Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Manusia dengan Penjelasan Terlengkap

Posted on

Penjelasan Terlengkap Mengenai Fungsi-Fungsi Ginjal dalam Tubuh Manusia

Ginjal merupakan salah satu bagian dari sistem ekkresi pada manusia. Ginjal terletak di dekat bagian tengah punggung, berada tepat di bawah tulang rusuk. Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting seperti fungsi organ tubuh lainnya.

Ginjal terdiri dari satu pasang, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Tiap-tiap ginjal memiliki ukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan yang mengandung sekitar satu juta nefron yaitu saringan darah yang sangat kecil.

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, ginjal membantu dalam menjaga tekanan darah agar normal dan membuat sel-sel darah merah hingga menjaga tulang yang kuat. Selain itu ginjal memiliki fungsi penting lainnya. Berikut ini merupakan fungsi-fungsi ginjal dalam tubuh Manusia.

Fungsi Ginjal

1. Menyaring Darah
Semua darah dalam tubuh selalu melewati ginjal beberapa kali sehari. Ketika ginjal sedang bekerja menyaring darah, urine akan tercipta dari zat sisa dan kelebihan cairan di dalam tubuh. Urine kemudian di alirkan melalui ureter lalu akan dibawa ke kandung kemih setelah itu dibuang sebagai air seni.

2. Menyaring dan Membuang Zat-Zat Beracun
Ginjal berfungsi untuk menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, dan urea (limbah yang mengandung nitrogen yang diproduksi saar metabolisme selesai). Urea yang terbentuk dalam hati akan di angkut melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Jadi, jika manusia tidak memiliki ginjal maka limbah dan racun akan menumpuk dalam darah.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Ginjal berfungsi juga unutk memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, serta memastikan bahwa jaringan tubuh menerima air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Ginjal selalu berreaksi terhadap perubahan level air dalam tubuh setiap harinya, hal ini terjadi karena ginjal merupakan kunci dalam pemecahan kimia urine. Ketika asupan dalam tubuh berkurang, ginjal akan menyesuaikan diri dengan menyimpan sisa air dalam tubuh, tidak membuangnya.

4. Menjaga tekanan darah
Ginjal berfungsi untuk menjaga tekanan darah dengan memproduksi enzim renin. Untuk meghasilkan enzim renin dan angiostensin, dua hormon pada ginjal harus selalu sehat. Fungsi hormon tersebut yaitu untuk mengatur berapa banyak garam dan cairan dalam tubuh, serta pembuluh darah akan meregang dan berkontaksi. Dengan begitu akan membantu dalam mengontrol tekanan dalam darah.

5. Memproduksi sel darah merah
Pada ginjal yang normal akan menghasilkan hormon lain yang disebut dengan Eritroietin, yaitu hormon yang merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah merah.

6. Mengatur keseimbangan asam-basa (pH) dalam darah dan cairan tubuh
Agar tubuh dapat berfungsi dengan normal, fungsi ginjal tersebut sangat diperlukan. Karena Asam dalam tubuh dapat meningkat atau dinetralisir karena makanan yang dikomsumsi.

7. Menjaga tulang
Ginjal yang baik juga menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D yang dibutuhkan untuk menjada kesehatan tulang dan untuk menjaga keseimbangan zat kimia dalam tubuh.

8. Mengatur kadar kalium dalam darah
Kalium (K) merupakan mineral yang berfungsi untuk membuat semua sel, jaringan dan organ dalam tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik. Kalium memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, jika kadar kalium dalam tubuh berlebih maka akan terjadi hiperkalemia yang menyebabkan otot jantung berhenti berdetak atau berdetak tidak beraturan. Sedangkan jika kadar kalium kurang maka tubuh akan merasa kelelahan, kulit kering, lemah otot dan gerak refleks menjadi lambat. Karena itulah ginjal menjadi sangat penting untuk mengatur kadar kalium di dalam darah dengan cara membuang atau menyerap kembali kalium yang masuk ke dalam nefron.

loading...

9. Mengeluarkan Zat-Zat yang merugikan bagi tubuh
Ginjal akan mengeluarkan zat-zat yang merugikan bagi tubuh, seperti Urea, asam urat, amoniak. creatini, garam anorganik, bakteri dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut diseimpan dalam tubuh maka zat tersebut akan menjadi racun dan membahayakan kesehatan dalam tubuh.

10. Mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah
Salah satu fungsi ginjal dalam mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah yaitu dengan mengatur kadar garam didalam darah.

11. Mengendalikan Kadar gula dalam darah
Hormon Insulin dan Adrenalin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur kelebihan atau kekurangan gula dalam darah. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari diabetes. Insulin berfungsi sebagai hormon untuk menurunkan kadar gula jika kadar darah dalam tubuh melebihi batas normal, sedangkan hormon Adrenalin berfungsi untuk menaikkan kadar gula dalam darah jika kadar gula didalam darah tidak mencukupi batas normal.

12. Menjaga tekanan Osmosis
Ginjal juga berfungsi untuk menjaga tekanan Osmosis dengan mengatur keseimbangan garam dalam tubuh.

13. Menghasilkan Zat dan Hormon
Ginjal merupakan organ penghasil zat atau hormon , seperti eritropoietin, kalsitriol, dan renin. eritropoietin merupakan hormon yang berfungsi untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang. Kalsitrol berfungsi untuk membentuk vitamin D yang berguna untuk menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh dan mempertahankan kalsium dalam tulang. Sedangkan Renin berfungsi untuk mengatur tekanan darah daram tubuh.

14. Menjaga pH darah
Ginjal berfungsi juga untuk menjaga pH darah agar tidak terlalu asam. Ginjal berkerja dengan mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Dan akibatkan urine yang dihasilkan bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan mengenai  Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Manusia .  Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi para pembaca. Baca artikel lainnya.