Pengertian Konsep Diri, Jenis, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Terlengkap

Posted on

Pengertian Konsep Diri, Jenis, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Terlengkap – Konsep diri atau Self Concept adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimensi fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan individual, namun kelemahan bahkan kegagalan dirinya. Konsep diri merupakan inti dari kepribadian individu. Inti kepribadian berperan penting untuk menentukan dan mengarahkan perkembangan kepribadian serta perilaku individu.

Pengertian Konsep Diri Menurut Para Ahli

Stuart & Sundeen (2005)

Menurut Stuart & Sundeen, Konsep diri adalah semua pikiran, keyakinan dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya dan mempengaruhi hubungan dengan orang lain.

Keliat (2005)

Menurut Keliat, Konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara utuh, fisikal, emosional, intelektual, sosial dan spiritual.

Potter & Perry (2005)

Menurut Potter & Perry, Konsep diri adalah itra subjektif dari diri dan pencampuran yang kompleks dari perasaan, sikap dan persepsi bawah sadar maupun sadar. Konsep diri memberi kita kerangka acuan yang mempengaruhi manejemen kita terhadap situasi dan hubungan kita dengan orang lain.

Burns

Menurut Burns dalam Pudjijogyanti (1993:2), Konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri.

Cawagas

Menurut Cawagas dalam Pudjijogyanti (1993:2), Konsep diri mencakup seluruh pandangan individu akan dimensi fisik, karakteristik pribadi, motivasi, kelemahan, kepandaian, kegagalan dan lain sebagainya.

Rini (2004:1)

Menurut Rini, Konsep diri adalah keyakinan, padangan/penilaian seseorang terhadap dirinya.

Jenis-Jenis Konsep Diri

Adapun macam-macam jenis konsep diri, diantaranya:

Konsep Diri Positif

Jenis konsep diri ini, baik jika di miliki oleh seorang individu karena memiliki:

  • Merasa setara dengan orang lain
  • Yakin dapat mengatasi segala macam masalah
  • Bisa menerima pujian tanpa rasa malu
  • Bisa menyadari bahwa setiap orang memiliki perasaan, keinginan, serta perilaku yang tidak semuanya dapat di
  • setujui oleh anggota masyarakat.
  • Bisa memperbaiki dirinya sendiri. Maksudnya dia mampu untuk mengungkapkan tentang aspek kepribadian yang tidak disukainya dan akan berusaha untuk dapat mengubahnya.

Konsep Diri Negatif

Berikut ini beberapa hal yang di miliki oleh seseorang yang memiliki jenis konsep diri negatif, diantaranya yaitu:

  • Sangat rerponsif akan pujian
  • Peka terhadap kritikan.
  • Lebih bersikap hiperkritis.
  • Merasa tidak di sukai oleh orang lain.
  • Memiliki sikap pesimis disetiap kompetisi.

Komponen Konsep Diri

Komponen konsep diri diantaranya yaitu:

Citra Tubuh (Body Image)

Body Image (citra tubuh) merupakan sikap individu terhadap dirinya baik disadari maupun tidak disadari mencakup persepsi masa lalu atau sekarang mengenai ukuran dan dinamis karena secara konstan berubah seiring dengan persepsi dan pengalaman baru.

Ideal Diri

Ideal diri adalah persepsi individu tentang bagaimana ia seharusnya bertingkah laku berdasarkan standar pribadi. Pembentukan ideal diri dimulai pada masa anak-anak dipengaruhi oleh orang yang dekat dengan dirinya yang memberikan harapan atau tuntunan tertentu.

Harga Diri

Harga diri adalah penilaian pribadi terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisis seberapa banyak kesesuaian tingkah laku dengan ideal dirinya. Harga diri dibentuk sejak kecil dari adanya penerimaan dan perhatian. Harga diri akan meningkat sesuai dengan meningkatnya usia.

Peran

Peran merupakan serangkaian pola sikap perilaku, nilai dan tujuan yang diharapkan masyarakat dihubungkan dengan fungsi individu di dalam kelompok sosial.

Identitas Diri

Identitas diri merupakan kesadaran mengenai diri sendiri yang bisa didapatkan individu dari observasi dan penilaian dirinya, menyadari bahwa individu dirinya berbeda dengan orang lain. Identitas berkembang sejak masa kanak-kanak, bersamaan dengan berkembangnya konsep diri.

Sedangkan Menurut Brian Tracy,  konsep diri memiliki tiga bagian atau komponen  utama yaitu:

  • Self-Ideal (Ideal Diri)
  • Self-Image (Citra Diri)
  • Self-Esteem (Jati Diri)

Self Ideal (Diri Ideal)

Self ideal atau ideal diri terdiri atas harapan, impian, visi dan idaman. Self ideal ini terbentuk dari kebaikan, nilai dan sifat yang paling dikagumi dari diri sendiri maupun orang lain yang dihormati.

Self Image (Citra Diri)

Dengan self image atau citra diri kita akan membayangkan diri kita sendiri dan dan menentukan bagaimana kita akan bersikap pada suatu situasi.

Self Esteem (Jati Diri)

Jati diri merupakan penilaian bagaimana kita menyukai diri sendiri. Semakin kita menyukai diri sendiri maka akan kita akan bertindak dalam bidanhg apapun yang kita tekuni.

Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri

Konsep diri atau self concept tidaklah bawaan sejak lahir, melainkan hasil dari proses belajar. Saat manusia mengenal lingkungannya, maka saat itu pula dia belajar berbagai hal mengenai kehidupan. Berdasarkan pengalaman hidupnya, seorang individu akan menetapkan konsep dirinya berdasarkan berbagai faktor.

Menurut E.B. Hurlock yang merupakan seorang psikolog, faktor yng mempengaruhi konsep diri tersebut diataranya yaitu bentuk tubuh, cacat tubuh, pakaian, nama dan julukan, inteligensi kecerdasan, taraf aspirasi/cita-cita, emosi, jenis/gengsi sekolah, status sosial, ekonomi keluarga, teman dan tokoh/orang yang berpengaruh.

Apabila faktor-faktor tersebut cenderung menimbulkan perasaan yang positif seperti bangga atau senang maka akan muncul konsep diri yang positif. Pada masa kanak-kanak seorang individu umumnya cenderung menganggap benar apa saja yang dikatakan oleh orang lain.

Apabila seorang anak merasa dia diterima, dihargai dan dicintai maka anak tersebut akan menerima, menghargai dan juga mencintai dirinya (berkonsep diri positif). Dan akan sebaliknya, jika orang yang berpengaruh di sekelilingnya seperti orang tua, guru, orang dewasa, teman dan lain sebagainya ternyata meremehkan, merendahkan, mempermalukan dan menolaknya, maka pengalaman tersebut akan disikapi dengan negatif dan akan memunculkan konsep diri yang negatif.

Demikian artikel tentang”Pengertian Konsep Diri, Jenis, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Terlengkap“, semoga bermanfaat.