan di Indonesia memiliki suku asli atau suku pribumi yang menghuni tanah leluhurnya sejak dahulu kala. Akan tetapi karena arus perpindahan penduduk yang didorong budaya merantau, atau program transmigrasi yang digalakkan pemerintah, banyak tempat di Indonesia dihuni oleh suku bangsa pendatang yang tinggal di luar kawasan tradisional sukunya.

loading...

Itulah daftar nama-nama suku di Indonesia. Sekian semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.