Moral

17 Pengertian Moral Menurut Para Ahli, Macam-Macam Moral, Dan Contoh Moral Terlengkap

Posted on

17 Pengertian Moral Menurut Para Ahli, Macam-Macam Moral, Dan Contoh Moral Terlengkap – Moral atau dalam bahasa latin disebut dengan Moralitas adalah istilah manusia menyebut manusia atau orang lain dalam tindakan tindakan yang memiliki nilai positif. Orang yang tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lain disebut dengan Amoral. Secara ekplisit, moral adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu tanpa moral manusisa tidak dapat bersosialisi.

Pengertian Moral Menurut Para Ahli

Chaplin (2006)

Menurut Chaplin, Moral yang sesuai dengan aturan yang mengatur hukum sosial atau adat atau perilaku.

Hurlock (1990)

Menurut Hurlock, Moral adalah sopan santun, kebiasaan, adat istiadat dan aturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.

Wantah (2005)

Menurut Wantah, Moral adalah sesuatu yang harus dilakukan atau tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menentukan siapa yang benar dan perilaku yang baik dan buruk.

W.J.S. Poerdarminta

W.J.S. Poerdarminta menyatakan bahwa ajaran moral dari perbuatan baik dan buruk dan perilaku.

Dewey

Dewey menyatakan bahwa masalah moral yang berkaitan dengan nilai-nilai moral.

Baron dkk

Baron dkk menyatakan bahwa moral yang terkait dengan pelarangan dan mendiskusikan tindakan yang benar atau salah.

Magnis-Susino

Magnis-Susino menyatakan bahwa moral selalu mengacu baik pada orang miskin sebagai manusia sehingga aspek moral kehidupan manusia dalam hal kebaikan sebagai manusia.

Zainuddin Saifullah Nainggolan

Menurut Zainuddin Saifullah nainggolan, Moral adalah tradisi spiritul untuk melakukan serangkaian standar yang mengatur perilaku orang dan masyarakat.

Gunarsa

Menurut Gunarsa, Moral adalah seperangkat nilai-nilai berbagai perilaku yang harus dipatuhi.

Sonny Keraf

Menurut Sonny Keraf, Moral adalah patokan yang digunakan oleh masyarakat sebagai penentu tindakan yang baik dan buruk atau masyarakat manusia sebagai manusia.

Imam Sukardi

Menurut Imam Sukardi, Moral adalah kebaikan bahwa seorang pria dengan langkah-langkah yang diadopsi oleh aksi bersama.

Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant, Moralitas adalah hal kenyakinan serta sikap batin dan bukan hanya hal sekedar penyesuaian dengan beberapa aturan dari luar, entah itu aturan berupa hukum negara, hukum agama atau hukum adat-istiadat. Selanjutnya dikatakan jika, kriteria mutu moral dari seseorang adalah hal kesetiaannya terhadap hatinya sendiri.

W.Poespoprojo

Menurut W.Poespoprojo, Moralitas adalah kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukkan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Moralitas mencakup tentang baik-buruknya perbuatan manusia.

Dian Ibung

Menurut Dian Ibung, moral adalah nilai (value) yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang.

Maria Assumpta

Menurut Maria Assumpta, Moral adalah aturan aturan (rule) mengenai sikap (attitude) dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, Moral adalah pesan yang di sampaikan atau pelajaran yang bisa di petik dari kisah atau peristiwa.

Kamus Psikologi

Menurut Kamus Psikologi, Moral adalah mengacu kepada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

Macam-Macam Moral

Ada dua macam moral yaitu :

Moral Keagamaan
Moral keagamaan adalah moral yang selalu berdasarkan pada ajaran agama Islam.

Moral Sekuler
Moral sekuler adalah moral yang tidak berdasarkan pada ajaran agama dan hanya bersifat duniawi semata-mata

Contoh Moral

Contoh moral yang baik

  • Bertutur sapa yang baik pada orang lain
  • Masyarakat Indonesia dapat hidup berdampingan dengan berbagai suku, adat, ras, budaya dan agama tanpa saling melecehkan satu sama lain.
  • Jika kita menemukan tas berisi dokumen penting dan sejumlah uang, jika kita bermorall baik kita akan mengembalikannya pada pemiliknya atau bisa kepada pihak berwajib.

Contoh Moral yang buruk

  • Kekerasan dalam pendidikan
  • Demo yang merusak fasilitas umum
  • Hamil diluar nikah

Demikian artikel pembahasan tentang”17 Pengertian Moral Menurut Para Ahli, Macam-Macam Moral, Dan Contoh Moral Terlengkap“, semoga bermanfaat.