Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian , Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia Lengkap

Posted on

Pengertian , Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia Lengkap Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu proses menangani berbagai bentuk masalah dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan/atau semua tenaga kerja yang menopangsemua aktivitas organisasi, lembaga atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Bagian yang mengurusi masalah sumber daya manusia disebut departemen SDM dan HRD.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Henry Simamora (1999:3)

Menurut Henry Simamora, Manajemen sumber daya manusia (human resources management) adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja.

Anwar Prabu Mangkunegara (2001:2)

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Handoko (2000:4)

Menurut Handoko, Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai titik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Adapun fungsi manajemen sumber daya manusia yakni:

Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan manajemen sumber daya manusia ini merupakan upaya sadar dalampengambilan keputusan yang telah diperhitungkan dengan matang tentang hal apa saja yang akan dilakukan pada masa mendatang oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Rekrutmen (Recruitment)

Menurut Schermerhorn, Rekrutmen (Recruitment) adalah proses penarikan kandidat guna mengisi posisi yang kosong. perekrutan yang efektif akan memberikan peluang kerja bagi orang yang mempunyai kemampuan dan keterampilan yang memenuhi kualifikasi dan spesifikasi perkerjaan.

Seleksi

Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses dalam menemukan tenaga kerja yang sesuai dari sekian kandidat yang ada.

Orientasi, Pelatihan dan Pengembangan

Pelatihan atau training adalah proses pembelajaran yang melibatkan perolehan keahlian, peraturan, konsep maupun sikap untuk meningkatkan kinerja para tenaga kerja.

Pengembangan atau development adala upaya penyiapan individu untuk menanggung tanggung jawab yang beda ataupun lebih tinggi dalam perusahaan.

Evaluasi Kinerja

Fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia berhubungan erat dengan fungsi pemantauan dan fungsi pelaporan. Fungsi evaluasi manajemen sumber daya manusia dilakukan agar perusahaan tidak melakukan kesalahan yang sama.

Kompensasi

Kompensasi adalah pemberian balas jasa secara langsung atau tidak langsung dalam bentuk uang ataupun barang pada tenaga kerjasebagai bentuk imbalan dari perusahaan. Prinsip kompensasi yaitu adil dan layak menyesuaikan dengan tanggung jawab tenaga kerja serta prestasinya.

Pengintegrasian

Pengintegrasian adalah aktivitas menyatukan kepentingan perusahaan dengan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan aktivitas untuk memelihara atau meningkatkan kondisi mental, fisik dan loyalitas pekerja agar tercipta kerjasama yang panjang.

Pemberhentian

Pemberhentian atau Pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan pengakhiran hubungan kerja perusahaan dengan tenaga kerja yang disebabkan oleh sebuah hal yang menyebabkan hak dan kewajiban berakhir antara perusahaan dan tenaga kerja.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Adapun tujuan dari Manajemen Sumber Daya Manusia yaitu:

Tujuan Sosial

Tujuan sosial manajemen sumber daya manusia yakni agar organisasi atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya.

Tujuan Organisasional

Tujuan organisasional yakni tujuan manajemen menjadikan sasaran formal membantu organisasi mencapai tujuannya.

Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional merupakan tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen sdm pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Tujuan Individual

Tujuan individual merupakan tujuan pribadi setiap anggota organisasi atau perusahaan yang ingin mencapai melalui aktivitas dalam organisasi.

Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia

Ruang lingkup manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses sistemetik guna mencapai perubahan yang diinginkan dalam perilaku karyawan dengan melibatkan hal berikut ini:

Human Resources Planning
Human Resources Planning yaitu perencanaan Sumber daya manusia yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan.

Job Analysis
Job Analysis yaitu menganalisa dan menjelaskan secara rinci mengenai masing-masing pekerjaan atau jabatan dalam perusahaan atau organisasi.

Recruitment and Selection
Recruitment and Selection yakni perekrutan dan penyeleksian karyawan yang dibutuhkan sesuai dengan syarat,sistem, tata cara dan proses yang telah ditentukan.

Orientation and Induction
Orientation and Induction yaitu memperkenalkan perusahaan, budaya, nilai dan etika kerja.

Performance Appraisal
Performance Appraisal yaitu penilaian prestasi dan kinerja karyawan guna amelakukan promosi, demosi, tranfer dan pemberhentian kerja.

Compensation planning and remuneration
Compensation planning and remuneration yaitu perencanaan dan pemberian kompensasi pada karyawan.

Motivation, Welfare, Healthy and Safety
Motivation, Welfare, Healthy and Safety yaitu memotivasi, memperhatikan kesejahteraan, kesehatan dan juga keselematan karyawan.

Industrial relations
Industrial relations yaitu menjaga hubungan dan komunikasi dengan serikat pekerja.

Demikian artikel tentang”Pengertian , Fungsi, Tujuan, Dan Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia Lengkap“, semoga bermanfaat.