Kepribadian

21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Terlengkap Kepribadian adalah suatu tingkah laku ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu. Selain pengertian kepribadian secara umum, ada banyak pengertian kepribadian menurut para ahli dan adapula faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Berikut selengkapnya:

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead, Kepribadian adalah tingkah laku manusia berkembang melalui perkembangan diri. Perkembangan kepribadian dalam diri seseorang berlangsung seumur hidup. Menurut George Herbert Mead, manusia akan berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyarakat.

Theodore R Newcombe

Menurut Theodore R Newcombe, Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Kepribadian adalah beberapa ciri watak yang diperlihatkan seseorang secara lahir, konsisten, dan konsukuen. Setiap manusia melakukan proses sosialisasi. Proses sosialisasi berlangsung selama manusia masih hidup didunia ini. Kepribadian seseorang individu dapat terbentuk dalam bertingkah laku, sehingga individu memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain.

Yinger

Menurut Yinger, Kepribadian adalah keseluruhan tingkah laku dari seseorang dengan suatu sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, Kepribadian adalah organisasi faktor-faktor sosiologis, psikologis, dan biologis yang didasari oleh perilaku individu.

M.A.W. Brower

Menurut M.A.W. Brower, Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial seorang individu yaitu meliputi keinginan, opini, dorongan, dan kekuatan, serta perilaku-perilaku seseorang.

Robert Sutherland

Menurut Robert Sutherland, Kepribadian adalah abstraksi individu dan kelakuannya sebagaimana halnya sama lingkungan masyarakat dan kebudayaan. Oleh karena itu kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling memengaruhi antara tiga aspek tersebut.

Horton

Menurut Horton, Kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen seseorang. Sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen itu akan terwujud dalam tindakan dari seseorang bila dihadapkan pada situasi tertentu.

Atkinson

Menurut Atkinson, Kepribadian adalah pola dari perilaku dan cara berpikir khas, yang menentukan penyesuaian diri individu terhadap lingkungan. Kepribadian juga mencakup kepribadian umum yang bisa diamati oleh orang lain serta kepribadian yang terdiri dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.

Schaefer dan Lamm

Menurut Schaefer dan Lamm, Kepribadian adalah keseluruhan pola sikap, kebutuhan, ciri-ciri khas, dan perilaku seseorang.

Theodore

Menurut Theodore, Kepribadian adalah suatu organisasi sikap yang dipunyai seseorang sebagai latar belakang dari perilakunya. Hal tersebut berarti bahwa kepribadian itu menunjukkan organisasi dari sikap-sikap seorang individu untuk dapat berbuat, mengetahui, berpikir, serta juga merasakan dengan secara khusus jika ia berhubungan dengan orang lain atau juga pada saat ia menghadapi suatu masalah atau keadaan.

Hjelle & Ziegler

Menurut Hjelle & Ziegler, Kepribadian terjadi karena kepribadian yang dipahami, dan perbedaan antara teori kepribadian itu memperlihatkan mengenai perbedaan pandangan asumsi-asumsi dasar manusia.

Kimmel

Menurut Kimmel, meskipun ada beberapa definisi kepribadian yang berbeda, namun hampir dari semua teori tersebut menekankan definisi kepribadian pada 3 karakteristik utama, yaitu:

  • Kepribadian merefleksikan keunikan dari individu sebagai person
  • Teori- teori dari kepribadian memfokuskan pada sifat-sifat individu yang cukup stabil selama periode waktu yang lama dalam situasi yang berbeda-beda
  • Kepribadian itu dilihat sebagai hubungan antara individu dengan lingkungan fisik serta sosialnya, dalam pengertian bahwa kepribadian tersebut merefleksikan suatu pola-pola atau cara-cara individu beradaptasi dengan lingkungan.

Sujanto

Menurut Sujanto, Kepribadian adalah suatu totalitas psikofisis yang rumit dari individu, sehingga nampak dalam tingkah lakunya yang unik.

Allport

Menurut Allport, Kepribadian adalah susunan sistem-sistem psikofisik yang dinamis dalam diri individu, yang menentukan penyesuaian yang unik terhadap lingkungan. Sistem psikofisik yang dimaksud yaitu meliputi sikap, keyakinan, keadaan emosional, keyakinan dan nilai. Selain itu termasuk juga perasaan dan motif yang bersifat psikologi akan tetapi mempunyai dasar fisik dalam kelenjar, saraf, dan keadaan fisik anak secara umum.

Kartini dan Dali (2006)

Menurut Kartini dan Dali, Kepribadian adalah tingkah laku khas dan sifat seseorang seseorang yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Kemudian, kepribadian bisa juga berarti integrasi karakteristik dari pola, minat.

Browen

Menurut Browen, Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi opini, sikap, corak kekuatan, keinginan dan dorongan seseorang.

Cuber

Menurut Cuber, Kepribadian adalah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan terlihat oleh seseorang.

Gordon Allport

Menurut Gordon Allport, Kepribadian adalah suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur yang sekaligus proses. Jadi, kepribadian itu merupakan sesuatu yang bisa berubah.

George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead, Kepribadian adalah tingkah laku manusia dalam berkembang, melalui perkembangan diri. Perkembangan dari kepribadian dalam diri seseorang ini berlangsung seumur hidup.

Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren,  Kepribadian adalah  sebagai kelompok faktor-faktor psiologis, biologis, dan sosiologis yang didasari perilaku individu itu sendiri. Faktor-faktor biologis tersebut meliputi keadaan fisik, watak, seksual, sistem saraf, proses pendewasaan individu yang bersangkutan, dan juga kelainan-kelainan biologis lainnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kepribadian

Kepribadian seseorang akan berubah dan berkembang seiring dengan adanya proses sosialisasi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepribadian. Faktor-faktor kepribadian diantaranya faktor biologis, faktor geografis dan kebudayaan khusus, faktor pengalaman kelompok, dan faktor pengalaman unik.

Demikian artikel tentang”21 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.