Pengertian Kebudayaan Nasional : Karakteristik, Fungsi, Tujuan dan Contoh Kebudayaan Nasional Indonesia

Posted on

Pengertian Kebudayaan Nasional Adalah – Apa yang dimaksud dengan kebudayaan nasional dan berikan contohnya? Apa saja kebudayaan nasional Indonesia? Apa pengertian kebudayaan nasional menurut para ahli?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kebudayaan nasional menurut para ahli, karakteristik, fungsi, tujuan dan contoh kebudayaan nasional Indonesia secara lengkap.

Baca Juga : Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang dapat memberikan makna bagi kehidupan berbangsa dan berkepribadian, akan dapat dibanggakan sebagai identitas nasional. Budaya nasional bersumber dari budaya daerah.

Kebudayaan nasional merupakan kebudayaan yang terbentuk dari berbagai budaya lokal yang bekembang dalam masyarakat Indonesia serta hasil serapan dati budaya asing atau budaya global dengan ikatan yang menjadi ciri khas seluruh budaya di Indonesia yakni nilai luhur bangsa Indonesia.

Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. Menurut TAP MPR No. II tahun 1998, definisi kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa.

Definisi kebudayaan nasional adalah suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagian besar warga negara dan memiliki syarat dibanggakan serta memberikan identitas terhadap warga. Atau dengan kata lain, pengertian budaya nasional adalah budaya yang dihasilkan oleh masyarakat bangsa tersebut sejak zaman dahulu hingga kini sebagai suatu karya yang dibanggakan yang memiliki kekhasan bangsa tersebut dan memberi identitas warga, serta menciptakan suatu jati diri bangsa yang kuat.

Kebudayaan Nasional juga diartikan sebagaikebudayaan yang menjadi identitas nasional bangsa Indonesia yang didukung penuh dan dibanggakan sebagian besar warga negara Indonesia. Kebudayaan Nasional sebagai identitas bangsa memiliki karakter dan jati diri yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

Secara sempit, kebudayaan Indonesia didefinisikan sebagai seluruh kebudayaan lokal yang sudag ada sebelum terbentuknya bangsa Indonesia di tahun 1945. Semua kebudayaan lokal dari berbagai suku di Indonesia merupakan bagian integral dari kebudayaan Indonesia.

Penting bagi kita untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan nasional atau budaya bangsa agar tetap lestari hingga generasi berikutnya dan juga menjaga kebudayaan nasional agar tidak dicuri atau ditiru bangsa lain.

Pengertian Kebudayaan Nasional Menurut Para Ahli

Sutan Takdir Alisyahbana

Kebudayaan nasional Indonesia sebagai suatu kebudayaan yang universal. Unsur-unsur dikreasikan terutama yang masih langka dan dimiliki masyarakat Indonesia masa itu, yaitu: teknologi, ekonomi, keterampilan berorganisasi, ilmu pengetahuan.

Upaya mengkreasi ke arah itu bisa dicapai lewat usaha mempertajam rasio (akal) masyarakat Indonesia dengan mengambil alih dinamisme Barat.

Sanusi Pane

Kebudayaan nasional Indonesia sebagai kebudayaan timur, harus mementingkan unsur-unsur kerohanian, perasaan, dan gotong-royong.

Poerbatjaraka

Kebudayaan nasional Indonesia harus berakar pada kebudayaan Indonesia sendiri, artinya harus berakar pada kebudayaan suku-suku bangsa yang ada di Nusantara. Dianjurkan pula agar manusia Indonesia banyak mempelajari sejarah kebudayaan sendiri.

Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan nasional Indonesia adalah puncak kebudayaan daerah. Dalam hal ini ia telah memasukkan aspek mutu karena ungkapan puncak berarti unsur-unsur kebudayaan daerah yang paling tinggi mutunya.

Baca Juga : Pengertian Peradaban

Koentjaraningrat

Ada beberapa konsep kebudayaan nasional menurut Koentjaraningrat diantaranya yaitu:

  • Kebudayaan nasional merupakan karya warga negara Indonesia, termasuk juga karya-karya zaman dahulu di berbagai wilayah tanah air.
  • Kebudayaan nasional merupakan hasil karya warga negara Indonesia yang tema pikiran dan wujudnya mengandung ciri-ciri khas Indonesia.
  • Kebudayaan nasional merupakan hasil karya warga Indonesia dan umumnya dirasakan memiliki nilai yang tinggi sehingga menjadi kebanggaan orang Indonesia.

Karakteristik Kebudayaan Nasional

Karakteristik atau ciri-ciri kebudayaan nasional, diantaranya yaitu:

  • Hasil budidaya masyarakat bangsa.
  • Hasil budidaya masyarakat sejak zaman dahulu hingga kini.
  • Hasil budidaya yang dibanggakan.
  • Hasil budidaya yang memiliki kekhasan bangsa.
  • Hasil budaya yang menciptakan jati diri bangsa.
  • Hasil budaya yang memberikan identitas bangsa.

Fungsi Kebudayaan Nasional

Menurut Usman Pelly, fungsi kebudayaan nasional diantaranya yaitu:

  • Sebagai pedoman dalam membina persatuan dan kesatuan bangsa bagi masyarakat majemuk Indonesia.
  • Sebagai pedoman dalam pengambilalihan ilmu dan teknologi modern.

