Pengertian Ekonomi Mikro, Tujuan, Peran, Ruang Lingkup dan Komponen Ekonomi Mikro Lengkap

Posted on

Pengertian Ekonomi Mikro, Tujuan, Peran, Ruang Lingkup dan Komponen Ekonomi Mikro (Mikroekonomi) Lengkap – Ekonomi mikro atau mikroekonomi adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

Pengertian ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan. Ekonomi mikro ini secara langsung berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa.

Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga dan bagaimana harga, pada gilirannya menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Tujuan ekonomi mikro atau mikroekonomi yaitu untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk dan jasa.

Aspek-aspek analisis ekonomi mikro diantaranya analisis biaya dan manfaat; teori permintaan dan penawaran; elastisitas; model pasar; industri; teori produksi dan teori harga.

Adanya peran ekonomi mikro dalam bisnis bisa membantu menganalisis kegagalan pasar dan menjelaskan secara teoritis kondisi dalam pasar persaingan sempurna.

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, Ekonomi Mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan.

Adam Smith

Menurut Adam Smith, Ekonomi Mikro adalah subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional. Hal ini mengakibatkan para pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

Marshal dan Piqou

Menurut Marshal dan Piqou, Ekonomi Mikro adalah tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi dapat langsung beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

N. G. Mankiw

Menurut N. G. Mankiw, Ekonomi Mikro adalah ilmu yang membahas tentang peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tanggan dan perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu.

Tujuan Ekonomi Mikro

Tujuan ekonomi mikro atau mikroekonomi yaitu:

  • Melakukan analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyaknya penggunaan alternati
  • Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

Adapun peran ekonomi mikro atau mikroekomoni diantaranya yaitu:

  • Merumuskan kebijakan perusahaan dengan harga dan upah dalam pengolahan sumber daya.
  • Membantu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar.
  • Dapat memahami bagaimana perilaku dan kebutuhan konsumen.
  • Sebagai alat untuk mengetahui perputaran produk/barang.
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro terdiri dari konsumen dan produsen. Mikroekonomi mengkaji perilaku penjual dan pembeli, termasuk interaksi dalam pasar faktor produksi. Singkatnya, ruang lingkup ekonomi meliputi beberapa diantaranya:

  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar.
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.
  • Teori perilaku konsumen.
  • Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba.
  • Pasar persaingan sempurna.
  • Pasar monopoli.
  • Pasar oligopoli.
  • Pasar persaingan monopolistik.
  • Permintaan akan input.
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.

Teori Ekonomi Mikro

Ada 3 (tiga) analisis ekonomi mikro atau mikroekonomi, diantaranya yaitu:

Teori Harga
Harga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada dalam pasar juga faktor yang bisa mempengaruhinya. Analisis ini dilakukan terhadap:

  • Proses pembentukan harga;
  • Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran;
  • Hubungan antara harga permintaan dan penawaran;
  • Bentuk pasar;
  • Konsep elastisitas permintaan dan penawaran.

Teori Produksi
Teori produksi digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya produksi dan tingkat dari produksi. Analisis ini dilakukan terhadap:

  • Semua yang berhubungan dengan biaya produksi barang dan jasa;
  • Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen;
  • Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

Teori Distribusi
Tujuan teori distribusi yaitu untuk melakukan analisis ekonomi mikro terkait dengan upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, dan besarnya keuntungan yang didapatkan produsen.

Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Dalam penerapannya, ada 3 komponen ekonomi mikro diantaranya yaitu:

Interaksi di Pasar Barang

Apabila dilihat dari segi ekonomi mikro, perekonomian terdiri dari berbagai pasar termasuk pasar barang. Aktivitas tawar menawar antara penjual dan pembeli hingga terbentuk kesepakatan harga termasuk dalam interaksi pasar barang. Disini ekonomi mikro penting untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar dimana secara lebih jauh akan mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan terkait harga produk dalam perusahaan.

Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Sebagai teori yang mempelajari tingkah laku penjual dan pembeli, sehingga ekonomi mikro berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan berbeda. Ekonomi mikro membahas bagaimana konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dimiliki, sementara produsen berupaya untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Interaksi di Pasaran

Dalam hal ini ekonomi mikro menjelaskan teori mengenai interaksi konsumen dan produsen yang melibatkan faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan kewirausahaan.

Demikian artikel tentang “Pengertian Ekonomi Mikro, Tujuan, Peran, Ruang Lingkup dan Komponen Ekonomi Mikro Lengkap“, semoga bermanfaat.