Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Statistik Terlengkap

Posted on

Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Statistik Terlengkap – Statistik adalah sekumpulan angka yang digunakan untuk menerangkan sesuatu baik itu angka acak mapun angka tersusun dalam suatu daftar grafik. Statistik berasal dari bahasa Latin yaitu status yang berarti negara atau hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

pengertian statistik lain yaitu, statistik adalah sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan, penganalisaan, pengolahan dan penafsiran data dari angka-angka. Statistik adalah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat data ataupun hasil pengamatan.

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Croxton dan Cowden

Menurut Croxton dan Cowden, Statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

Anderson Dan Bancroft

Menurut Anderson Dan Bancroft, Statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan,pentabulasian serta dan penginterpretasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan memungkin kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probailitas(peluang).

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.

Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc., Statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisasan yang dilakukan.

Steel dan Torrie

Menurut Steel dan Torrie, Statistik adalah metode yang memberikan cara cara untuk menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.

Drs. Djawanto

Menurut Drs. Djawanto,Statistik adalah kumpulan angka-angkayang berhubungan dengan melukiskan suatu persoalan.

J.Supranto

Menurut J. Suprapto, ia mengemukan 2 pengertian statistika dalam arti sempit dan dalam arti luas.
Dalam arti sempit, Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
Dalam arti luas, Statistik adalah ilmu yang mempejari cara pengumpulan , penyajian , serta analisa data , dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh.

Manfaat Statistik

Adapun manfaat dan peran dari statistika, diantaranya:

  • Dalam kehidupan sehari-hari, statistik berperan sebagai penyedia bahan atau keteranagn dari berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan.
  • Dalam penelitian ilmiah, Statistik berperan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan maupun menemukan kembali keterangan yang seolah tersembunyi dalam angka.
  • Dalam ilmu pengetahuan, statistik berperan sebagai peralatan analisisdan interprasi diri data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga dapat disimpulkan data tersebut.

Fungsi Statistik

Adapun fungsi Statistika antara lain:

Fungsi deskriptif
Fungsi deskriptif statistik adalah fungsi statistik untuk memahami, mendiskripsikan, menerangkan data, peristiwa, yang dikumpulkan dalam suatu penelitian, penyelidikan, dan tidak sampai pada generalisasi atau pengambilan kesimpulan mengenai populasi yang diselidiki.

Fungsi inferensial
Fungsi inferensial statistik adalah fungsi statistik untuk meramalkan dan mengontrol mengenai keseluruhan atau populasi berdasarkan data atau gejala dan peristiwa yang ada dalam suatu penelitian, karena itu bagian ini dimulai dengan adanya ekstimasi, hipotesis.

Tujuan Statistik

Adapun tujuan statistik, yakni:

  • Untuk mendeskriptif dan menerangkan data mengenai populasi yang diselidiki
  • Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih mudah untuk dipahami
  • Untuk menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis dapat digunakan atau membantu melakukan sesuatu.
  • Untuk menyediakan suatu ekstimasi atau model tentang nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diselidiki.
  • Untuk menyediakan suatu ekstimasi tentang akibat dari suatu hipotesis yang diterima yang akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan yang akan dijalankan.

Jenis-Jenis Statistika

Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Berdasarkan orientasi pembahasannya, statistika dibagi menjadi 2 yaitu stataistika matematika dan statistika terapan.

Statistika matematika sama halnya dengan statistika teori yakni lebih mengutamakan pada pemahaman akan model, penurunan konsep dan rumus-rumus statistika secara matematis-teoritis, seperti pemahaman dan penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat, dan lain-lain. Sedangkan, Statistika terapan lebih mengutamakan pada pemahaman konsep dan teknik statistika serta penguunaannya atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

Berdasarkan Fase atau Tujuan Analisisnya

Berdasarkan tujuan analisis, statistika dibedakan menjadi 2 yaitu Statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian data tanpa pengambilan kesimpulan yang bersifat umum atau generalisasi. Data pada statistika deskriptif disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, polygon, perhitungan mean, median, modus,persentil, desil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase. Dapat juga melakukan analisis korelasi, analisis regresi atau membandingkan rata-rata namun tidak dilakukan uji signifikansi. Sedangkan, Statistika inferensial memungkinkan dilakukannya pengambilan kesimpulan secara general.

Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data Yang Dianalisis

Berdasarkan asumsi mengenai distribusi populasi data yang dianalisis, Statistika dibedakan menjadi dua yaitu Statistika parametrik dan Statistika non-parametrik. Statistika parametrik adalah statistika yang didasarkan model distribusi normal, sedangkan Statistika non-parametrik adalah statistika dengan teknik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau distribusi bebas.

Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

Berdasarkan jumlah variabel terikatnya, Statistika dibedakan menjadi Statistika Univariat dan Statistika Multivariat. Statistika Univariat hanya memiliki satu variabel terikat, sedangkan Statistika Multivariat memiliki lebih dari satu variabel terikat.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Statistik Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.