Pengertian Rencana Pemasaran, Tujuan, Manfaat dan Cara Menyusun Rencana Pemasaran Lengkap

Posted on

Pengertian Rencana Pemasaran, Tujuan, Manfaat dan Cara Menyusun Rencana Pemasaran Lengkap – Pengertian Rencana Pemasaran atau marketing plan adalah bentuk proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

Menyusun rencana marketing sangat menentukan keberhasilan tujuan bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Perusahaan yang bisa membuat perencanaan pemasaran yang baik dan strategis dapat mencapai keuntungan dengan cara yang efektif dan efisien. Yang termasuk marketing plan dalam bisnis diantaranya seperti pengumpulan informasi, penyebarluasan informasi, strategi promosi dan koordinasi pemasaran. Semua komponen tersebut juga merupakan bentuk dari taktik perusahaan untuk menggunakan sumber daya seefektif mungkin.

Subyek utama dalam marketing plan adalah sumber daya manusia perusahaan. Ini karena marketing plan berperan untuk menentukan dan memastikan bagaimana SDM perusahaan dapat menjalankan apa yang sudah direncanakan. Sehingga untuk membentuk marketing yang efektif perlu menentapkan tujuan yang jelas agar bisa menuju tujuan strategis jangka panjang perusahaan Anda.

Pengertian Rencana Pemasaran Menurut Para Ahli

Malcom McDonald

Menurut Malcom McDonald, pengertian marketing plan adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan logis dan rangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran, dan membuat rumusan rencana untuk mencapai tujuan.

Kurowski dan Sussman

Menurut Kurowski dan Sussman, pengertian rencana pemasaran adalah dokumen yang terdiri dari analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, program tindakan, dan pendapatan yang diproyeksikan atau proforma dan keuntungan lainnya.

Rencana ini mungkin merupakan pernyataan terakhir tentang arahan strategis sebuah bisnis, namun kemungkinan besar hanya berlaku untuk merek atau produk tertentu. Selanjutnya, rencana pemasaran adalah perangkat implementasi yang terintegrasi dalam keseluruhan rencana bisnis strategis.

Tujuan Rencana Pemasaran

Adapun tujuan rencana pemasaran diantaranya yaitu:

  • Mengetahui dan memperbanyak informasi perubahan pasar dan kompetitor
  • Menciptakan hubungan dan jaringan kerja yang lebih luas dengan organisasi-organisasi lain
  • Sebagai bentuk penyesuaian bisnis
  • Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efisien dan efektif.

Manfaat Rencana Pemasaran

Adapun manfaat rencana pemasaran diantaranya yaitu:

  • Untuk mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik
  • Bisa mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan
  • Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah
  • Bisa menjadi alat untuk menghindari konflik tentang bagaimana perusahaan harus bergerak
  • Bisa menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui
  • Menjadi acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis

Selain itu, rencana pemasaran juga memberikan keuntungan lain bagi bisnis, diantaranya yaitu:

  • Memberikan kejelasan siapa target market. Lebih mudah untuk menemukan klien dan pelanggan jika tahu siapa mereka.
  • Membantu membuat pesan pemasaran yang akan memberikan hasil. Pemasaran adalah mengenai mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan untuk membantu target pasar. Pesan perlu berbicara langsung dengan pasar.
  • Menyediakan fokus dan arah. Email, media sosial, periklanan, blog tamu, surat langsung, publisitas, dan seterusnya. Dengan begitu banyak pilihan pemasaran, perlu sebuah rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis.

Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Berikut ini beberapa langkah cara menyusun rencana pemasaran diantaranya yaitu:

Melakukan Analisis Situasi
Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan bisa membuat memetakan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Menetapkan Tujuan dan Sasaran
Setelah melakukan analisis SWOT, rencana pemasaran dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya dengan mengidentifikasi siapa saja yang memerlukan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan, sehingga ketika sudah mengetahui kearah mana pemasaran dilakukan bisa dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan effort yang diperlukan untuk promosi tapi dengan keuntungan yang maksimal.

Menyusun Strategi dan Program
Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi dan untuk mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Rencana Pemasaran, Tujuan, Manfaat dan Cara Menyusun Rencana Pemasaran Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.