Kebudayaan Nasional Indonesia

Budaya nasional Indonesia adalah budaya yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu hingga kini sebagai suatu karya yang dibanggakan yang memiliki kekhasan bangsa Indonesia dan menciptakan jati diri dan identitas bangsa Indonesia yang kuat. Kebudayaan nasional sesungguhnya dapat berupa sumbangan dari kebudayaan lokal. Jadi, sumbangan beberapa kebudayaan lokal tergabung menjadi satu ciri khas yang kemudian menjadi kebudayaan nasional.

Kebudayaan nasional sendiri merupakan kebudayaan bangsa Indonesia yang berakar dari kebudayaan daerah. Berdasarkan Amandemen ke-4 Undang-Undang Dasar 1945, disebutkan bahwa negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat alam memelihara nilai-nilai budayanya. Tujuan dari adanya kebudayaan nasional ini diantaranya yaitu:

  • Alat perekat bangsa
  • Semangat nasionalisme
  • Identitas negara

Kuat tidaknya kebudayaan nasional ditentukan oleh kuat tidaknya kebudayaan daerah. Kebudayaan nasional diibaratkan sebagai buah dan daun, sedangkan budaya daerah yang diibaratkan sebagai akarnya. Akar pohon itu harus selalu dipupuk agar tetap subur dengan pengembangan dan pelestarian budaya daerah. Kebudayaan daerah yang berkembang menjadi ujung tombak kebudayaan nasional menimbulkan sikap saling menonjolkan sehingga dapat lahir dari sikap etnosentrisme. Etnosentrisme adalah sikap menganggap suku bangsa sendiri lebih baik daripada suku bangsa lain. Pemerintah menampung semua aspirasi daerah tentang pengembangan budaya daerah terutama setelah keluarnya otonomi daerah, dan memberikan keleluasaan daerah untuk mengembangkan potensinya secara maksimal, tetapi tidak melupakan kepentingan nasional.

Menurut Koentjaraningrat, ada persyaratan yang harus dimiliki kebudayaan daerah jika ingin diangkat menjadi kebudayaan nasional, diantaranya yaitu:

Baca Juga : Masyarakat Multikultural

  • Harus memberikan identitas kepada warga negara pendukung kebudayaan itu. Artinya, unsur kebudayaan daerah yang memiliki dan memberikan identitas dan ciri khas itulah yang dapat diangkat menjadi unsur kebudayaan nasional.
  • Harus menimbulkan perasaan bangga kepada para pendukungnya. Artinya, unsur kebudayaan daerah dapat menimbulkan perasaan bangga bukan saja bagi suku bangsa asal, tapi juga bagi rakyat Indonesia.
  • Harus bermutu tinggi. Artinya, unsur kebudayaan daerah yang memiliki mutu tinggi sehingga bisa memperkaya khazanah, derajat dan nilai kemanusiaan bangsa Indonesia.

Pada masa Orde Baru, pemerintah berusaha membuat sebuah miniature mengenai khazanah budaya dengan pembuatan Taman Mini Indonesia Indah yang di dalamnya setiap budaya daerah terwakili. Jadi, sebenarnya jika seseorang berbicara tentang mengenai kebudayaan nasional, selalu terkait dengan kebijakan politik pemerintah tentang budaya. Penetapan batik sebagai pakaian resmi pria Indonesia dan kebaya sebagai pakaian resmi perempuan merupakan salah satu contoh bagaimana kebijakan yang diambil pemerintah.

Tujuan Kebudayaan Nasional Indonesia

Ada 4 (empat) ketentuan arah dan tujuan pengembangan kebudayaan nasional Indonesia, diantaranya yaitu:

  • Kebudayaan nasional merupakan perwujudan hasil upaya dan tanggapan aktif masyarakat Indonesia dalam proses adaptasi terhadap lingkungannya dalam arti luas.
  • Kebudayaan nasional merupakan perpaduan puncak kebudayaan daerah, sehingga mewujudkan konfigurasi budaya bangsa.
  • Pengembangan kebudayaan nasional itu harus menuju ke arah kemajuan adab yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Tidak menutup kemungkinan untuk menyerap unsur kebudayaan asing yang dapat mengembangkan dan memperkaya kebudayaan nasional, serta mempertinggi kemanusiaan bangsa Indonesia.

Landasan dan arah tujuan kebudayaan nasional tertuang dalam pasal 32 UUD 45 yang berbunyi:

“Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan-kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncakpuncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia, terhitung sebagai kebudayaan bangsa. Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan adab, budaya dan persatuan dengan tidak menolakbahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri serta mempertinggi derajat kemanusiaan bangsa Indonesia”.

Contoh Budaya Nasional di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh kebudayaan nasional Indonesia, diantaranya yaitu:

  • Bahasa Nasional, yaitu Bahasa Indonesia yang mengangkat dari Bahasa Melayu.
  • Pakaian Nasional, contohnya batik, kebaya dan lain sebagainya.
  • Rumah Adat Nasional, contohnya rumah nuwo sesat, rumah joglo, rumah gadang dan lain sebagainya.
  • Alat Musik Nasional, contohnya gamelan, angklung dan lain sebagainya.
  • Kesenian Nasional, contohnya kesenian wayang kulit.
  • Masakan Nasional, contohnya masakan rendang Padang.
  • Peninggalan Bersejarah, contohnya Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Baca Juga : Masyarakat Majemuk

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kebudayaan nasional menurut para ahli, karakteristik, fungsi, tujuan dan contoh kebudayaan nasional Indonesia secara lengkap. Semoga bermanfaat