Pengertian Benua, Proses Terbentuknya, Jumlah, Macam Nama-Nama Benua di Dunia Lengkap

Posted on

Pengertian Benua, Proses Terbentuknya, Jumlah, Macam Nama-Nama Benua di Dunia, Luas Benua dan Jumlah Populasi Penduduknya Lengkap – Benua atau kontinen adalah daratan sangat luas yang berada di permukaan bumi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Benua diartikan sebagai tanah atau daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah benua itu tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Benua diidentifikasi lebih berdasarkan konvensi (kesepakatan) daripada kriteria-kriteria baku. Saat ini ada 7 Benua yang diakui diantaranya Benua Asia, Afrika, Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa dan Australia.

Berdasarkan kesepakatan (konvensi) internasional, benua dipahami sebagai kumpulan daratan berbeda yang terhubungan menjadi besar, idealnya terpisah oleh bidang air. Perbedaan benua dengan pulau terletak pada arti kata “besar” itu sendiri, pulau terbesar adalah greenland dengan luas wilayah 2.166.086 km persegi, sedangkan benua terkecil adalah Benua Australia dengan luas 9.008.500 km persegi.

Proses Terbentuknya Benua (Kontinen)

Berdasarkan bukti sains dan penelitian, awalnya bumi terbentuk dengan hanya satu daratan (seluruh benua merupakan satu daratan) yang sangat luas. Namun karena pergerakan bumi dan berbagai fenomena geografi yang terjadi terus-menerus, benua tersebut terpisah menjadi beberapa daratan.

Teori tentang pembentukan benua yang paling terkenal adalah Teori Apung Bumi (Teori Pergeseran Benua) atau Conginental Drift. Teori ini dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener pada tahun 1912. Ia mengatakan bahwa benua-benua dulu merupakan satu superbenua yang disebut Pangaea, kemudian benua ini terpecah (sekitar 200 juta tahun yang lalu). Pecahan tersebut bergerak dan berpindah karena pengaruh berbagai fenomena selama jutaan tahun. Beberapa bukti yang menunjukkan bahwa dulunya benua pernah menjadi satu antara lain adalah kecocokan garis pantai antar benua yang berjauhan, fosil makhluk hidup sejenis di beberapa benua, dan formasi batuan sejenis pada beberapa pantai di benua yang berbeda.

Jumlah Benua Di Dunia

Sebenarnya ada beberapa metode yang digunakan untuk menentukan jumlah benua. Kriteria pemisahan benua ini banyak karena umumnya tujuh daratan yang diakui sebagai benua, hanya Antartika dan Australia yang benar-benar terpisah dari benua lain, beberapa benua tidak jelas dianggap sebagai “benua tersendiri”. Ada beberapa cara pembedaan benua diantaranya yaitu :

a. Model Tujuh Benua, yaitu model yang biasanya diajarkan di Tiongkok, India, Filipina, Indonesia, Eropa bagian barat dan sebagian besar negara yang menggunakan bahasa Inggris.
b. Model Enam Benua Eurasia digabungkan digunakan di Rusia, Eropa Timur, dan Jepang.
c. Model Enam Benua Amerika digabungkan digunakan di Perancis, italia, Portugal, Spanyol, Rumania, Amerika Latin, Yunani, dan beberapa bagian Eropa lainnya.
d. Model Lima Benua diperoleh dari model enam benua dengan tidak menyertakan Antartika karena tidak berpenghuni. Model ini biasanya digunakan sebagai contoh dalam olimpiade.

Nama-Nama Benua di Dunia

Berikut macam-macam nama benua di dunia, diantaranya yaitu:

Benua Asia

Benua asia adalah benua terbesar dengan luas sekitar 43.820.000 km persegi (29,5%). Secara geografis benua asia terbagi atas lima kawasan yaitu, Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Populasi penduduk pada benua ini yaitu sekitar 4.164.252.000 Jiwa (60%) dengan kepadatan penduduk 95/km persegi. Terdapat 50 Negara yang termasuk bagian dari Benua Asia, diantaranya yaitu Afganistan, Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Filipina, Georgia, India, Indonesia, Irak, Iran, Israel, Jepang, Kamboja, Kazakhstan, Korea Selatan, Korea Utara, Kuwait, Kirgizstan, Laos, Lebanon, Maladewa, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman, Pakistan, Qatar, Rusia, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Tajikistan, Thailand, Timor-Leste, Tiongkok, Turki, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, Yaman, Yordania.

