Pengertian Komunikasi Pemasaran : Tujuan, Bauran dan Strategi Komunikasi Pemasaran

Posted on

Pengertian Komunikasi Pemasaran – Apa yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran? Apa itu komunikasi pemaasaran? Apa tujuan komunikasi pemasaran? Bagaimana strategi komunikasi pemasaran? Sebutkan jenis-jenis komunikasi pemasaran!

Baca Juga : Pengertian Penjualan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli, tujuan, bauran dan strategi komunikasi pemasaran secara lengkap.

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran (marketing communication) merupakan sarana yang digunakan perusahaan untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Komunikasi pemasaran mempresentasikan suara perusahaan dan merek juga sebagai sarana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan para pelanggan.

Komunikasi pemasaran bagi konsumen dapat memperlihatkan pada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta dimana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta mendorong penjualan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.

Perusahaan juga memakai berbagai bentuk komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang ditawarkan dan mencapai tujuan finansial.

Pengertian Komunikasi Pemasaran Menurut Para Ahli

Tjiptono (1995:219)

Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Kennedy dan Soemanagara (2006:5)

Komunikasi pemasaran adalah kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberika informasi kepada khalayak agar tujuan perusahaan tercapai yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan.

Kotler dan Amstrong (2008:116)

Komunikasi pemasaran perusahaan adalah paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan.

Baca Juga : Pengertian Personal Selling

Kotler dan Keller (2012:498)

Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Tujuan komunikasi pemasaran diantaranya yaitu:

  • Menentukan saluran komunikasi untuk melakukan promosi produk
  • Agar dapat mengidentifikasi sasaran penjualan produk dan menentukn apa saja yang dibutuhkan para konsumen.
  • Menentukan anggaran pemasaran produk.
  • Memberikan informasi, keyakinan dan kepuasan yang menjangkau semua kalangan konsumen guna memenuhi kebutuhan pokoknya.
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen di semua wilayah dan menerima kritik dan saran yang diberikan konsumen.
  • Menciptakan strategi pemasaran yang baik.
  • Menciptakan distribusi pemasaran produk yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Bauran Komunikasi Pemasaran

Ada 8 model komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran, diantaranya:

Iklan

Iklan adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang dibiayai dan bersifat persuasif dan promosi mengenai produk, jasa atau ide oleh sponsor yang teridentifikasi melalui berbagai macam media.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah beragam insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.

Acara dan Pengalaman

Acara dan pengalaman adalah kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.

Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Hubungan masyarakat dan publisitas adalah berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.

Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung adalah pemakaian surat, telepon, faksimile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respon atau dialog dari pelanggan.

Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif adalah kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan secara langsung atau tidak langsung untuk meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan produk dan jasa.

Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut

Pemasaran dari mulut ke mulut adalah jenis komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berkaitan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.

Baca Juga : Pengertian Keputusan Pembelian

Penjualan Personal

Penjualan personal adalah interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif dengan tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.

Selain itu, terdapat 5 bauran komunikasi pemasaran menurut Kotler dan Amstrong (2008:116), diantaranya yaitu:

Iklan (Advertising)

Iklan yaitu komunikasi massa dan harus menarik kesadaran, menanamkan informasi, mengembangkan sikap, atau mengharapkan adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan. Iklan dipakai komunikator untuk menyampaikan informasi produk pada khalayak banyak dengan tujuan tertentu.

Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan yaitu upaya pemasaran yang bersifat media dan non-media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk. Upaya pemasaran melalui promosi penjualan ini dilakukan dalam jangka pendek.

Penjualan Secara Pribadi (Personal Selling)

Interaksi langsung yang terjadi dengan pelanggan atau calon pelanggan untuk bisa memuaskan kebutuhan pelanggan. Dengan penjualan secara pribadi ini, perusahaan berhadapan langsung dengan calon pembeli untuk mencoba menginformasikan oada konsumen mengenai produk sekaligus membujuk secara langsung untuk membeli produk tersebut.

Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara cermat untuk mendapatkan respon segera dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Pada hakikatnya, strategi merupakan perencanaan dan manajemen untuk mencapai tujuan. Banyak perusahaan yang masih sangat mengandalkan 1 atau 2 alat komunikasi untuk mencapai tujuan komunikasinya.

Pemasar berkomunikasi dengan perantara, konsumen dan kelompok masyarakat lainnya. Setelah itu, perantara berkomunikasi dengan konsumen dan masyarakat. Konsumen berkomunikasi secara lisan dengan konsumen lain dan juga kelompok masyarakat lain. Sedangkan, setiap kelompok memberi umpan balik balik kepada kelompok lainnya.

Penerapan Komunikasi Pemasaran

Proses implementasi komunikasi pemasaran meliputi:

Baca Juga : Pengertian Kepuasan Pelanggan

Sumber

Sumber (source) adalah pesan yang menentukan tujuan komunikasi dan menetapkan sasaran komunikasi. Pemasar membuat tujuan kampanye iklan dan promosi dengan mengarahkan kampanye tersebut pada segment sasaran tertentu.

Proses Enconding

Proses enconding adalah penyandian tujuan menjadi sebuah pesan. Agensi iklan merancang pesan yang disandikan dalam bentuk iklan. Pesan disandikan wiraniaga dalam bentuk presentasi penjualan.

Pengiriman

Pengiriman (tranmission), yaitu pengiriman pesan melalui media agar dapat menjangkau konsumen sasaran. Penyebaran komunikasi pemasaran dapat melalui media massa, komunikasi getok tular dari wiraniaga, atau selembaran direct-mail yang dikirimkan ke sasaran.

Decoding

Proses decoding oleh penerima agar pesan dapat dipahami dua pertanyaan utama yakni apakah konsumen menafsirkan pesan seperti yang di inginkan pengiklan dan apakah pesan berdampak positif pada sikap dan perilaku konsumen.

Umpan Balik

Umpan balik (feedback) atas efektivitas komunikasi pemasaran pada sumber.

Baca Juga : Pengertian Nilai Pelanggan

Demikian artikel pembahasan tentang tentang pengertian komunikasi pemasaran menurut para ahli, tujuan, bauran dan strategi komunikasi pemasaran secara lengkap. Semoga bermanfaat