Pengertian Simpati dan Contohnya serta Perbedaan Simpati dan Empati Lengkap

Posted on

Pengertian Simpati dan Contohnya serta Perbedaan Simpati dan Empati LengkapSimpati adalah suatu proses kejiwaan di mana seorang individu merasa tertarik pada seseorang atau sekelompok orang karena sikap, penampilan, wibawa atau perbuatannya yang sedemikian rupa.

Pengertian simpati adalah perasaan tertarik seseorang terhadap orang lain yang timbul atas dasar penilaian perasaan.

Simpati juga bisa diartikan sebagai suatu perasaan atau sikap seseorang tertarik kepada orang lain dikarenakan faktor tertentu. Faktor tersebut bisa berupa fisik, seperti kecantikan atau ketampanan, atau faktor non fisik seperti keluwesan bergaul, kecerdasan pemikiran, kesopanan, atau kebijaksanaan. Rasa simpati juga dapat didorong oleh keinginan untuk memahami pihak lain (saling mengerti) ataupun bekerjasama dengannya. Proses simpati dapat berkembang jika berada dalam keadaan saling pengertian.

Dalam proses simpati ini perasaan seseorang memegang peranan yang sangat penting, meski dorongan utama pada simpati yaitu keinginan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerja sama dengannya.

Rasa simpati adalah faktor yang sangat penting dalam syarat interaksi sosial, yang menentukan proses interaksi sosial dalam tahap selanjutnya. Simpati merupakan proses yang menjadikan seseorang merasa tertarik kepada orang lain.

Rasa tertarik yang biasanya muncul dalam diri setiap individu atau kelompok tersebut dinamakan simpati akan lebih dilandasi pada suatu keinginan mengenai orang kejadian yang di alami oleh orang lain di lingkungannya. Dengan demikian, simpati selalu ada dalam cakupan logis, rasional, dan juga menggunakan perasaan.

Perbedaan Simpati dan Empati

Perbedaan simpati dan empati yaitu empati lebih memusatkan perasaannya pada kondisi orang lain atau lawan bicaranya dan sudah ada tindakan dari orang tersebut kepada lawan bicaranya, sedangkan simpati lebih memusatkan perhatian pada perasaan diri sendiri bagi orang lain, sementara perasaan orang lain atau lawan bicaranya kurang diperhatikan dan tidak ada tindakan yang dilakukan.

Contoh Simpati

Berikut ini beberapa contoh bentuk rasa simpati diantaranya yaitu:

  • Seseorang memberikan ucapan turut sedih dan rasa bela sungkawa kepada teman yang tertimpa musibah, seperti kecelakaan bermotor, kecelakaan mobil, atau dalam bela sungkawa lainnya. Ayah meninggal dunia, dan kasus-kasus lainnya. Ucapan yang dilakukan inilah adalah salah satu sikap simpati.
  • Memberikan ucapan selamat dan turut bergembira kepada orang lain yang menerima kebahagiaan. Ucapan ini dilakukan lantaran, sahabat atau keluarga kita sedang mengalami hal gembira, seperti melangsungkan pernikahan, mendapatkan juara kelas di sekolah, lulus kuliah dan menjadi seorang sarjana.
  • Apabila tetangga mendapat kebahagiaan, kita sendiri merasa ikut bahagia.
  • Keberadaan perasaan tertarik dari seorang pemuda kepada seorang gadis lantaran sifat baiknya, seperti sabar, telaten, ulet, dan giat beragama merupakan contoh simpati.
  • Keberadaan kepedulian yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian pada saat menjelang lebaran, terutama Hari Raya Idul Fitri.
  • Memberi bantuan bencana alam, kepada negara lain adalah wujud simpati yang dilakukan oleh pemerintah.
  • Beragam bantuan yang diberikan oleh Bill Gates kepada negara-negara miskin dan kesehatan. Meskipun secara kenegaraan ia orang amerika serikat, namun karena rasa kemanusiaannya ia memberi bantuan tersebut, hal ini menunjukan sikap simpati.
  • Secara online kita menemukan gambar di media sosial, gambar tersebut berupa gambar kekerasan dalam rumah tangga. Yang akhirnya, karena merasakan simpati tombol dalam media sosial kita cenderung langsung ikut membagikannya.

Demikian artikel tentang “Pengertian Simpati dan Contohnya serta Perbedaan Simpati dan Empati Lengkap“, semoga bermanfaat.

Rate this post