Benua Afrika

Benua Afrika merupakan benua kedua terbesar dengan luas sekitar 30.270.000 km persegi (20.4%). Populasi penduduk di benua Afrika adalah 1.020.201.229 Jiwa (15%) dengan kepadatan penduduk 33,7 per km persegi. Jumlah negara yang termasuk anggota benua afrika ada 54 Negara, diantaranya yaitu Afrika Selatan, Aljazair, Angola,Benin, Botswana, Burkina Faso, Burundi, Chad, Eritrea, Etiopia, Gabon, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Guinea Katulistiwa, Jibouti, Kamerun, Kenya, Lesotho, Liberia, Libia, Madagaskar, Malawi, Mali, Maroko, Mauritania, Mauritius, Mesir, Mozambik, Namibia, Niger, Nigeria, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratis Kongo, Republik Kongo, Rwanda, Sao Tome dan Principe, Senegal, Seychelles, Sierra Leone, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Swaziland,Tanjung Verde,Tanzania,Togo,Tunisia,Uganda, Zambia, Zimbabwe

Benua Amerika Utara

Benua Amerika utara memiliki luas daratan sekitar 24.490.000 km persegi (16.5%). Populasi penduduknya 542.056.000 jiwa (8%) dengan kepadatan penduduk 22,1 per km persegi. Jumlah negara yang termasuk anggota dari benua Amerika Utara ada 23 diantaranya yaitu Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Antigua dan Barbuda, Bahamas, Barbados, Kuba, Dominika, Republik Dominika, Grenada,Haiti, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, Belize, Kosta Rika, El Salvador, Guetemala, Hondarus, Nikaragua, Panama.

Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan mempunyai daratan seluar 17.840.000 km persegi (12%). Populasi penduduknya sekitar 392.555.000 (6%) jiwa dengan kepadatan penduduk 22 per km persegi. Jumlah negara yang menjadi bagian dari benua Amerika Selatan ada 12 Negara, diantaranya yaitu Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Ukuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela.

Benua Antartika

Benua Antartika memiliki luas daratannya sekitar 13.720.000 km persegi (9,2%). Populasi penduduknya ada sekitar 4.490 Jiwa dengan kepadatan penduduk 0,0003 per km persegi. Tidak ada negara resmi di benua Antartika ini.

Benua Eropa

Benua Eropa merupakan benua dengan laus sekitar 10.180.000 km persegi (6,8%). Populasi penduduknya sekitar 738.199.000 jiwa (11%) dengan kepadatan penduduk 72,5 per km persegi. Jumlah negara di benua Eropa yaitu sekitar 50 Negara, seperti Albania, Andorra, Armenia, Azerbaijan, Austria, Belanda, Belarus, Belgia, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Georgia, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Irlandia, Italia, Kazakhstan, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makedonia, Malta, Moldova, Monako, Montenegro, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Rusia, San Marino, Serbia, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Britania Raya, Vatikan.

Benua Australia

Benua Australia adalah benua terkecil dengan luas 9.008.500 km persegi (5,9%). Populasi penduduknya sekitar 29.127.000 jiwa (0,4%) dengan kepadatan 3,2 per km persegi. Ada 14 negara yang menjadi bagian dari benua Australia, diantaranya Australia, Selandia Baru, Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Federasi Mikronesia, Kiribati, Kepulauan Marshall, Nauru, Palau, Samoa, Tonga, Tuvalu.

Demikian artikel tentang “Pengertian Benua, Proses Terbentuknya, Jumlah, Macam Nama-Nama Benua di Dunia Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa