11 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli, Syarat, Ciri-Ciri, Macam-Macam Kelompok Sosial Lengkap

Posted on

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli, Syarat, Ciri-Ciri, Macam-Macam Kelompok Sosial dan Contoh Lengkap Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang mempunyai kessadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok ini diciptakan oleh anggota masyarakat, kelompok ini juga dapat mempengaruhiperilaku anggotanya.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

George Homans

Menurut George Homans, Kelompok Sosial adalah suatu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubugan dengan timbal balik.

Hendropuspito

Menurut Hendropuspito, Kelompok Sosial adalah suatu kumpulan nyata dan teratur dari individu yang melaksanakan perannya secara berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.

Willa Huky

Menurut Willa Huky, Kelompok Sosial adalah suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi dan berinteraksi.

Joseph S.Roucek

Menurut Joseph S.Roucek, Kelompok Sosial adalah suatu kelompok yang meliputi dua manusia atau lebih yang diantara mereka terdapat pola interaksi yang dapat dipahami oleh orang lain atau anggotanya dengan keseluruhan.

Giddens

Menurut Giddens, Kelompok Sosial adalah sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain secara teratur.

Johnson

Menurut Johnson, Kelompok Sosial adalah dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dengan cara yang terpola sebagai sebuah kelompok mereka sendiri danorang lain.

Mac Iver Dan Charles H.Page

Menurut Mac Iver Dan Charles H.Page, Kelompok Sosial adalah satu kesatuan atau himpunan manusia yang hidup bersama karena adanya interaksi antara mereka.

Robert K.Merton

Menurut Robert K.Merton, Kelompok Sosial adalah sejumlah orang yang saling berinteraksi yang sesuai dengan pola yang telah mapan.

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, Kelompok Sosial adalah satu kesatuan atau himpunan manusia yang saling berhubungan diantara mereka dengan adanay timbal balik dan saling memengaruhi.

Roland Freedman Cs

Menurut Roland Freedman Cs, Kelompok Sosial adalah organisasi terdiri atas dua atau lebih individu yang tergantung oleh ikatan – ikatan suatu sistem ukuran – ukuran kelakuan yang diterima dan disetujui oleh semua anggotanya.

Sherif

Menurut Sherif, Kelompok Sosial adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri atas dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur, sehingga diantara individu itu sudah terdapat pembagian tugas, struktur dan norma-norma tertentu, yang khas bagi kesatuan sosial tersebut.

Syarat Kelompok Sosial

Berikut ini adalah syarat-syarat kelompok sosial:

  • Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang bersangkutan.
  • Adanya hubungan timbal balik antar anggota.
  • Adanya faktor pengikat seperti kesamaan ideologi, kepentingan dan nasib.
  • Bersistem dan berproses.
  • Mempunyai struktur, kaidah dan pola perilaku yang sama.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Adapun ciri-ciri kelompok sosial, antara lain:

  • Mempunyai struktur sosial, setiap anggotanya mempunyai status dan peran tertentu.
  • Mempunyai  norma yang mengatur hubungan antar anggotanya.
  • Mempunyai kepentingan bersama.
  • Adanya interaksi dan komunikasi antar anggotanya.

Macam-Macam Kelompok Sosial Dan Contoh

Berikut ini adalah macam-macam atau jenis-jenis kelompok sosial beserta contohnya.

Kelompok Statistik

Kelompok Statistik yakni kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contohnya  kelompok penduduk usia 15-20 tahun di sebuah kecamatan.

Kelompok Kemasyarakatan

Kelompok kemasyarakatan yakni kelompok yang memiliki persamaan tetapi tidak memiliki organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.

Kelompok Sosial

Kelompok sosial yakni kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contohnya  kelompok pertemuan, kerabat dan lainnya.

Kelompok Asosiasi

Kelompok asosiasi adalah kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal. Contohnya : Negara, sekolah dan lain sebagainya.

Berdasarkan jumlah anggota, sifat hubungan antaranggota, dan tujuannya, kelompok yang ada dalam masyarakat dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

Kelompok Primer

Kelompok primer adalah kelompok yang memiliki sedikit anggota, meskipun tidak setiap kelompok yang anggotanya sedikit merupakan kelompok primer. Hubungan antaranggota bersifat personal atau saling kenal secara pribadi dan mendalam, diwarnai oleh kerja sama, sering bertatap muka dalam waktu lama, sehingga terbangun keterlibatan perasaan yang dalam. Hubungan dalam kelompok primer bersifat informal, intim/akrab, personal, dan total. Contoh kelompok primer diantaranya : Keluarga, kelompok teman, sepermainan dan lain sebagainya.

Kelompok Sekunder

Kelompok sekunder adalah kelompok yang memiliki banyak anggota. Hubungan antaranggota bersifat impersonal atau tidak saling kenal secara pribadi, lebih diwarnai oleh kompetisi, jarang bertatap muka dalam waktu lama, sehingga tidak terbangun hubungan yang emosional. Hubungan dalam kelompok sekunder bersifat formal, impersonal, parsial, dan dilandaskan pada kemanfaatan kelompok semata. Atau dengan kata lain, hubungan dalam kelompok sekunder lebih bersifat fungsional artinya orang bukan dilihat dan segi siapanya melainkan lebih dilihat dan segi apa kegunaannya untuk pencapaian tujuan kelompok. Contoh kelompok sekunder antara lain: organisasi buruh, universitas, sekolah, dan lain sebagainya.

Berdasarkan cara pandang seseorang terhadap berbagai kelompok yang melingkupi hidupnya, kelompok dibedakan menjadi 2 yaitu: In-group dan out-group.

In-group

Semua kelompok di mana seseorang merasa menjadi anggota dan mengharapkan pengakuan, kesetiaan, dan pertolongan.

Out-group

Semua kelompok di mana seseorang merasa bukan sebagai anggota dan mungkin akan menunjukkan permusuhan, kompetisi damai, atau sekedar merasa berbeda.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 11 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli, Syarat, Ciri-Ciri, Macam-Macam Kelompok Sosial Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat.