Pengertian Lingkungan Sosial : Ciri, Faktor, Jenis dan Contoh Lingkungan Sosial

Posted on

Pengertian Lingkungan Sosial – Apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial? Apa tujuan lingkungan sosial? Sebutkan faktor-faktor lingkungan sosial! Jelaskan pengertian lingkungan sosial primer dengan lingkungan sosialsekunder

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian lingkungan sosial menurut para ahli, faktor, jenis dan contoh lingkungan sosial secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Kecerdasan Sosial

Pengertian Lingkungan Sosial

Pengertian lingkungan sosial adalah tempat dimana masyarakat saling berinteraksi dan melakukan suatu hal bersama baik antar individu maupun lingkungannya.

Definisi lingkungan sosial yaitu interaksi yang terjadi antara masyarakat dan lingkungan maupun lingkungan yang terdiri dari makhluk sosial.

Dalam lingkungan sosial akan terbentuk suatu sistem pergaulan yang berperan besar dalam membentuk kepribadian seseorang, selanjutnya akan terjadi interaksi antara individu dengan lingkungannya.

Pengertian Lingkungan Sosial Menurut Para Ahli

Barnett dan Casper (2001:91)

Definisi lingkungan sosial, konteks sosial, konteks sosiokultural, atau milieu yaitu suasana fisik atau suasana sosial dimana didalamnya manusia hidup, atau dimana suatu hal terjadi dan berkembang. Lingkungan sosial dapat berupa kebudayaan atau kultur yang diajarkan atau dialami individu atau individu lain maupun institusi yang berinteraksi dengan individu tersebut.

Purba (2002: 13-14)

Pengertian lingkungan sosial adalah wilayah yang menjadi tempat berlangsungnya berbagai interaksi sosial antara berbagai kelompok dan pranatanya dengan simbol dan nilai juga norma yang telah ditetapkan juga berkaitan dengan lingkungan alam dan lingkungan binaan atau lingkungan buatan (tata ruang).

Baca Juga : Pengertian Kemalasan Sosial

Purwanto

Lingkungan sosial merupakan setiap individu dan lainnya yang saling mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari. Disalam lingkungan tersebut, manusia membentuk kelompok sosial sebagai upaya mempertahankan hidup juga mengembangkan kehidupan.

Amsyari

Pengartian lingkungan sosial ialah individu atau kelompok yang berada dalam masyarakat, seperti tetangga, teman, juga orang lain yang belum dikenal di lingkungannya maupun masyarakat umum diluar lingkungannya.

Stroz

Lingkungan sosial juga diartikan sebagai segala kondisi di lingkungan dalam kehidupan dimana ada cara tertentu yang bisa memberikan pengaruh pada tingkah laku individu, termasuk pertumbuhan dan perkembangan proses kehidupan, serta bisa diartikan sebagai persiapan lingkungan bagi generasi penerus.

Ciri-Ciri Lingkungan Sosial

Berikut ini ciri atau karakteristik lingkungan sosial, diantaranya:

  • Mengikutsertakan berbagai pihak dengan peran dan tanggung jawab masing-masing.
  • Masyarakat dapat menikmati hasilnya sehingga kesejahteraan hidup mereka dapat meningkat.
  • Masyarakat mengembangkan hak dan modal sosial dalam memanfaatkan sumber daya dan pengelolaannya.

Tingkatan atau Fase Lingkungan Sosial

Pembentukan lingkungan sosial seorang individu pertama kali dilakukan dalam lingkungan keluarga. Dalam lingkungan keluarga, individu diajarkan cara, sikap dan sifat untuk berinteraksi dengan orang lain baik dalam maupun luar keluarga.

Baca Juga : Pengertian Kemalasan Sosial

Selanjutnya, lingkungan sosial individu akan berlanjut ke lingkungan sekolah. Pelajaran bersosialisasi dari keluarga akan dikembangkan ke lingkungan sekolah. Lingkungan sosial sekolah tertinggi berada dibangku perkuliahan.

Setelah lingkungan sosial sekolah, seseorang akan memasuki lingkungan kerja. Dalam lingkungan sosial kerja, individu mulai mandiri dan memberikan apresiasi serta ilmunya pada bidang sesuai kemampuannya.

Apabila seseorang sudah cukup siap dan dewasa maka ia akan bertemu dengan lingkungan masyarakat. Didalam lingkungan masyarakat, individu akan lebih memahami bagaimana sikap, sifat dan konflik dalam masyarakat yang ditemui saat berada dalam lingkungan keluarga juga sekolah.

Faktor Lingkungan Sosial

Berikut ini beberapa faktor atau atau komponen lingkungan sosial, diantaranya yaitu:

Pengelompokan sosial

Pengertian pengelompokan sosial adalah penyatuan beragam individu dalam persekutuan sosial yang didasari karena adanya hubungan kekerabatan seperti keluarga marga dan lain sebagainya.

Penataan Sosial

Penting untuk melakukan penataan sosial untuk mengatur masyarakat agar hidup tertib. Penataan sosial ini bisa berupa aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam kerjasama dan pergaulan setiap anggota masyarakat yang dimana setiap orang harus memiliki kedudukan yang jelas sehingga akan lebih jelas untuk mengetahui suatu kepentingan satu sama lainnya.

Pranata Sosial

Tak sedikit pranata sosial dikembangkan atas dasar kepentingan penguasaan lingkungan pemukiman yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat yang berkaitan. Ada banyak peraturan yang dijalankan untuk menyingkirkan orang yang bukan anggota kesatuan sosial tersebut.

Kebutuhan Sosial

Suatu lingkungan sosial dapat terbentuk akibat adanya keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meski sudah diketahui bahwa tak semua kebutuhan individu bisa terpenuhi termasuk juga kebutuhan sosial.

Baca Juga : Pengertian Realitas Sosial

Jenis Lingkungan Sosial

Berdasarkan pendapat Ahmadi (2003: 201), ada 2 macam lingkungan sosial antara lain:

Lingkungan Sosial Primer

Pengertian lingkungan sosial primer adalah jenis lingkungan sosial yang dimana ada suatu hubungan yang erat antar anggota dimana anggotanya saling mengenal dengan baik satu sama lain.

Lingkungan Sosial Sekunder

Pengertian lingkungan sosial sekunder adalah jenis lingkungan sosial dengan hubungan antar anggotanya agak longgar dan hanya berorientasi pada kepentingan formal dan kegiatan/aktivitas khusus.

Contoh Lingkungan Sosial

Contoh lingkungan sosial, diantaranya yaitu:

Lingkungan Keluarga

Lingkungan sosial pertama kali seorang individu dibentuk dalam lingkungan keluarga. Dalam lingkungan ini, individu diberi pengajaran tentang cara, sikap dan sifat untuk berinteraksi dengan orang lain.

Lingkungan Sekolah

Selanjutnya, lingkungan sosial seorang individu akan berlanjut ke lingkungan sekolah, kemudian ia dapat mengembangkan cara bersosialisasi yang telah diajarkan dalam lingkungan keluarga. Lingkungan sosial sekolah ini hingga tingkat sekolah tertinggi yaitu perkuliahan.

Lingkungan Kerja

Setelah itu, seorang individu akan masuk ke lingkungan kerja, disini ia mulai belajar mandiri dan mengapresiasikan serta ilmunya pada bidang yang seseuai dengan keahliannya. Lingkungan kerja adalah lingkungan sosial yang nantinya mendekatkan individu dengan lingkungan sosial dengan jangkauan terluas.

Lingkungan Masyarakat

Dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan juga lingkungan kerja, selanjutnya individu yang sudah cukup siap dan dewasa akan bertemu dengan lingkungan masyarakat. Dimana didalam lingkungan sosial masyarakat, seorang individu akan memahami konflik; sifat dan sikap dalam masyarakat yang tak ditemui di lingkungan sosial lainnya.

Baca Juga : Pengertian Modal Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian lingkungan sosial menurut para ahli, faktor, jenis dan contoh lingkungan sosial secara lengkap. Semoga bermanfaat