Pengertian, Penyebab, Akibat, Efek dan Cara Pencegahan Global Warming

Posted on

Pengertian, Penyebab, Akibat, Efek dan Cara Pencegahan Global Warming

Global Warming sudah menjadi pokok pembahasan yang kita sering dengar di berita maupun kita alami. Globar warming atau pemanasan global yaitu meningkatnya temperatur rata-rata yang ada di Bumi, Lau dan armosfer di muka bumi. terjadinya global warming sedah tentu memiliki akibat yang sangat tinggi untuk kehidupan di bumi, seperti intensitas cuaca ekstrim dan naiknya permukaan air laut. Terdapat banyak sekali akibat dari Global Warming, yang ditandai dengan banyaknya hewan-hewan yang tiba-tiba mati dan punah, global warming juga berakibat buruk dalam berbagai hasil pertanian dan menghilangnya gletser. Dengan banyaknya dampak buruk yang diakibatnya karena global warming, saat ini banyak negara sudah mulai mengambil tindakan mengurangi kasus ini dengan cara mereduksi emisi gas dari efek rumah kaca.

global warming

Dari penjelasan diatas pengertian Global Warming yaitu naiknya suhu di dalam bumi yang diakibatkan meningkatnya produksi atau emisi gas dari efek rumah kaca yang ber imbas pada lingkungan yang ada disekitar bumi. Namun terdapat beberapa penyebab Global Warming lainnya yang sudah lama menjadi topik pembahasan diseluruh dunia. Antara lain.

Penyebab Terjadinya Global Warming

1. Efek Rumah Kaca

Sudah kita ketahui bahwa matahari merupakan penyuplai energi terbesar untuk bumi sebagai sumber energi. Energi yang berasal dari matahari berupa radiasi dari gelombang pendek, seperti cahaya yang tampak. Saat matahati menyentuh permukaan bumi, maka cahaya diubah menjadi panas yang bertujuan menghangatkan bumi. Sementara permukaan bumi akan menyerap sebagian kalor atau panas dalam sinar matahari, sedangkan sisanya akan dipantulkan kembali. Sedangkan rumah kaca membuat sebagian panas matahari terperangkap dalam atmosfer, inilah yang menyebabkan tum[ukan gas-gas rumah kaca, Seperti karbon dioksida, metana , uap air, dan sulfur oksida. Gas-gas kaca inilah yang berperan dalam peningkatan suhu setiap tahun dibumi.

2. Efek Umpan Balik

Penyebab lainnya terjadinya global warming lainnya yatu efek umpan bali, seperti penguapan air. Ketika terjaid pemanasan yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gas rumah kaca dalam bumi seperti karbon dioksida ini, maka akan terjadi penguapan air de dalam atmosfer. Namun, karena H2O atau uap air termasuk gas rumah kaca, maka pemanasan akan semakin berlanjut terus menerus.

3. Variasi Matahari

Penyebab lainnya adalah variasi matahari. Variasi matahari dapat menjadi penyebab pemanasan global karena variasi tersebut terjai karena akibat uman balik yang terjadi di awan sehingga bisa memberikan peranan pada terjadinya global warming.

4. Polusi Karbon Dioksida

Polusi tersebut berasal dari pembangkit listrik bahan bakar fosil. Saat ini manusia mejadi ketergantungan pada listrik dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil yang mengakibatkan pula semakin meningkatnya pelepasan gas karbon dioksida sisa dari pembakaran ke atmosfer. Kebutuhan ini akan semakin terus meningkat setiap harinya. Seperti usaha pemakaian energi alternatif selain fosil yang harus segera di lakukan.

5. Polusi Karbondioksida

Selain penyebab di atas, kai ini penyebab lainnya sering juga kita lihat maupaun kita lakukan, yaitu polusi yang berasal pembakaran bensin sebagai alat transportasi. Untuk mengurangi polusi ini dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari setiap orang untuk beralih menggunakan kendaran umum, guna mengurangi polui yang disebabkan dari sisa pembakaran.

Akibat Terjadinya Global Warming

Pada awal pembahasan kita sudah sedikit menguraikan beberapa akibat atau efek yang di timbulkan dari adanya Global Warming. Untuk lebih jelasnya simak uraian sibawah ini.

loading...

1. Meningkatnya permukaan air laut.
Para ilmuan telah meprediksi peningkatan air laut diseluruh dunis yang disebabkan mencairnya dua lapisan es raksasa yaitu di antartika dan di Greenland. Dampak dari naiknya permukaan air laut akan sangat berbahaya bagi seluruh Negara di Dunia. Dampak kecil dari hal tersebut adalah akan ada banyak pulau yang tenggelam.

2. Meningkatnya intensitas terjadinya badai.
Tingkat terjadinya badai meningkat karena kecepatan angin juga meningkat yang dapat memicu terjadinya badai yang kuat. Hal tersebut didukung dengan bukti-bukti yang sudah ditemukan oleh para ilmuan pemanasan global, yang menyatakan secara signifikan hal tersebut akan menyebabkan terjadinya kenaikan temperature suhu udara dan lautan.

3. Menurunnya produksi pertanian.
Akibat lain yang terjadi karena global warming adalah menurunnya produksi pangan hasil pertanian, karena perubahan iklim, tanah dan cuaca yang kurang kondusif bagi tanaman

4. Ekosistem Hancur
Akibat dari perubahan iklim yang terjadi akibat global warming akan menghancurkan ekosistem yang telah ada. Akan ada banyak hewan maupun tumbuhan yang mati akibat efek dari pemanasan global ini. Dan masih banyak akibat dan efek yang terjadi karena global warming lainnya.

Pencegahan Global Warming

Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau mengatasi global warming, antara lain:

  • Hemat Listrik, jangan menyalakan lampu disiang hari
  • Jangan menebang pohon sembarangan
  • Kurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan menggunakan angkutan umum.
  • Lakukan penanaman pohon
  • Buang sampah pada tempatnya
  • Dan contoh cara pencegahan lainnya

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian, Penyebab, Akibat, Efek dan Cara Pencegahan Global Warming. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.