Pengertian Konsep dan Unsur Unsur Konsep Menurut Ahli Terlengkap

Posted on

Penjelasan Terlengkap Tentang Definisi Konsep dan Unsur Unsur dalam Konsep Menurut Para Ahli

Kali ini Pelajaransekolahonline akan membahas mengenai konsep.Menurut istilah KOnsep berasal dari bahasa latin “Conceptum” yang berarti sesuatu yang dipahami. secara garis besar konsep merupakan gambaran atau abstraksi ide yang dinyatakan dengan kata maupun simbol.

Terdapat banyak pendapat yang mengartikan pengertian dari konsep tergantung dari sudut pandangnya. Seperti arti konsep sebagai bagian dari pengertian yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Pengertian konsep lainnya adalah sebagai absatraksi dari suatu ciri yang digunakan untuk mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir.

Untuk menambah ilmu pengetahuan anda, berikut ini merupakan beberapa pendapat yang dikemukakan para ahli tentang definisi konsep.

Pengertian Menurut Ahli

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles dalam bukunya “The classical theory of concepts” , menyatakan bahwa konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

2. Singarimbun dan Effendi (2009)
Menurutnya konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan barbagai fenomena yang sama.” Konsep merupakan suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan. Dalam merumuskan kita harus dapat menjelaskannya sesuai dengan maksud kita memakainya.

3. Soedjadi (2000:14)
Menurutnya konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata.

4. Bahri (2008:30)
Menurutnya konsep adalah satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang memiliki konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap Konsep Adalah? Apa Itu Konsep? Ini Penjelasan Mengenai Arti Konsep objek-objek yang dihadapi, sehingga objek-objek ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep sendiri pun dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata (lambang bahasa).

5. Woodruf
Menurut Woodruf konsep adalah gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).

Unsur-Unsur Konsep

  1. Nama – merupakan konsep yangt mewakili kata tunggal untuk mempresentasikan ide atau gagasan
  2. Contoh positif dan negatif – Digunakan untuk menganalisis dan membandingkan contoh-contoh positif atau negatif beserta karakteristinya.
  3. Karakteristik pokok – Dalam karakteristik pokok digunakan untuk menciptakan dan menentukan suatu contoh yang termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep.
  4. Rentang karakteristik – Sebuah konsep yang berhubungan dengan konsep lainnya dan memiliki rentang karakteristik yang membatasi konsep tersebut. Terdapat 3 hal terkait dengan rentangan karakteristik, yaitu :
    • Super ordinat (konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas)
    • Koordinat (konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan lainnya)
    • Subordinat (sub kategori atau bagian kecil dari suatu konsep)
  5. Kaidah

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Konsep dan Unsur Unsur Konsep Menurut Ahli  semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.